9 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Penelitian Ilmiah, Bisa Analisis Data?

Sabtu 13 Mei 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi - 9 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Penelitian Ilmiah, Bisa Analisis Data? | (Sumber : Freepik.com/@ frimufilms)

Ilustrasi - 9 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Penelitian Ilmiah, Bisa Analisis Data? | (Sumber : Freepik.com/@ frimufilms)

SUKABUMIUPDATE.com - ChatGPT dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses penulisan karya ilmiah. Menulis makalah penelitian ilmiah tidak hanya membutuhkan pengetahuan tentang subjek, tetapi juga keterampilan seperti pemikiran kritis, pemecahan masalah, analisis dan interpretasi data.

Maka menjadi penting untuk mengetahui Cara Menggunakan ChatGPT. Ini karena diperlukan kombinasi antara ChatGPT dengan keahlian, pengetahuan, dan keterampilan penggunanya sendiri.

Baca Juga: Kenali 8 Bahasa Tubuh Pria Cuek, Tanda-tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Dilansir dari drasmajabeen.com, berikut 9 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Penelitian Ilmiah:

Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Penelitian Ilmiah

Pesan berbentuk prompt ChatGPT.Pesan berbentuk prompt ChatGPT.

1. Menyusun Bahan Penelitian

Sebelum menggunakan ChatGPT, kumpulkan dan atur semua bahan penelitian yang diperlukan untuk makalah penelitian ilmiah. Ini termasuk artikel, buku, jurnal, dan sumber lain yang rencananya akan digunakan dalam penelitian.

2. Sesi curah pendapat atau Brainstorming dengan ChatGPT

Kedua, Cara Menggunakan ChatGPT yaitu dengan melakukan brainstorming topik penelitian. Langkah ini bisa menggunakan berbagai variasi topik penelitian yang di ChatGPT dan kompilasi versi final yang sesuai.

3. Tentukan pertanyaan penelitian ilmiah

Cara Menggunakan ChatGPT berikutnya adalah mengidentifikasi pertanyaan penelitian atau hipotesis penelitian yang akan dibahas dalam makalah penelitian.

4. Melakukan tinjauan pustaka

Selanjutnya, Gunakan ChatGPT untuk mencari literatur ilmiah yang relevan dengan topik penelitian ilmiah tersebut. Buat dengan sistem piramida terbalik atau pola umum ke khusus.

Ini dipilih sebagai langkan untuk menentukan literatur yang relevan dengan pertanyaan penelitian maupun hipotesis penelitian.

5. Ringkas Artikel Penelitian

Kemampuan meringkas tetap dibebankan pada pengguna atau user ChatGPT. Artinya, pengguna harus merangkum secara mandiri sumber-sumber yang diperoleh dari ChatGPT.

6. Kesenjangan dalam literatur

Meski sudah ada sumber bacaan, pengguna ChatGPT tetap harus mengidentifikasi kesenjangan penelitian dalam literatur yang ada.

7. Analisis data

Proses analisis data dikumpulkan melalui survei/cara lain. Kemudian gunakan ChatGPT untuk membantu menganalisis dan menginterpretasikan data tersebut.

Terakhir, hasil interpretasi akan menghasilkan visualisasi untuk mendukung temuan penelitian ilmiah yang sedang dikerjakan.

8. Tarik garis besar makalah Penelitian Ilmiah

Atur makalah penelitian ilmiah dengan membuat garis besar dan menyusun argumen secara logis. Peneliti bisa menggunakan ChatGPT untuk membuat bagian makalah pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi dengan menggunakan perintah khusus subjek dan input data untuk setiap bagian.

Namun demikian, tetap perlu memastikan dengan cermat konten yang dihasilkan oleh ChatGPT.

9. Edit dan koreksi penelitian ilmiah

ChatGPT dapat digunakan untuk mengedit dan mengoreksi penelitian ilmiah, khusunya kesalahan tata bahasa, tanda baca dan ejaan. Akan tetapi, jangan lupa untuk memeriksa ulang dan meninjau kembali penelitian ilmiah dengan hati-hati.

Catat semua revisi yang diperlukan dari konten yang dihasilkan ChatGPT. Ini untuk memastikan akurasi alur dan kejelasan serta keaslian penelitian ilmiah yang dibuat.

Baca Juga: 10 Lagu Terbaik Coldplay yang Akan Konser di Indonesia, Sudah Dengar?

Seperti diketahui, ChatGPT adalah teknologi chatbot mirip dengan chat room, dimana user bisa mengirim pesan dan mengobrol dengan user lain yang terkoneksi melalui chat room tersebut. Interaksi ChatGPT layaknya mengobrol dengan orang lain melalui pesan.

Tampilan  ChatGPT.Tampilan chat ChatGPT

Bedanya ChatGPT dengan chatbot yang lainnya, ChatGPT mampu untuk melakukan hal yang lebih canggih, seperti menulis cerita pendek, menjawab soal matematika, menjelaskan tentang tokoh atau suatu peristiwa, menulis kode, menerjemahkan teks, mengajarkan bahasa asing, dan masih banyak lagi.

Sumber: drasmajabeen.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Cek Fakta22 Mei 2024, 19:32 WIB

CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay