5 Fakta Dokter Wayan Tinggal di Rumah Mewah Terbengkalai yang Viral di TikTok

Kamis 04 Mei 2023, 11:15 WIB
5 Fakta Dokter Wayan Tinggal di Rumah Mewah Terbengkalai yang Viral di TikTok (Sumber : Istimewa)

5 Fakta Dokter Wayan Tinggal di Rumah Mewah Terbengkalai yang Viral di TikTok (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini nama Dokter Wayan menjadi ramai diperbincangkan setelah rumah mewah terbengkalainya yang ada di Karawang, Jawa Barat viral di TikTok.

Bahkan dari video yang beredar, orang-orang mengungkapkan rumah mewah terbengkalai Dorker Wayan penuh sampah dan menjadi sarang ular. 

Meskipun begitu, kabarnya di rumah itu Dokter Wayan masih menerima pasien dan melakukan praktik disana. Bahkan banyak warga berdatangan untuk memeriksakan diri ke dokter pemilik nama lengkap I Wayan Tirta itu.

Baca Juga: Terjemahan Lagu Not You Alan Walker & Emma Steinbakken yang Viral di TikTok

Tidak hanya itu, dokter berusia 58 tahun tersebut juga dinilai tidak pernah mematok harga kepada setiap pasien yang berobat ke tempatnya.

Lantas bagaimana kisah Dokter Wayan sang pemilik rumah terbengkalai bisa sampai viral di media sosial? Simak faktanya berikut ini seperti menghimpun dari Suara.com.

1. Viral di TikTok

Nasib Dokter Wayan yang Tinggal di Rumah Penuh Sampah setelah Viral,  Keluarga Muncul, Pasien: Ampuh - Tribunjatim.com

Cerita viral dokter Wayan yang tinggal di rumah penuh sampah dan jadi sarang ular itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @iiaarsss. 

Dia menyebut dokter Wayan adalah teman ayahnya. Dia dan sang ayah mengatakan sering datang ke rumah dokter Wayan untuk mengantar makanan dan minuman.

Dari video akun @iiaarsss, terlihat beberapa ruangan dipenuhi sampah seperti kardus dan buku catatan medis serta timbangan yang sudah berdebu. Dokter Wayan bahkan mengaku sering melihat ular berlalu-lalang di dalam rumahnya. 

2. Alasan Dokter Wayan Biarkan Rumahnya Terbengkalai

Sosok Dokter Wayan Viral karena Hidup Sendiri di Rumah Besar yang  Terbengkalai dan Penuh Sampah - Lifestyle Liputan6.com

Dokter Wayan sempat mengungkap alasan membiarkan rumahnya terbengkalai pada seorang sahabat bernama Kade yang telah dikenalnya sejak tahun 1996. Kade mengaku bahwa dia pernah menegur dokter Wayan tentang kondisi rumahnya itu.

Sebagai sahabat sang dokter, Kade mengaku prihatin melihat kondisi rumah tersebut. Ia bahkan beberapa kali ingin membersihkannya. Namun sang dokter memberikan jawaban yang membuat Kade heran.

Contohnya saat ada burung-burung yang masuk ke dalam rumah dokter Wayan dan mengotorinya, kade menyarankan sang dokter untuk membunuh burung itu.

Namun dokter Wayan dengan bijak mengatakan bahwa burung itu butuh hidup, sehingga ia membiarkannya di dalam rumah. Jawaban itu, diakui Kade, sulit diterima secara logis olehnya.

Bukan hanya tentang kondisi rumah yang kotor dan mengundang burung masuk, dokter Wayan juga melarang ada orang yang menebang tanaman serta pohon besar di rumahnya. 

Begitu juga dengan buah mangga di pohon milik dokter Wayan yang dilarang diambil warga sekitar.

Menurut Kade, alasannya justru menunjukkan bahwa dokter Wayan bukanlah sosok pelit. Meskipun hal itu masih belum bisa diterima oleh akal sehat Kade. 

Menurut cerita tetangga, alasan dokter Wayan tak memperbolehkan buah mangganya diambil yakni untuk memberi makan kelelawar.

3. Sosok Dokter Wayan

Kumpulan Berita KISAH DOKTER WAYAN: Viral Dokter Wayan Hidup Sebatang Kara,  Rumah Besarnya Penuh Sampah Bak 'Kapal Pecah'

Kade juga mengungkap sifat dokter Wayan yang dikenalnya. Disebutkan bahwa dokter Wayan adalah sosok yang cenderung pemalu, suka menyendiri dan enggan dibantu yang menjadi penyebab rumahnya terbengkalai.

"Saya tahu banget kondisi dokter Wayan. Dia mau susah dan mau sulit. Dia lebih memilih menikmati yang ada, yang penting nggak ngerepotin orang," ujar Kade pada Rabu, 3 Mai 2023.

Selain itu Kade menaruh harapan dengan viralnya sosok dokter Wayan. Dia mengatakan masyarakat luas dapat melihat kondisi sebenarnya bahwa kehidupan dokter yang identik dengan kemewahan tak sepenuhnya benar.

Ia memuji sosok dokter Wayan yang merupakan orang baik dan dikenal dengan kesederhanaannya. Selain itu, dokter Wayan juga memiliki sifat pemalu dan lebih suka berada di rumah, tetapi itu bukan berarti dia tidak mau bergaul.

4. Pengakuan Pasien Dokter Wayan

7 Fakta Kisah Viral Dokter Wayan, Huni Rumah Megah Kotor dan Penuh Sampah -  Hot Liputan6.com

Walau terbengkalai dan penuh sampah, namun masih banyak pasien yang datang berobat ke dokter Wayan. Seorang pasien sekaligus tetangga Dokter Wayan, Warsih (58 tahun) mengatakan bahwa rumah sang dokter sudah terbengkalai sejak 2 tahun lalu.

Warsih sendiri mengaku kerap berobat karena murah dan manjur. Dia mengungkap dokter Wayan adalah dokter pertama yang datang ke Desa Karanganyar dan memberi pelayanan pada warga.

Warsih mengakui dokter Wayan adalah sosok yang tulus dan baik pada warga. Dia bercerita pernah datang tengah malam saat anaknya sakit dan dilayani dengan baik oleh dokter Wayan. Bahkan biaya berobat ke dokter Wayan bisa dibilang murah yakni berkisar Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu.

Ketika disinggung terkait rumah yang penuh sampah, Warsih mengaku tak begitu peduli. Hal itu karena biasanya Warsih berobat di ruang depan dan tidak sampai melihat bagian dalam rumah sang dokter.

5. Rumah Dokter Wayan Mulai Dibersihkan Usai Viral

Sosok Dokter Wayan, Tinggal Sendiri di Rumah Besar Kumuh & Terbengkalai,  Disebut Masih Buka Praktek - Tribunjabar.id

Kekinian setelah kisah dokter asal Bali ini viral, aparatur desa atas izin keluarga mulai membersihkan rumah sang dokter. Sejak beberapa hari lalu, dokter Wayan juga sudah dibawa oleh anaknya pulang ke Bali.

Meski beberapa kali menolak rumahnya dibersihkan, dokter Wayan akhirnya setuju. Ini setelah kondisi memprihatinkan rumahnya menjadi viral. Persetujuan itu pun membuat pihak desa langsung bergerak membersihkan rumah.

Sumber: Suara.com (Rohmadoni)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba