3 Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi Berkat Penghargaan Film Internasional

Sabtu 19 Agustus 2023, 19:00 WIB
3 Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi, Raih Penghargaan Film Internasional (Sumber : muhammadiyah.or.id)

3 Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi, Raih Penghargaan Film Internasional (Sumber : muhammadiyah.or.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga orang mahasiswa berhasil lulus tanpa skripsi, berkat prestasinya di bidang perfilman. Mereka adalah Chu Livia Christine Wijaya, Muhammad Ammar Nashshar Yusuf, dan Kiki Rahma Ardiansyah, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Melansir muhammadiyah.or.id, mereka memproduksi film berjudul “Tidak Mati, Aku Tetap Menjadi Milikku Selalu” yang meraih penghargaan Honorable Mention dalam ajang Student World Impact Film Festival (SWIFF) 2023 Amerika Serikat. Film ini, kata Chuli, turut masuk seleksi di Lift-Off Filmmaker Sessions by Lift-Off Global Network 2023.

Baca Juga: Terjemahan Lagu Karatagan Pahlawan, Nyanyian Pelajar SD Saat HUT RI di Sukabumi

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, judul film mahasiswa UMM ini adalah “Not Dead, I Remain Mine Always,”, dengan Muhammad Ammar Nashshar Yusuf sebagai director of photography dan Kiki Rahma Ardiansyah sebagai sutradara. Mereka bertiga lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi UMM lewat jalur non-skripsi dan prestasi.

“Senang dan bersyukur pastinya. Lewat penghargaan ini film kami dihargai dan diakui oleh dunia. Ini juga sebagai pembuktian bahwa anak UMM memang bisa berprestasi di taraf internasional. Pihak UMM juga sangat mengapresiasi capaian ini dengan memberikan kelulusan lewat jalur non-skripsi,” ungkap Chuli, dikutip Sabtu (19/8/2023).

Sinopsis Film “Tidak Mati, Aku Tetap Menjadi Milikku Selalu

Film garapan mahasiswa UMM ini menceritakan tentang perempuan muda bernama Sukma (14 tahun) yang dijodohkan oleh orang tuanya dengan orang kaya dari kota. Sekitar 7 hari sebelum hari pernikahannya, Sukma mencari cara agar tidak jadi menikah.

Sukma hanya memiliki dua pilihan, yaitu tetap menikah namun seolah menunggu waktu kematiannya tiba atau mencoba lari dari kematian itu sendiri.

“Sebagai seorang anak perempuan yang memiliki kesempatan untuk bersekolah dan berpendidikan tinggi, menurut saya film ini memiliki pesan kuat dalam kasus pernikahan dini di Indonesia. Bagi sebagian pemikiran orang, pernikahan dini mungkin akan menyelesaikan masalah, apalagi dalam aspek ekonomi. Tapi hal tersebut justru memiliki dampak negatif terhadap anak yang dipaksa melakukan pernikahan dini. Baik dari segi fisik hingga mental,” jelas Chuli.

Proses produksi film dilakukan selama empat hari dengan lokasi mengambil latar tempat di Kota Malang, Kota Batu, Pujon Kidul dan pantai Malang Selatan.

Baca Juga: Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023: Gratis, Terbuka Untuk Umum!

Akan tetapi, Chuli menyampaikan bahwa persiapan dari mulai penulisan naskah, final draft, reading hingga pencarian talent pada pra-produksi membutuhkan waktu sampai satu sebulan. Kemudian ditambah waktu pasca produksi sekitar 4-5 bulan.

“Saya dan dua rekan saya, sebelumnya juga sering memproduksi film bersama teman-teman lainnya yang tergabung dalam “Meraki Visual.” Alhamdulillah, film-film yang kami buat sebelumnya juga mendapatkan banyak penghargaan. Misalnya film Bumi yang berhasil meraih Best Director, Actor dan Views dalam ajang Indodax Short Film Festival, film Persembahan Untuk Jiwa yang berhasil meraih juara tiga dalam lomba Movie Production Club (MPC) Film Festival 2021, film Rekah yang berhasil meraih juara satu dalam lomba Yamaha Film Festival 2021 dan film Samparan berhasil masuk 15 besar Indodax Short Film Festival 2022,” terangnya.

Chuli berharap, film “Tidak Mati, Aku Tetap Menjadi Milikku Selalu” bisa meninggalkan kesan sekaligus pesan baik untuk para penonton. Ia juga berharap film tersebut bisa mendapatkan penghargaan lainnya.

“Pesan untuk teman-teman yang masih ragu untuk berkarya yaitu coba saja dulu, coba saja dulu, mulai aja dulu, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada nasib karya yang kita buat,” pungkasnya.

Sumber: Muhammadiyah.or.id

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)
Bola18 Juli 2024, 12:00 WIB

Persib vs PSM: Suporter Tim Tamu Tetap Dilarang Hadir di Piala Presiden 2024

Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024.
Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024. (Sumber : PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana).
Sukabumi18 Juli 2024, 11:51 WIB

Daftar Dinas Terbaik, Pemkot Sukabumi Buka Data Kinerja SKPD Triwulan II 2024

Asep menyatakan bahwa data kinerja semakin membaik.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik18 Juli 2024, 11:30 WIB

Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue

Promotor konser grup band Sheila on 7, Antara Suara dan GoldLive mengumumkan adanya perubahan venue yang lebih besar untuk tur ‘Tunggu Aku Di’ di beberapa kota di Indonesia, serta ada penambahan tiket.
Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)