7 Tokoh Pahlawan Asal Tatar Sunda Jawa Barat, Ada dari Sukabumi

Selasa 15 Agustus 2023, 14:30 WIB
7 Tokoh Pahlawan Asal Tatar Sunda Jawa Barat, Ada dari Sukabumi. (Sumber : Wikipedia/Istimewa/NUOnline).

7 Tokoh Pahlawan Asal Tatar Sunda Jawa Barat, Ada dari Sukabumi. (Sumber : Wikipedia/Istimewa/NUOnline).

SUKABUMIUPDATE.com - Pahlawan-pahlawan merupakan bagian penting dari identitas nasional. Mereka adalah teladan dari nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam budaya Indonesia, seperti semangat gotong royong, kepahlawanan, dan keberanian.

Pahlawan Indonesia telah berkorban nyawa, kesejahteraan, dan kenyamanan mereka untuk kemerdekaan dan kepentingan bangsa. Para pahlawan itu beberapa diantaranya dari Jawa Barat yang berjuang sepenuh hati demi kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Tatar Sunda sendiri memang banyak melahirkan tokoh pahlawan yang sudah tercatat dan diabadikan dalam sejarah kemerdekaan. Namun, sebagian dari para pahlawan itu ada yang baru saja diresmikan menjadi tokoh pahlawan nasional.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Akan Sukses, Yuk Kenali!

Pahlawan tersebut adalah KH. Ahmad Sanusi yang baru saja ditetapkan menjadi pahlawan nasional oleh presiden Jokowi pada Senin, 7 November 2022. Beliau merupakan seorang ulama asal Sukabumi yang pernah menjadi anggota BPUPKI.

Menjelang memperingati kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, alangkah baiknya kita mengingat kembali tokoh pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan tanah air. Selain KH. Ahmad Sanusi, berikut ini tokoh-tokoh pahlawan asal Jawa Barat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Otto Iskandardinata

Raden Otto Iskandardinata adalah sosok pahlawan yang lahir di Bandung, pada 31 Maret 1897, kemudian wafat di usia 48 tahun, 20 Desember 1945 di Mauk, Tangerang, Banten.

Baca Juga: 7 Sikap Karismatik yang Harus Dimiliki Agar Tidak Direndahkan Orang Lain

Tokoh pahlawan asal Jawa Barat itu namanya kini banyak diabadikan menjadi nama jalan Otista yang merupakan singkatan dari Otto Iskandardinata.

Selain nama Otista, beliau juga dikenal masyarakat dengan julukan si Jalak Harupat. Julukan tersebut lalu diabadikan menjadi nama stadion di Kabupaten Bandung yang sering dijadikan tempat laga kandang Persib Bandung

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973, nama Otto Iskandardinata ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Baca Juga: 15 Tips Agar Kita Lebih Dihormati dan Dihargai Orang Lain, Yuk Lakukan

2. Letkol Eddy Sukardi

Eddy Sukardi merupakan putra tertua dari pejuang kemerdekaan Indonesia yakni Raden Haji (RH) Didi Sukardi. Tokoh pahlawan asal Jawa Barat itu lahir di Sukabumi pada 18 Februari 1916.

Peristiwa sejarah yang paling membekas hingga kini ialah saat dirinya menghancurkan sekutu dalam peperangan yang berlokasi di Bojongkokosan, Sukabumi.

Beliau kemudian meninggal dunia pada 5 September 2014, dan namanya telah diabadikan menjadi nama jalan tepatnya di jalur lingkar selatan Sukabumi.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Menikmati Kesendirian, Hidup Lebih Damai?

3. R.E. Martadinata

Tokoh pahlawan selanjutnya ada Raden Eddy Martadinata yang lahir di Bandung, 6 Oktober 1921. Beliau meninggal di Pangalengan pada 6 Oktober 1966 dan dimakamkan di TMPN Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

R.E. Martadinata tercatat sebagai salah satu pahlawan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) yang ikut membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Saat itu dirinya berada di bawah pimpinan Aruji Kartawinata dalam keamanan Laut Jawa Barat.

Sepanjang karirnya, R.E. Martadinata pernah menjabat menjadi Kepala Staff Komando Daerah Maritim Surabaya, Kepala Staff Operasi Markas Besar ALRI Yogyakarta dan pernah ikut pendidikan di United States Navy Post Graduate School pada tahun 1953 di Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Penyebab PTSD dan Dampak yang Ditimbulkan Karena Trauma Masa Kecil

Nama R.E. Martadinata kini banyak diabadikan menjadi nama jalan di berbagai kota Indonesia. Selain itu, nama beliau juga dijadikan nama salah satu kapal perang Indonesia yaitu KRI R.E. Martadinata.

4. Raden Dewi Sartika

Pahlawan asal Jawa Barat ini lahir 4 Desember 1884 di Cicalengka dan tutup usia pada 11 September 1947 di Tasikmalaya. Dewi Sartika merupakan seorang pelopor pendidikan perempuan yang mendirikan sekolah perempuan pertama di era Hindia Belanda.

Ia kemudian mendapatkan gelar Pahlawan Nasional Indonesia pada tahun 1966. Seperti para pahlawan lain, nama Dewi Sartika juga banyak dijadikan nama jalan di berbagai kota di indonesia.

Baca Juga: 13 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kita Hidup Lebih Bahagia, Yuk Praktekan

Dewi Sartika dianugerahi Ordo Oranye-Nassau pada ulang tahun ke-35 Sekolah Kaoetamaan Istri sebagai penghargaan atas jasanya dalam pendidikan.Pada 1 Desember 1966, ia menerima gelar Pahlawan Pergerakan Nasional.

5. KH. Ahmad Sanusi

KH. Ahmad Sanusi adalah tokoh pahlawan dan seorang ulama asal Sukabumi yang lahir pada Jum’at 12 Muharram 1306 H atau tanggal 18 September 1888. Beliau berasal di Desa Cantayan, Kecamatan Cikembar Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dikutip pui.or.id, (daerah tersebut dulunya bernama Kampung Cantayan Desa Cantayan Onderdistrik Cikembar, Distrik Cibadak, Afdeeling Sukabumi).

Nama KH. Ahmad Sanusi baru saja dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Senin, 7 November 2022, di Istana Negara, Jakarta, bersamaan dengan lima tokoh lainnya dari berbagai daerah.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Batin Terluka, Tak Terlihat Tapi Dampaknya Nyata

Beliau selama hidupnya telah mengabdi kepada negara dalam memerdekakan negara Indonesia. KH. Ahmad Sanusi juga banyak kontribusi pada perkembangan agama Islam di tanah air.

Beragam penghargaan telah dianugerahkan kepada KH. Ahmad Sanusi diantaranya bintang mahaputera utama yang diberikan era Presiden Soeharto pada tanggal 12 Agustus 1992. Selanjutnya KH. Ahmad Sanusi dianugerahi bintang mahaputera adipradana pada 10 November 2009, di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

6. Mohammad Toha

Mohammad Toha adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Ia lahir di Kota Kembang Bandung pada tahun 1927 dari pasangan suami istri Suganda dan Nariah. Mohammad Toha dikenal karena perannya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, terutama selama masa perang kemerdekaan dan pertempuran melawan pasukan Belanda.

Baca Juga: 6 Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Moksa Prabu Siliwangi

Pahlawan asal Jawa Barat ini kemudian bergabung dengan Barisan Rakjat Indonesia (BRI) setelah Indonesia merdeka. Toha tumbuh sebagai pemuda yang cerdas, disipilin dan juga pemberani. Beliau juga menjadi salah satu pahlawan dalam peristiwa yang kita kenal yakni Bandung Lautan Api.

7. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Ir. H. Djuanda Kartawidjaja merupakan pahlawan asal Jawa Barat yang sangat berjasa dalam perjuangan Indonesia pasca kemerdekaan. Pria kelahiran Tasikmalaya ini pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir.

Ia menjabat dari tanggal 9 April 1957 hingga 9 Juli 1959. Setelah itu Ir. H. Djuanda Kartawidjaja menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I.

Djuanda terkenal dengan Deklarasi Djoenda yang menegaskan wilayah kedaulatan maritim tanah air. Deklarasi itulah yang membuat laut-laut antar pulau di Indonesia merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Cerita Pengendara Tempuh 1,5 jam dari Bekasi hingga Pintu Tol Bocimi di Parungkuda

Mengutip Tempo.co, sekitar enam tahun usai mencetuskan Deklarasi Djuanda, Djuanda Kartawidjaja dikabarkan meninggal dunia pada 7 November 1963 di Jakarta akibat serangan jantung. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan atau TMP Kalibata.

Sebagai bentuk penghormatan atas peran dan kontribusi Djuanda terhadap kedaulatan geografis di Indonesia, Pemerintah Indonesia menetapkan Djuanda Kartawidjaja sebagai salah satu Pahlawan kemerdekaan nasional.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 15:30 WIB

Begini 5 Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas

Updaters, Inilah Sederet Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. Coba Perhatikan Baik-baik!
Ilustrasi. Konsumtif. Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. (Sumber : Pexels/AlexandraMaria)
Sukabumi03 Mei 2024, 15:21 WIB

Sadisnya Pelajar SMP Sukabumi Ini, 47 Adegan Bunuh dan Sodomi Bocah SD

Kasus tewasnya bocah sd di Cipetir Kadudampit Sukabumi yang tubuhnya ditemukan dengan leher terjerat celana
Rekontruksi penyidikan perkaran pembunuhan disertai tindak asusila bocah sd oleh pelajar SMP di Sukabumi (Sumber: su/awal)
Inspirasi03 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!(Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sukabumi03 Mei 2024, 14:50 WIB

Rotary Club Berikan Donasi Rp 100 Juta untuk Penyintas Tanah Longsor di Cibadak Sukabumi

Rotary Club International ikut memberikan bantuan kepada para penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir, RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi
Rotary Club International memberikan bantuan kepada korban longsor Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi