7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Kamis 27 Juli 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang (Sumber : pixabay.com/@Elias)

Ilustrasi. Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang (Sumber : pixabay.com/@Elias)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang memiliki mental kuat kerap disebut sebagai orang dengan "Mental Baja". Istilah ini digunakan untuk menggambarkan seseorang tangguh dan tahan uji dalam menghadapi tantangan dan tekanan hidup.

Orang yang memiliki mental kuat biasanya tidak mengharapkan hasil secara instan, mereka menghormati dan menikmati sebuah proses sebagai jalan menuju sesuatu yang diharapkan. Secara kiasan, "Mental Baja" berarti memiliki ketahanan mental setara dengan baja, yang merupakan logam yang sangat kuat dan tahan lama. 

Orang yang memiliki mental kuat tidak lupa untuk bersyukur atas segala proses yang dilalui. Biasanya, orang-orang bermental baja tidak haus validasi dan jarang merasa kekurangan.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Lantas, kenapa seseorang bisa dikategorikan bermental baja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri-ciri Orang yang memiliki mental kuat seperti baja:

Ciri-ciri Orang Punya Mental Kuat seperti Baja

1. Tenang

Dalam situasi darurat atau krisis, Orang yang memiliki mental kuat cenderung tetap tenang dan berpikir rasional, yang membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

2. Mampu Mengatasi Rintangan

Orang yang memiliki mental kuat tidak mudah menyerah ketika menghadapi rintangan atau hambatan dalam mencapai tujuan. Mereka cenderung gigih dan berusaha mencari cara untuk melewati atau mengatasi masalah.

3. Belajar dari Kegagalan

Orang yang memiliki mental kuat tidak terlalu terpengaruh oleh kegagalan.

Namun sebaliknya, mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan mencoba lagi dengan strategi yang lebih baik.

4. Optimis

Meskipun dihadapkan pada situasi yang sulit, Orang dengan mental baja cenderung mempertahankan pandangan optimis tentang masa depan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru, Yuk Lakukan!

Mereka mencari peluang dan berfokus pada solusi daripada meratapi masalah.

5. Mandiri

Orang yang memiliki mental kuat mampu mengatasi kesulitan secara mandiri dan tidak terlalu bergantung pada dukungan eksternal untuk menjaga semangat dan keseimbangan emosional.

6. Motivasi dan Semangat

Orang yang memiliki mental kuat memiliki motivasi intrinsik yang kuat untuk mencapai tujuan mereka dan mempertahankan semangat tinggi bahkan ketika menghadapi tantangan yang besar.

7. Tahan terhadap Tekanan

Orang yang memiliki mental kuat mampu menghadapi tekanan dan stres dengan tenang dan dapat tetap berfokus dan produktif bahkan dalam situasi yang menekan.

Selain ciri-ciri tersebut, orang yang memiliki mental kuat tergolong kaum open minded. Ini karena mereka cenderung terbuka untuk menerima masukan dan kritik konstruktif.

Orang dengan mental baja tidak mudah terluka oleh kritik dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk berkembang.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Ganda: Gangguan Identitas Disosiatif, Kelainan Mental?

Penting untuk diingat bahwa mental yang kuat bukanlah sifat bawaan atau hanya dimiliki oleh beberapa orang saja. Sebenarnya, ketahanan mental dapat dibangun dan ditingkatkan melalui pengalaman hidup, dukungan sosial serta kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

Semua orang dapat mencapai tingkat ketahanan mental yang lebih baik dengan latihan, kesabaran dan pendekatan yang tepat dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi12 Juni 2024, 22:12 WIB

Bahu Jalan Provinsi di Cibadak Sukabumi Longsor Akibat Hujan Deras

Bahu jalan provinsi yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami longsor pada Rabu (12/6/2024), sekitar pukul 00.30 WIB.
Petugas saat memeriksa lokasi longsor yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari