Mendunia, Spot Wisata Karang Kontol Sukabumi Menarik Perhatian Media Amerika dan Inggris

Rabu 18 Januari 2023, 07:38 WIB
Karang Kontol di kawasan Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi (Sumber : Dok/SU)

Karang Kontol di kawasan Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi (Sumber : Dok/SU)

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan spot wisata batu yang mirip penis (karang kontol) yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi menarik perhatian jurnalis asing.

Mereka menyoroti keberadaan batu penis yang konon dikabarkan memiliki rahasia bagi kejantanan pria.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, Rabu (18/1/23) setidaknya ada empat sampai lima media asing yang mengulas tentang spot wisata karang kontol Sukabumi dengan mitos-mitosnya yang berkembang.

Baca Juga: Perbesar Mr P Hingga Banyak Istri, Mitos Karang Kontol Geopark Ciletuh Sukabumi

Mereka, hampir kompak mengulas sisi mitosnya. Media-media diantaranya:

1. Media Amerika Serikat New York Post, dalam pemberitaan nya nypost.com mengulas batu penis dari Sukabumi itu dengan judul 'Penis-shaped rock believed to 'improve performance in bed' attracts visitors'.

Jika diterjemahkan, artinya kurang lebih: 'Batu Berbentuk Penis Dipercaya untuk 'Meningkatkan Performa di Atas Ranjang' Menarik Pengunjung'.

2. Media Inggris Newsflare. Dalam pemberitaan nya newsflare.com yang berpusat di London itu mengulas batu penis dengan judul "Locals visit penis-shaped rocky formation on island to 'improve performance in bed".

Jika diterjemahkan artinya kurang lebih "Penduduk setempat mengunjungi formasi batu berbentuk penis di pulau untuk 'meningkatkan performa di tempat tidur'.

Baca Juga: Pasir Heunceut Viral, Anggota DPRD Sebut Geopark Ciletuh Sukabumi Punya Karang Kontol

3. Media Afrika iol.co.za dengan judul "LOOK: A visit to the penis-shaped rock in Indonesia can apparently improve your sex life"

Kalau di terjemahkan kurang lebih "LIHAT: Berkunjung ke batu berbentuk penis di Indonesia ternyata bisa meningkatkan kehidupan seks Anda".

4. Media Goodwordews.com dega judul Penis-shaped rock said to ‘enhance performance in bed’. yang jika diterjemahkan "Batu berbentuk penis dikatakan untuk 'meningkatkan kinerja di tempat tidur".

Namun media terakhir itu menyebut jika hal yang sama pernah terjadi di Norwegia bahkan menjadi berita utama. Dan apa yang terjadi kemudian akhirnya masyarakat harus mengumpulkan uang untuk memperbaiki spot tersebut karena aksi vandalisme pegunjung.

"Indonesia’s phallic formation isn’t the first to attract tourists, a penis-shaped rock in Norway wowed people in the Scandinavian country and made headlines in 2017 when locals raised 10,000 $ to restore it after being vandalized." tulis goodwordnews.

Baca Juga: Gua Anti Jomblo Hingga Karang Kontol, Daftar Spot Wisata di Sukabumi dengan Nama Unik

Sebelum disorot media asing, kisah karang kontol pertama kali seperti dijelaskan Andri Hidayana kepada sukabumiupdate.com beberapa waktu lalu, mengatakan keberadaan dan istilah sebutan karang kontol ini di kawasan Ciemas itu memang nama yang sudah lama.

"Penyebutan nama objek wisata tersebut bukan puluh tahun namun dimungkinkan sudah ratusan tahun lalu. nama karang kontol merupakan sebuah nama yang diberikan masyarakat sekitar dengan menyesuaikan bentuk dari karang tersebut menyerupai alat kelamin pria," ujar Andri.

Masih kata Andri, bagi pengunjung ataupun wisatawan yang berkeinginan ketempat Karang kontol tentunya harus didampingi juru kunci, dan untuk sampai ke lokasi harus menggunakan alat transportasi yang disiapkan oleh penggiat wisata atau para pemuda dengan menggunakan perahu.

“Ada mitos juga informasi yang berkembang, mungkin seminggu ataupun sebulan sekali banyak pengunjung disana melakukan semacam ritual, konon katanya kalau laki laki yang berkunjung kesana ataupun seperti masalah mistisnya, katanya akan menjadi laki laki perkasa dalam urusan di ranjang, dan sebaliknya kalau perempuan yang berkunjung kesana konon akan mendapatkan laki laki yang dia inginkan,” terangnya.

Karang Kontol, lanjut Andri berada di lokasi sekitar wilayah pantai Ciletuh, tepatnya di pantai Cikepuh dengan jarak tempuh dari pantai Palangpang, Desa Ciwaru kurang lebih 30 menit.

Writer: Bah Rowi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 16:45 WIB

Perhatikan Sikapnya, 5 Tanda Orang Tidak Tulus Meminta Maaf Menurut Psikologi

Menurut psikologi, orang yang tidak benar-benar tulus meminta maaf akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang bisa dilihat dari sikapnya.
Ilustrasi orang yang tidak tulus meminta maaf (Sumber : Pexels.com/@LizaSummer)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:43 WIB

Kebakaran di Pabrik Es Krim Cicurug Sukabumi, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Kebakaran terjadi di pabrik es krim di kawasan Industri, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (20/6/2024). Peristiwa terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.
Satu unit Damkar dikerahkan untuk pemadaman kebakar di Pabrik Es Krim di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota
Sehat20 Juni 2024, 15:45 WIB

Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat Saat Tidur Malam Hari

Saat tidur malam hari, kebanyakan penderita asam urat akan merasakan nyeri asam urat kambuh dan menyiksa sehingga mengganggu jam istirahat mereka.
Ilustrasi Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri asam urat kambuh saat tidur malam hari (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)