13 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kita Hidup Lebih Bahagia, Yuk Praktekan

Selasa 08 Agustus 2023, 20:00 WIB
13 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kita Hidup Lebih Bahagia, Yuk Praktekan. (Sumber : Freepik.com/jcomp.)

13 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kita Hidup Lebih Bahagia, Yuk Praktekan. (Sumber : Freepik.com/jcomp.)

SUKABUMIUPDATE.com - Melakukan kebiasaan kecil yang membuat kita hidup lebih bahagia memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan dan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Kebiasaan kecil yang positif dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Ini dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan membantu Anda merasa lebih baik secara emosional.

Berikut adalah beberapa kebiasaan kecil yang bisa membuat hidup lebih bahagia:

Baca Juga: 30 Kata-kata Motivasi Untuk Diri Sendiri, Ampuh Bikin Semangat!

1. Bersyukur

Setiap hari, luangkan waktu untuk merenung dan mencatat beberapa hal yang Anda syukuri. Ini dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari hal-hal negatif dan menghargai aspek positif dalam hidup Anda.

2. Senyum

Senyum dapat merangsang pelepasan endorfin, zat kimia yang meningkatkan mood. Cobalah untuk tersenyum lebih sering, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.

3. Menyapa dan Berbicara dengan Orang Lain

Berinteraksi dengan orang lain, bahkan dengan menyapa dengan ramah atau berbicara sebentar, dapat menciptakan perasaan koneksi sosial dan meningkatkan suasana hati.

Baca Juga: 30 Kata-kata Motivasi Tentang Kesuksesan, Hidup Makin Semangat dan Bahagia

4. Menjaga Tubuh dengan Olahraga Ringan

Berolahraga secara teratur, bahkan hanya dengan berjalan-jalan atau peregangan, dapat meningkatkan produksi endorfin dan membuat Anda merasa lebih baik.

5. Melakukan Aktivitas Kreatif

Menggambar, mewarnai, menulis, atau bermain musik bisa menjadi bentuk ekspresi kreatif yang menyenangkan dan meningkatkan mood.

6. Memberi

Membantu orang lain atau memberikan kepada mereka dalam bentuk apapun, seperti memberi dukungan atau berbagi, dapat memberikan rasa kebahagiaan yang mendalam.

Baca Juga: 30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub!

7. Menjaga Hubungan Sosial

Berhubungan dengan teman-teman dan keluarga secara teratur, baik melalui pertemuan langsung atau komunikasi digital, dapat memberikan dukungan sosial yang penting.

8. Meditasi atau Mindfulness

Praktik meditasi atau kesadaran diri (mindfulness) dapat membantu Anda tetap terhubung dengan momen sekarang, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan mental.

9. Mencari Momen Kecil Keindahan

Cari keindahan dalam hal-hal sehari-hari, seperti matahari terbenam, bunga yang mekar, atau senyuman seorang anak. Menghargai momen kecil ini dapat meningkatkan rasa keterhubungan dan kebahagiaan.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Tidak Berani Keluar dari Zona Nyaman, Apa Kamu Termasuk?

10. Beristirahat dan Tidur yang Cukup

Memastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur berkualitas akan memberi energi pada tubuh dan pikiran Anda, sehingga Anda lebih siap menghadapi tantangan harian.

11. Menghindari Perbandingan Diri dengan Orang Lain

Fokus pada pencapaian dan progres pribadi Anda sendiri daripada membandingkan diri Anda dengan orang lain.

12. Menghindari Drama dan Negativitas

Hindari terlibat dalam drama atau percakapan yang negatif. Cobalah untuk menjaga lingkungan emosional yang sehat.

Baca Juga: Kenali 9 Sikap yang Membuat Orang Lain Nyaman Saat Bersamamu

13. Menyediakan Waktu untuk Dirimu Sendiri

Carilah waktu untuk merenung, beristirahat, atau mengejar minat pribadi tanpa distraksi. Nikmati waktu ketika menyendiri dan lakukan hal yang disukai.

Cobalah untuk menciptakan kebiasaan kecil yang sesuai dengan kepribadian dan preferensi Anda sendiri, dan tetap terbuka terhadap eksplorasi dan pertumbuhan pribadi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)