Inilah 7 Tepung Bebas Gluten: Sehat, Enak dan Aman Untuk Penderita Diabetes

Kamis 23 Mei 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi. Bagi penderita diabetes atau yang sedang diet, inilah 7 alternatif tepung bebas gluten yang sehat dan aman. Sumber foto : Freepik/@freepik

Ilustrasi. Bagi penderita diabetes atau yang sedang diet, inilah 7 alternatif tepung bebas gluten yang sehat dan aman. Sumber foto : Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan berbahan tepung haruslah dihindari. Karena tepung seperti terigu kaya akan kandungan gluten yang buruk untuk kadar gula darah.

Oleh karena itu, perlu mengetahui tepung bebas gluten sebagai alternatif bagi penderita diabetes yang ingin tetap makan makanan dari tepung tanpa khawatir.

Mengutip dari salah satu artikel di laman healthshots.com yang diunggah pada 27 Februari 2024, ada 7 tepung bebas gluten yang bisa dipilih penderita diabetes karena aman dan lebih sehat. Berikut ini daftarnya:

Tepung Bebas Gluten yang Aman Untuk Penderita Diabetes

1. Tepung Almond

Tepung almond adalah salah satu tepung bebas gluten yang paling umum digunakan. Mengandung zat besi, magnesium, mangan, kalsium, tembaga, dan kalium. 

Tepung almond juga kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal, yang menambah banyak manfaatnya. Umumnya bebas gluten, namun Anda harus membaca petunjuknya dengan cermat untuk menghindari alergi.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

2. Tepung Kelapa

Tepung kelapa diperoleh dari daging kelapa yang dikeringkan. Tinggi serat dan memiliki tepung santan yang rasanya enak. Umumnya digunakan dalam kombinasi dengan tepung lain karena sifatnya yang unik. 

Tepung ini tinggi asam laurat di lemak jenuhnya, berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta memberi energi pada tubuh juga. 

3. Tepung Beras Merah

Tepung ini kaya akan protein dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap terkendali. Ia juga kaya akan zat besi, vitamin B, magnesium, dan mangan, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Tepung Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian padat alami yang mengandung antioksidan, asam amino esensial, dan vitamin. Ini mendukung perkembangan otot, dan meningkatkan kekebalan dan vitalitas secara keseluruhan.

Tepung yang satu ini juga kaya serat, yang membantu pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, berkontribusi pada penurunan berat badan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pilihan Makanan Pendamping untuk Anak yang Masih Minum ASI

5. Tepung Soba

Tepung soba adalah tepung bebas gluten yang dihasilkan dari biji tanaman soba dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Tinggi serat, mendukung kesehatan pencernaan dan membantu pengelolaan berat badan.

Tepung ini juga mengandung magnesium, zat besi, dan antioksidan, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga vitalitas secara keseluruhan.

6. Tepung Bayam

Berasal dari biji bayam kuno, tepung ini kaya akan asam amino esensial, zat besi, dan magnesium. Semua ini membantu mendukung fungsi otot dan melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Selain itu juga mengandung protein yang membantu perbaikan jaringan dan perkembangan otot. Ini memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti akan membantu Anda mengatur kadar gula darah.

7. Tepung Gandum

Tepung gandum, yang diperoleh dari gandum giling adalah alternatif bebas gluten yang cocok untuk orang yang sensitif terhadap gluten. 

Mengandung serat larut dan antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

Selain itu, tepung ini mengandung bahan lain yang membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan bahkan membantu pengelolaan berat badan.

Baca Juga: 13 Cara Tradisional Mengobati Asam Urat, Alami dan Cepat Sehat!

Itulah beberapa jenis tepung bebas gluten yang sehat dan aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun yang sedang menjalankan diet.

