Kasus Kopi Sianida Jessica Kumala Wongso akan Dijadikan Film Dokumenter

Kamis 31 Agustus 2023, 21:00 WIB
Kasus kopi sianida yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kepada sahabatnya Wayan Mirna Salihin akan dijadikan film berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso | Foto: Istimewa

Kasus kopi sianida yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kepada sahabatnya Wayan Mirna Salihin akan dijadikan film berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus kopi sianida yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kepada sahabatnya Wayan Mirna Salihin akan dijadikan film dokumenter yang akan tayang di Netflix pada 28 September 2023 mendatang.

Kabar tersebut muncul setelah Netflix secara resmi merilis trailer film dokumenter kasus sianida dengan judul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso di YouTube dan Instagram pada Kamis, (31/8/2023).

Dalam trailer memperlihatkan Jessica Kumala Wongso menjalani persidangan kasus sianida, pendapat dari para ahli mengenai kasus sianida tersebut, dan tanggapan dari pengacara Jessica.

Baca Juga: Profil dan Daftar Drama Korea Kim Bum, Aktor Ganteng yang Bakal Main Film Indonesia

Seperti diketahui bahwa kasus Jessica Kumala Wongso yang meracuni sahabatnya Wayan Mirna Salihin sempat menghebohkan di tahun 2016. Kasus itu menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk mengetahui kebenarannya.

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso akan merangkum kejadian tersebut yang mungkin akan menjawab pertanyaan masyarakat Indonesia mengenai kasus tersebut.

Bagi yang belum tahu kasus kopi sianida dapat menyimak kronologi di bawah ini yang dikutip dari suara.com

Kasus kopi sianida yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kepada sahabatnya Wayan Mirna Salihin akan dijadikan film berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso | Foto: Youtube/NetflixKasus kopi sianida yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kepada sahabatnya Wayan Mirna Salihin akan dijadikan film berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso | Foto: Youtube/Netflix

Kronologi Kasus Kopi Sianida

Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin terjadi pada 6 Januari 2016 di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Dia menghembuskan nafas terakhir usai minum kopi yang tercampur sianida. Namun dalam rekaman CCTV yang ditayangkan saat persidangan, tidak terlihat jelas apakah Jessica Wongso yang membubuhkan racun ke gelas kopi yang diminum Mirna atau bukan.

Baca Juga: Syuting di Garut, Kim Bum dan Maudy Ayunda Jadi Pasutri di Film Tanah Air Kedua

Sebelum tewas, Mirna mengalami kejang-kejang serta mulutnya mengeluarkan buih. Nyawa Mirna tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Setelah keluarga datang, ayah Mirna yang bernama Edi Dharmawan Salihin bergegas melaporkan kematian putrinya ke Polsek Metro Tanah Abang karena dinilai tewas tidak wajar.

Usai pemeriksaan sampel, pihak berwenang menemukan zat racun dalam tubuh Mirna yang membuat lambungnya korosif sehingga tewas dalam hitungan menit setelah minum kopi yang dipesan Jessica.

Pada 29 Januari 2016, Jessica ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Mirna. Polisi kemudian menangkap Jessica pada 30 Januari di sebuah hotel di Jakarta Utara.

Dalam persidangan, Jessica dinyatakan terbukti bersalah karena telah melakukan perencanaan pembunuhan secara matang, perbuatan sangat sadis karena menyiksa terlebih dahulu sebelum meninggal, keterangan berbelit-belit, dan tidak mengakui perbuatannya. Sementara itu, hal yang meringankan adalah usia Jessica dianggap masih muda.

Butuh 32 kali persidangan dan puluhan saksi untuk dihadapkan di meja pengadilan sebelum akhirnya hakim menjatuhkan putusan pada Jessica.

Baca Juga: Link Nonton Film Losmen Melati The Series: Kutukan Penginapan Angker Berlanjut!

Pada 27 Oktober 2016, majelis hakim menyatakan Jessica terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana dalam perkara tewasnya Mirna dengan motif sakit hati karena dinasehati soal asmara.

Jessica Wongso divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Di tingkat Mahkamah Agung, permohonan kasasi Jessica ditolak sehingga dia tetap dihukum 20 tahun penjara. Jessica memulai masa hukumannya di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur pada 27 Mei 2016.

Writer: Octa

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Februari 2024, 22:02 WIB

Apresiasi Event Fun Trail Run di Goalpara, Bupati: Dongkrak Pariwisata Sukabumi

Bupati Sukabumi berharap, event semacam Fun Trail Run bisa diadakan di berbagai tempat di Kabupaten Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kadispar Sigit Widarmadi dan Kadisbudpora Ardiana Trisnawiana melepas secara Simbolis ratusan pelari event Fun Trail Run 2024 di Goalpara Tea Park. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life25 Februari 2024, 21:30 WIB

10 Ciri Anak yang Memiliki Gangguan Kepribadian, Perhatikan Sikapnya!

Gejala gangguan kepribadian pada anak dapat bervariasi tergantung pada jenis gangguannya.
Foto Ilustrasi. Gejala gangguan kepribadian pada anak dapat bervariasi tergantung pada jenis gangguannya. (Sumber : IMDb)
Science25 Februari 2024, 21:05 WIB

Surade Paling Terguncang, Analisis BMKG Soal Gempa Laut Bayah M5,7

Hasil analisis BMKG soal Gempa Laut Bayah Banten M5,7 akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.
Berikut hasil analisis BMKG terkait gempa dengan kekuatan M5,7 yang mengguncang Bayah, Banten. (Sumber : BMKG)
Life25 Februari 2024, 21:00 WIB

30 Ucapan Menyambut Bulan Ramadan yang Singkat dan Penuh Makna

Berikut ini beberapa ucapan menyambut bulan Ramadan yang bisa dijadikan inspirasi
Ilustrasi - 30 Ucapan Menyambut Bulan Ramadan yang Singkat dan Penuh Makna (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi25 Februari 2024, 20:32 WIB

Gempa M5,7 Guncang Bayah Banten, Terasa hingga Sukabumi

Terasa hingga Sukabumi, Gempa dengan Magnitudo (M) 5,7 mengguncang perairan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, pada Minggu (25/2/2024).
Episenter gempa Magnitudo (M) 5,7 di laut Bayah Banten. (Sumber : BMKG)
Nasional25 Februari 2024, 20:14 WIB

Survei LSI: Penerima Bansos Mayoritas Pilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Survei LSI ungkap mayoritas penerima Bansos pemerintah pilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam acara Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) | Foto : Capture youtube KPK RI
Sehat25 Februari 2024, 20:00 WIB

5 Tanda Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian Antisosial

Berikut ini tanda orang yang mengalami Gangguan Kepribadian Antisosial atau Antisocial Personality Disorder
Ilustrasi - Berikut ini tanda orang yang mengalami Gangguan Kepribadian Antisosial atau Antisocial Personality Disorder (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 19:28 WIB

Hasil Rekap Internal, Paoji Diprediksi Kembali Masuk Gedung Jajaway Sukabumi

Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari PDIP nomor urut satu, Paoji Nurjaman diprediksi kembali melenggang ke Gedung Jajaway.
Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari PDIP nomor urut satu, Paoji Nurjaman (tengah), saat berfoto dengan pendukungnya. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 19:00 WIB

Tempat Melepas Stres 5 Danau di Sukabumi Untuk Papajar Jelang Ramadan

Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id