Apa yang Terjadi di Jakarta Pada Serial The Last Of Us HBO?

Selasa 24 Januari 2023, 16:30 WIB
Potret jalanan Jakarta di serial The Last Of Us. | (Sumber : Istimewa).

Potret jalanan Jakarta di serial The Last Of Us. | (Sumber : Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Ada Indonesia Coy, frasa meme ini sempat trending di Twitter setelah HBO merilis episode ke-2 dari serial terbaru mereka yang berjudul The Last of Us kemarin.

Netizen Indonesia pun ramai di Twitter karena melihat Jakarta menjadi sorotan di salah satu serial TV yang paling ditunggu-tunggu tahun ini.

Tidak hanya itu, salah satu artis senior Tanah Air, Christine Hakim juga turuk ikut berperan di adegan yang berlokasi di Jakarta pada serial tersebut.

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Tapi kenapa sih Jakarta bisa menjadi bagian dalam serial tersebut, ada apa dengan Jakarta di serial The Last of Us?

Dalam episode ke-2 itu, dijelaskan asal-usul dari virus Cordyceps Brain Infection (disingkat CBI) yang dapat membuat orang menjadi zombie, yang berawal dari sebuah insiden di Jakarta.

Sebelumnya, di episode pertama, pada adegan dimana Joel bersama anaknya Sarah dan adiknya Tommy saat sedang sarapan bersama, nama Jakarta disebut dalam sebuah siaran radio dimana siaran tersebut menggambarkan bahwa telah terjadi kekacauan di Jakarta.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Pada malam harinya setelah siaran radio tersebut, wabah zombie itu telah sampai ke Amerika Serikat yang membuat Joel dan keluarganya harus kabur dari rumah mereka dan sempat diserang oleh orang-orang yang terinfeksi virus.

Di episode ke-2 dimulai dengan adegan yang berlatar belakang di Jakarta, 24 September 2003 dimana virus cordyceps itu pertama kali ditemukan.

Ibu Ratna (Christine Hakim), seorang profesor mikologi dari Universitas Indonesia, dijemput oleh seorang perwira TNI dan ajudannya dan dibawa ke kantor KEMENKES RI untuk melihat sebuah spesimen yang baru mereka temukan. | HBOIbu Ratna (Christine Hakim), seorang profesor mikologi dari Universitas Indonesia, dijemput oleh seorang perwira TNI dan ajudannya dan dibawa ke kantor KEMENKES RI untuk melihat sebuah spesimen yang baru mereka temukan. | HBO

Setelah melihat spesimen tersebut, Ibu Ratna mengidentifikasi spesimen tersebut yang merupakan Ophiocordyceps (jenis jamur), namun dia terkejut ketika diberitahu bahwa spesimen tersebut diambil dari mayat manusia yang terinfeksi.

Ibu Ratna saat mengidentifikasi spesimen. | HBOIbu Ratna saat mengidentifikasi spesimen. | HBO

Karena tidak percaya, Bu Ratna memeriksa mayat yang terinfeksi secara langsung itu di sebuah lab tertutup mengenakan baju pelindung Hazmat.

Mayat tersebut merupakan seorang wanita dengan luka tembak di kepalanya, dan juga luka gigitan manusia di kaki kirinya.

Saat mengecek luka gigitan tersebut, Ibu Ratna menemukan seperti bekas jamur di dalam luka itu, lalu ia mengecek mulutnya dan terkejut ketika melihat jamur yang menggeliat seperti cacing tumbuh di dalam mulut mayat tersebut.

Baca Juga: Warga Sukabumi Harus Tahu! Tak Hanya Sunda, Inilah Daftar Suku di Jawa Barat

Ibu Ratna menemukan seperti bekas jamur. | HBOIbu Ratna menemukan seperti bekas jamur. | HBO

Setelahnya, perwira TNI yang menjemputnya itu memberitahu Bu Ratna kalau insiden cordyceps itu terjadi di sebuah pabrik tepung dan gabah di bagian barat Jakarta.

Faktanya, pabrik tepung terbesar di dunia milik PT. Bogasari terletak di Jakarta, dalam adegan tersebut Bu Ratna mengatakan pabrik itu merupakan “lahan yang sempurna” untuk virus cordyceps itu berkembang.

Bapak perwira TNI menceritakan Insiden di pabrik itu dimulai dengan seorang wanita yang tiba-tiba menggila dan menyerang 4 rekan kerjanya, dia menggigit 3 orang dari mereka yang diserang.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet


Setelah itu mereka mengunci wanita yang menggila itu di kamar mandi sampai polisi datang. Ketika polisi datang, wanita itu langsung menyerang polisi yang menyebabkan polisi terpaksa menembaknya.

Orang yang digigit oleh wanita itu dibawa pihak berwajib untuk diobservasi, namun beberapa jam setelahnya orang-orang yang tergigit harus dieksekusi, dan orang yang pertama kali menggigit wanita yang menggila tersebut belum ditemukan.

14 pekerja pabrik itu juga dinyatakan hilang, bisa diasumsikan bahwa mereka dan orang yang pertama kali terinfeksi virus cordyceps itu adalah yang menyebarkan virus itu ke orang-orang.

Baca Juga: Mendunia, Spot Wisata Karang Kontol Sukabumi Menarik Perhatian Media Amerika dan Inggris

Perwira TNI tersebut meminta Ibu Ratna untuk memberikan mereka sebuah vaksin/obat yang bisa menyembuhkan virus cordyceps itu.

Namun sayangnya Ibu Ratna walaupun telah bertahun-tahun meneliti jamur, dia tidak yakin jika ada obat yang bisa mengobati virus tersebut, dan satu-satunya cara untuk mencegah virus tersebut adalah dengan mengebom seluruh kota Jakarta dan seluruh orang di dalamnya.

Virus cordyceps pada serial The Last of Us. | HBOVirus cordyceps pada serial The Last of Us. | HBO

Begitulah awal-mula dari virus cordyceps pada serial The Last of Us, ngeri kan? Virus jamur yang bisa mengubah manusia menjadi zombie ini tidak bisa disembuhkan dan salah satunya cara untuk mencegah virus itu untuk menular adalah mengeksekusi orang yang terinfeksi.

Bagi yang penasaran dengan serial The Last of Us ini dapat menonton secara legal melalui berlangganan HBO GO. Episode ke-3 akan dirilis pada hari Senin, 30 Januari.

Penulis: Adestito Adji

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)