Sumber : healthshots.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Juni 2024, 15:00 WIB

Kenali 4 Jenis Masalah yang Sering Dihadapi Anak-anak Berbakat

Anak berbakat seringkali dihadapkan dengan masalah yang mengakibatkan mereka menjadi terganggu, salah satunya dalam hal keterampilan sosial.
Ilustrasi - Ada beberapa masalah yang sering dihadapi anak berbakat. (Sumber : pexels.com/@Julia M Cameron).
Internasional16 Juni 2024, 14:38 WIB

Arab Saudi 16 Juni, Ini Tanggal Perayaan Idul Adha 2024 di Berbagai Negara

Berikut tanggal perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 di berbagai negara. Arab Saudi jatuh tanggal 16 Juni.
Ilustrasi. Perayaan Idul Adha atau hari raya kurban di berbagai negara. (Sumber : Istimewa)
Sehat16 Juni 2024, 14:30 WIB

6 Penyebab Gula Darah Tetap Tinggi Meski Rutin Minum Obat, Yuk Hindari

Ketika gula darah tetap tinggi meski sudah minum obat, itu tandanya terjadi kesalahan pada saat menjalani masa pengobatan.
Ilustrasi - Beberapa penyebab yang membuat kadar gula darah tetap tinggi meski sudah minum obat. (Sumber : Pexels.com/@Vlada Karpovich).
Sehat16 Juni 2024, 14:00 WIB

7 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Gula Darah Terkendali!

Ada beberapa makanan manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes.
Ilustrasi - Ada beberapa makanan manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/Sarah AlAmeri).
Life16 Juni 2024, 13:45 WIB

Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah, 5 Jus Alami Ini Sangat Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kadar gula darah pada penderita diabetes bisa dikontrol dan diturunkan dengan rutin mengkonsumsi jus alami.
Ilustrasi - Jus alami yang bantu turunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Pexels.com/@EnginAkyurt).
Sukabumi16 Juni 2024, 13:31 WIB

Hingga Mei 2024, BPBD Kota Sukabumi Catat 202 Kejadian Bencana Alam

BPBD mencatat hingga Mei 2024 Kota Sukabumi dilanda 202 kejadian bencana alam, kerugian capai Rp3,6 miliar.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana banjir di Kecamatan Gunungpuyuh. (Sumber : BPBD Kota Sukabumi)
Life16 Juni 2024, 13:30 WIB

3 Ciri Agar Orang Tua Dapat Mengetahui Jika Anaknya Berbakat

Seorang anak berbakat atau tidak terkadang membuat orang tua bingung, maka dari itu simak ulasan berikut untuk mengetahui ciri-cirinya.
Ilustrasi -  Orang tua perlu mengetahui jika anak-anaknya berbakat. (Sumber : pexels.com/@Max Fischer).
Sehat16 Juni 2024, 13:00 WIB

Diabetes Aman, Lakukan 10 Tips Sehat Ini Agar Gula Darah Stabil Saat Lebaran!

Dengan mengikuti Tips Sehat Gula Darah Stabil Saat Lebaran ini, penderita diabetes dapat menikmati perayaan Lebaran tanpa mengorbankan kesehatan.
Ilustrasi - Dengan melakukan Tips Sehat Gula Darah Stabil Saat Lebaran ini, penderita diabetes dapat menikmati perayaan Lebaran tanpa mengorbankan kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@xb100)
Life16 Juni 2024, 12:45 WIB

Mengenal Kecerdasan Non verbal Pada Anak, Simak Ulasannya Disini

Kecerdasan non verbal penting dimiliki oleh seorang anak, karena ini merupakan kemampuan untuk menganalisis informasi serta memecahkan masalah dengan penalaran visual.
Ilustrasi - Mengenal kecerdasan non verbal pada anak. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi16 Juni 2024, 12:33 WIB

Plh Sekda Sukabumi Minta Perawat Terus Beradaptasi di Era Digital

Pesan tersebut disampaikan Plh Sekda saat membuka acara Rakerda Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI Kabupaten Sukabumi.
Plh Sekda Kabupaten Sukabumi Toha Wildan Athoilah saat menyampaikan sambutan di acara Rakerda PPNI. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)