Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Sabtu 21 Januari 2023, 20:06 WIB
Karang Kontol di perairan Geopark Ciletuh Sukabumi tepatnya di Pantai Cibiuk spot Legon Pandan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Karang Kontol di perairan Geopark Ciletuh Sukabumi tepatnya di Pantai Cibiuk spot Legon Pandan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Viralnya Karang Kontol di perairan Geopark Ciletuh Sukabumi tepatnya di Pantai Cibiuk spot Legon Pandan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, membawa dampak terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara.

Petugas Balawista Korwil Selatan Mohammad Piat Supriatna mengatakan dengan viralnya Karang Kontol, sudah mulai ada peningkatan pengunjung yang penasaran melihat karang unik tersebut, terutama saat libur panjang Tahun Baru Imlek seperti pada Sabtu ini (21/1/2023).

"Ini hasil kerja keras teman-teman di lapangan, khususnya saat event Ciletuh Geopark Spektakuler di mana salah satunya mengangkat spot Karang Kontol," kata Piat menjelaskan event di kawasan yang lengkapnya adalah Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Baca Juga: DPRD Bangga Karang Kontol Sukabumi Menarik Perhatian Media Asing

Sebelum viral, kata Piat, wisatawan tidak begitu antusias saat diberi tahu ada bebatuan unik bernama Karang Kontol. Biasanya pemandu wisata lokal menunjukkan spot Karang Kontol ketika menuju wisata Batu Batik di sekitar Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

Piat menyebut perahu wisatawan tak dapat bersandar ke area Karang Kontol sehingga hanya bisa melihat dari perahu. "Sekarang sudah mendunia, pengunjung banyak yang ingin melihat, namun kendalanya memang perahu tidak bisa bersandar, hanya melihat dari kejauhan," ujarnya.

"Setiap minggu ada saja wisatawan yang ingin ke Karang Kontol. Bahkan dari negara wilayah Timur Tengah, saya sendiri yang mengantarkan mereka. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mempromosikan Geopark Ciletuh, terutama Karang Kontol," imbuh Piat.

Salah satu pemandu di kawasan CPUGGp, Ngeko, menambahkan setelah Karang Kontol viral, ada peningkatan kunjungan wisata yang ingin menyusuri laut Geopark Ciletuh Sukabumi. Menurut dia, peningkatan wisatawan ini bisa mencapai hingga 30 persen dari sebelum viral.

"Peningkatan kunjungan wisatawan mencapai 30 persen. Mereka disuguhkan trip dari Pulau Kunti, Pulau Rametuk, Karang Kodok, Karang Kontol, dan terakhir Batu Batik," kata dia.

"Yang membuat penasaran adalah Karang Kontol, tetapi perahu tidak bisa bersandar dan pengunjung tidak bisa berfoto dengan spot Karang Kontol. Kami berharap di lokasi itu bisa dibuat dermaga kecil untuk sandaran perahu dan pengunjung bisa mendekati Karang Kontol," tambahnya.

Baca Juga: Mendunia, Spot Wisata Karang Kontol Sukabumi Menarik Perhatian Media Amerika dan Inggris

Sebelumnya, spot batu yang mirip penis ini menarik perhatian media asing. Mereka menyoroti keberadaan batu penis yang konon memiliki rahasia bagi kejantanan pria. Ada sekitar empat sampai lima media asing yang mengulas tentang Karang Kontol.

Media-media asing tersebut adalah media Amerika Serikat New York Post, media Inggris Newsflare, media Afrika iol.co.za, dan media Goodwordews.com.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Juni 2024, 10:04 WIB

Terima Basarnas, Bupati Sukabumi Minta Bantuan Pelatihan SAR di Tempat Wisata

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menerima audiensi dari Basarnas Jakarta. Bahas pelatihan SAR di tempat wisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Kepala Kantor SAR Jakarta Desiana Kartika Bahari  saat bertukar cinderamata. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life16 Juni 2024, 10:00 WIB

Temukan Cinta Sejatimu, 11 Ciri Dia adalah Jodohmu yang Kamu Cari-cari Selama Ini

Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan menjaga kriteria-kriteria ini, Anda bisa mendekati ke arah yang tepat.
Ilustrasi - Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan menjaga kriteria-kriteria ini, Anda bisa mendekati ke arah yang tepat. | (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi16 Juni 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK. (Sumber : Freepik)
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)
Food & Travel16 Juni 2024, 06:30 WIB

4 Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor, Sate hingga Kue Kering

Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat ini menggunakan bahan-bahan yang rendah purin dan kaya nutrisi untuk membantu mengelola kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Ilustrasi. Sate. Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor hingga Kue Kering (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science16 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Juni 2024, Pagi Hari Langit Cerah di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Nasional15 Juni 2024, 23:22 WIB

Harun Masiku Menyamar Jadi Guru dan Marbut Masjid di Luar Negeri

Berdasarkan informasi terbaru, Harun Masiku, buron kasus korupsi suap PAW Caleg DPR RI, diketahui menggunakan berbagai penyamaran untuk menghindari pengejaran hukum.
Harun Masiku, Buronan KPK | Foto : Ist
Sukabumi15 Juni 2024, 22:53 WIB

9 WNA China Terombang-ambing di Laut Sukabumi dan Sempat Ditangkap Tentara Australia

Sebanyak sembilan warga negara asing (WNA) asal China dan tiga WNI asal NTT berhasil diamankan di Polres Sukabumi. Setelah di tolong oleh nelayan Sukabumi karena kapal yang mereka tumpangi bermasalah
WNA asal China saat diperiksa di Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi