Menikmati Pesona Curug Luhur, Tujuan Wisata Murah Meriah di Ciracap Sukabumi

Minggu 24 Juli 2022, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi memiliki banyak tujuan wisata berupa curug atau air terjun. Tak sedikit dari curug tersebut yang belum terjamah banyak wisatawan.

Seperti Curug Luhur di Kecamatan Ciracap. Tempat wisata ini tepatnya berada di Kampung Cikawung, Desa Purwasedar yang berbatasan dengan Desa Mekarsari. 

Baca Juga :

Lepas Penat dengan Pesona Curug Sawer, Icon Wisata di Cipamingkis Sukabumi

Air yang mengalir ke curug tersebut berasal dari aliran Sungai Cilegok. Masih dilokasi yang sama, selain Curug Luhur yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ada 4 curug lainnya. 

Keempat curug tersebut yakni Curug Badag, Curug Kancah, Curug Handap, serta Curug Nyungsang. Namun 4 curug tersebut tidak seperti Curug Luhur yang memiliki ketinggian puluhan meter, keempat curug itu rata rata memiliki tinggi sekitar 10 meter.

Selain masih alami, masuk ke curug ini pun tanpa karcis masuk alias gratis.

Lokasi air terjun tersebut tidak sulit dijangkau karena tak jauh dari pusat keramaian. Dari kantor Kecamatan Ciracap kurang lebih 5 Kilometer dengan waktu tempuh kurang dari 15 menit saja. Untuk menjangkau Kampung Cikawung, perjalanan akan melintasi jalan kabupaten ruas Ciracap - Ujunggenteng. 

Adapun jalan alternatif lainnya yaitu lewat Kampung Bangbayang Desa Mekarsari. 

Warga Mekarsari, Wandi mengatakan akses menuju Curug luhur melewati Kampung Bangbayang, sangat cocok bagi pecinta alam karena menyusuri persawahan, kebun dan bukit. 

"Cocok bagi mereka yang suka trabas, atau berpetualang, setelah menempuh perjalanan, langsung bisa menikmati suasana sejuk curug," terangnya.

Apabila memilih langsung menuju Kampung Cikawung, maka perjalanan semakin singkat. Dari jalan kabupaten ruas Ciracap - Ujunggenteng, kendaraan masuk ke jalan kampung sejauh 900 meter lalu parkirkan kendaraan dan pengunjung berjalan kaki menaiki anak tangga sejauh 50 meter ke curug.

Kepala Desa Purwasedar, Deri Riyana untuk saat ini belum ada fasilitas yang dibangun di sekitar curug. Sebab pemerintah desa masih fokus untuk penataan akses jalan yang masih berupa tanah. 

“Insya Allah bulan September rencananya ada pengerasan. Bagi anda yang mau ke tempat curug, bisa minta antar ke warga sekitar sebagai pengelola," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)