85 Juta Pekerjaan Akan Diganti Mesin, Apa Itu Artificial Intelligence?

Selasa 01 Agustus 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi. 85 Juta Pekerjaan Akan Diganti Mesin, Apa Itu Artificial Intelligence? (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

Ilustrasi. 85 Juta Pekerjaan Akan Diganti Mesin, Apa Itu Artificial Intelligence? (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditampilkan mesin untuk mensimulasikan perilaku atau pemikiran manusia dan dapat dilatih untuk memecahkan masalah tertentu.

Kekinian, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W. Kamdani mengungkap data dari Future of Jobs Report dari World Economic Forum yang memprediksi ada 85 juta pekerjaan yang akan digantikan mesin.

"Kita menyadari industri 4.0 yang menciptakan disrupsi berdampak pada transformasi tatanan pekerjaan dan kebutuhan tenaga kerja masa depan. Future of Jobs Report dari World Economic Forum memprediksi 85 juta pekerjaan akan tergantikan mesin," ungkapnya di acara Pengukuhan DPN Apindo di Jakarta Pusat, dikutip via Suara.com, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Inner Child yang Terluka, Memori Trauma Masa Kecil

Shinta juga mengungkap studi yang dilakukan International Labour Organization terhadap 5 negara ASEAN, Indonesia, Kamboja, Filipina, Thailand dan Vietnam - sebagai penyumbang 80% penyerapan tenaga kerja, bahwa ada 56% pekerja rentan kehilangan pekerjaan.

Meski begitu, Shinta juga mengatakan, ada kabar baik ditengah ancaman tersebut. Dari data yang dihimpun, diprediksi ada 97 juta pekerjaan baru bermunculan ditengah kemajuan teknologi.

"Namun demikian, akan ada 97 juta perkerjaan baru bermunculan, akibat karakter kebutuhan pekerjaan di era industri 4.0 maupun tren baru, seperti digitalisasi ekonomi serta ekonomi berkelanjutan dan ramah lingkungan," ujarnya.

Karena itu, kata Shinta, membangun sumber daya manusia di tengah kemajuan teknologi ini menjadi perhatian khusus Apindo.

"Kenapa? Beban demografi hanya bisa diubah menjadi bonus demografi, jika tingkat produktivitas, pendidikan, dan keterampilan kelompok usia produktif Indonesia menjadi lebih tinggi pada periode 2020-2035," tandasnya.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Sebelumnya diketahui, Artificial Intelligence tidak berdiri sendiri, teknologi ini memanfaatkan Machine Learning dan Deep Learning untuk ‘belajar’, serta Big Data sebagai penyedia data dan informasi.

Artificial Intelligence adalah kemampuan komputer atau robot untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Meskipun belum ada Artificial Intelligence yang sempurna atau menyerupai sifat serta kinerja manusia, sejumlah AI mulai melampaui kemampuan manusia dalam tugas-tugas tertentu.

Contohnya yakni Deep Blue, sebuah Artificial Intelligence buatan IBM yang mampu mengalahkan Garry Kasparov dalam permainan catur. Garry Kasparov adalah seorang Grandmaster Catur Dunia.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Ganda: Gangguan Identitas Disosiatif, Kelainan Mental?

Artificial Intelligence dibagi ke dalam dua jenis berdasarkan kekuatan atau kemampuannya, yaitu:

a. Weak AI

AI jenis ini hanya memiliki kemampuan operasi pada konteks dan tugas yang terbatas. Deep Blue adalah salah satu contoh dari Weak AI.

Selain itu, ada beberapa contoh lain dari Weak AI diantaranya adalah Smart Car milik Google yang hanya bisa melakukan Self Driving saja.

b. General / Strong AI

Strong AI adalah Artificial Intelligence yang menggabungkan beberapa teknologi sehingga memungkinkan mesin memiliki kemampuan merasakan, bertindak dan berpikir layaknya Manusia.

Strong AI mampu mengerjakan tugas yang kompleks dengan konteks tidak terbatas. Strong AI masih bersifat teoritis, karena sampai saat ini kemampuan Artificial Intelligence masih terbatas pada satu tugas saja.

Meski begitu, ilmuwan terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi ini, sehingga tidak menutup kemungkinan, beberapa tahun ke depan kita bisa menyaksikan kehadiran Strong AI yang beroperasi layaknya seorang manusia.

Contoh dari Strong AI dapat kita saksikan pada film fiksi ilmiah seperti ‘I, Robot’ dan ‘Terminator’, serta game ‘Detroit: Become Human’.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Cek Fakta22 Mei 2024, 19:32 WIB

CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay