Menyingkap Motif Berdirinya IPB di Sukabumi

Sabtu 07 Juli 2018, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) telah membuka Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Sukabumi sejak tahun 2016, merupakan kerjasama antara IPB dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pada tahap awal pengembangan, perkuliahan IPB menggunakan kampus Politeknik Sukabumi.  Tahun ini, pembangunan gedung perkuliahan dimulai, dengan sumber dana berasal dari bantuan APBD Provinsi Jawa Barat. Bertempat di Jl. Sarasa, Cibeureum, Kota Sukabumi, pada Minggu 10 Juni 2018 Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan pencanangan rencana pembangunan gedungnya.

Sukabumiupdate.com telah mewawancarai Sekretaris Institut IPB, sekaligus Ketua Tim Pengembangan IPB Sukabumi Periode 2017-2018, Aceng Hidayat, untuk mengetahui perjalanan IPB Sukabumi, berikut petikan wawancaranya.

Apa latar belakang dan tujuan IPB membuka Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) ?

Pertama, pertimbangan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) Jawa Barat dibandingkan provinsi lain masih rendah, kedua, untuk meningkatkan akses masyarakat kepada perguruan tinggi negeri (PTN) yang dianggap masih jauh berkualitas dibandingkan perguruan tinggi (PT) non PTN, dua hal itu yang menjadi dasar utama, selain itu juga untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Jawa Barat.

Kenapa Sukabumi dipilih sebagai lokasinya ?

Ini pemilihan Sukabumi dalam kontek region ya bukan administratif kota atau kabupaten. Pertimbangannya, pertama, Sukabumi itu terutama kabupaten, kualitas SDM nya masih sedikit tertinggal dibandingkan kabupaten lain di Jawa Barat. Tetapi, disisi lain Sukabumi memiliki banyak potensi, punya pariwisata, perikanan, pertanian, peternakan, dll. Kami akan dimudahkan oleh potensi tersebut, seperti untuk kegiatan praktikum tentu tidak akan kesulitan. Di Sukabumi banyak fasilitas yang bisa kami pakai, salah satunya balai besar perikanan budidaya air tawar (BBPBAT) yang sudah MoU untuk kerjasama. Yang kedua, harapannya nanti SDM lulusan IPB Sukabumi bisa terserap di wilayah Sukabumi dulu, karena banyak potensi yang perlu dikembangkan. Ketiga, Sukabumi itu sudah lama ingin punya PTN, bahkan pernah ada upaya mem-PTN-kan Politeknik Sukabumi, tapi mengalami kendala, kemudian kata Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) daripada mem-PTN-kan Politeknik Sukabumi masih terkendala secara legalitas, sudah saja IPB buka di Sukabumi. Berdirinya PSDKU-IPB Sukabumi juga tidak terlepas dari upaya Gubernur Jawa Barat saat itu, Kang Aher telah mengalokasikan anggaran ratusan milyar.

Apa keunggulan yang ditawarakan IPB Sukabumi kepada calon mahasiswa ?

Begini, dulu tahun 2016, akan dibuka program studi (prodi) strata 1 (S1) dan Diploma di IPB Sukabumi. Tetapi, setelah dilakukan kajian ulang serta pertimbangan dari beberapa pihak termasuk pertimbangan kepentingan Jawa Barat, maka, untuk tahun 2016 dan 2017, IPB Sukabumi akan fokus kepada diploma III (D3). Kemudian, ada perubahan kebijakan juga di IPB, D3 itu nanti akan dihilangkan sejalan dengan statuta IPB yang mengakomodir sekolah vokasi, maka mulai tahun ini IPB Sukabumi membuka sekolah vokasi, lama pendidikan empat tahun, lulusannya itu sarjana sains terapan (S.ST), keunggulannya memiliki bekal ilmu yang sangat baik bukan hanya teori tapi ilmu terapan dilapangan, memiliki kesiapan kerja sesuai bidangnya, serta kemampuan dan keterampilannya jauh lebih unggul dibandingkan sarjana sains biasa. Ini yang dikembangkan di Jerman, disana ada dua jenis sarjana, ada sarjana sains dan sarjana terapan, ada universitas dan ada fachhochschule atau kalau di kita setara sekolah vokasi.

Jurusan apa saja yang dibuka ?

Ada Manajemen Agribisnis (MAB), Ekowisata, Teknologi Industri Benih (TIB), Keahlian Komunikasi (KMN), Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya (IKN), serta Teknologi dan Manajemen Ternak (TNK).

Berapa target mahasiswa IPB Sukabumi sampai dengan tahun ini ?

Saat ini dikurangi mahasiswa S1 angkatan pertama yang ada di Dramaga, Bogor, itu ada 306 mahasiswa. Target tahun ini sekitar 400 mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Maka, pada September 2018 nanti akan ada sekitar 700-an mahasiswa di IPB Sukabumi dari tiga angkatan.

Menurut informasi saat ini jumlah mahasiswa asal Sukabumi di IPB Sukabumi baru 30%, menurut anda, kenapa masih sedikit ?

Kemungkinan karena penyebaran informasi belum sampai ke pelosok-pelosok, walaupun kami sudah melakukan road show, tapi di road show itu baru sebatas mengumpulkan calon mahasiswa di titik tertentu, seperti Cibadak, Warungkiara, Palabuhanratu dan Cikembar, sepertinya informasi yang kami sebar baik secara manual maupun digital belum sampai kepada sasaran.

Apakah ada perbedaan secara kualitas antara kuliah di kampus Utama IPB di Bogor dengan di IPB Sukabumi ?

Secara kualitas tidak akan ada perbedaan, karena menggunakan standar yang sama, diaudit oleh lembaga yang sama dengan menggunakan kriteria yang sama, lembaga akreditasi yang sama dan diupayakan capaian hasil akreditasinya harus sama. Ini indikator-indikator quality insurence, karena itu kami sangat konsen kepada dosen dan asisten dosen untuk memenuhi semua standar mutu yang ditetapkan oleh IPB.

Kampus world class ada di Jawa Barat seperti IPB, UNPAD, ITB, dan UI, tetapi angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) di Jawa Barat masih rendah, menurut anda apa penyebabnya ?

Ini analisis atau penilaian pribadi (personal judgment) yah, pertama begini, PT yang ada di Jawa Barat tersebut itu PT nasional bahkan sudah masuk rangking dunia, daya tariknya sangat tinggi, sehingga yang masuk kuliahnya tidak hanya orang Jawa Barat tetapi dari luar Jawa Barat bahkan luar pulau Jawa, mangga bisa di cek. Dengan demikian, orang Jawa Barat dalam perolehan menurut APK itu bersaing dengan orang-orang berasal dari luar Jawa Barat, hal itu tentu menekan peluang lulusan SMA untuk bersaing mendapatkan APK di Jawa Barat. Maka, barangkali perlu ada kebijakan afirmatif dari pemerintah, misalkan memberikan klausul undang-undang yang membolehkan PT memberikan prioritas kepada warga dimana PT itu ada, contohnya untuk PSDKU itu khusus untuk warga Jawa Barat, atau UNPAD dan ITB itu 30% untuk warga Jawa Barat.

Terakhir, ada yang ingin anda sampaikan ?

Harapannya, masyarakat Sukabumi dapat mengakses IPB Sukabumi, jangan ragu. IPB Sukabumi memiliki keunggulan lebih dibanding S1 di IPB kampus utama, Bogor, karena disini memiliki S1 Terapan. Kalau mau mengakses informasi secara rinci, masyarakat dan calon mahasiswa dapat mengakses website IPB Sukabumi, http://pdd.sukabumi.ipb.ac.id/

Nama : Aceng Hidayat, Kelahiran Sukabumi, 17 Juli 1966

Riwayat Pendidikan : SD Selaawi 1 tahun 1980, SMPN 2 Sukabumi 1983, SMAN 3 Sukabumi 1986, S1 IPB tahun 1991, S2 TL ITB tahun 1996, S3 Ekonomi Sumberdaya Humbolt University, Berlin Jerman tahun 2005.

Riwayat Pekerjaan : Sekretaris PS D3 Agroteknologi Hasil Perikanan 1998 sd 2000, Sekretaris PS Ekonomi Kelautan 2006 s.d 2008, Sekretaris Eksekutif IPB  2008 s.d 2009, Ketua Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 2009 s.d 2018,  Wakil Ketua Tim Pengembangan IPB Sukabumi 2016 s.d 2017, Ketua Tim Pengembangan IPB Sukabumi 2017 s.d 2018.   Sekretairs Institut (setara wakil Rektor) IPB Bidang Administrasi, Promosi dan Logis sejak Februari 2018.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 13:30 WIB

Ketahui 6 Penyebab Kenapa Anak Sering Melawan pada Orang Tua, Yuk Evaluasi Diri!

Anak yang sering melawan kepada orang tua tentu lantaran beberapa penyebab di masa lalunya. Ini harus dipahami oleh orang tua dalam mendidik.
Ilustrasi. Penyebab anak sering melawan orang tua. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Life30 April 2024, 13:26 WIB

Lakukan Setiap Hari, 7 Cara Mengembangkan Keterampilan Bahasa Anak Sebelum Sekolah

Anda berharap anak Anda percaya diri, bahagia dan tenang di sekolah. Anda ingin mereka berteman, bergaul dengan guru, dan bersenang-senang sambil belajar.
Ilustrasi mengembangkan keterampilan anak. | Foto: Pexels.com/@Artem Podrez
Bola30 April 2024, 13:00 WIB

Tersingkir dari Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Masih Ada Asa Lolos ke Olimpiade 2024

Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life30 April 2024, 12:30 WIB

6 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 40 Tahun

Beberapa hal seharusnya menjadi perhatian semua orang sebelum memasuki umur 40 tahun, karena penting untuk masa sampai hari tua.
Ilustrasi. Traveling. Hal yang harus dilakukan sebelum berumur 40 tahun. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Bola30 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi PSS Sleman vs Persib Bandung: Laga Pamungkas Liga 1 Reguler Series!

Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series.
Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series. (Sumber : X@persib/@PSSleman).
Sukabumi30 April 2024, 11:37 WIB

Satu Tewas, Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tabrak Mobil di Palabuhanratu Sukabumi

Truk menabrak mobil pick-up nomor polisi F 8677 VC yang terparkir di kiri jalan.
Kondisi mobil pick-up yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat30 April 2024, 11:30 WIB

Pikiran Jadi Tenang, Ini 5 Buah-buahan yang Bisa Meredakan Stres dan Cemas

Meredakan stres dan cemas sesungguhnya bisa diredakan dengan mengonsumsi sejumlah buah-buahan yang sangat recomendeed menurut medis.
Ilustrasi. Buah-buahan yang meredakan stres dan cemas. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life30 April 2024, 11:10 WIB

Bicarakan, Begini 4 Cara Mengetahui Apakah Anak Senang di Sekolah

Anak-anak akan terlihat sumringah dan bahagia ketika akan pergi ke sekolah. Namun hal tersebut bukan indikasi bahwa anak senang di sekolah.
Ilustrasi anak senang di sekolah. | Foto: Pexels.com/@Tima Miroshchenko
Life30 April 2024, 11:00 WIB

Tetap Tenang, 8 Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup

Terlihat Tetap Tenang, Inilah Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Kebiasaan. Orang bahagia | Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup Foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Life30 April 2024, 10:48 WIB

Lewat 9 Pertanyaan Ini, Apakah Anak Prasekolah Tunjukkan Ketidakmampuan Belajar

Anak Anda mungkin baru berusia 3 atau 4 tahun, tetapi cara mereka berperilaku di kelas dapat memberi Anda petunjuk tentang perkembangannya.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik/@jcomp