Cerita Petani di Kadudampit Sukabumi, 5 Bulan Berjuang Lawan Kemarau

Sabtu 16 September 2023, 21:42 WIB
Abah Acem, Petani Bawang di Kadudampit Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

Abah Acem, Petani Bawang di Kadudampit Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Kemarau panjang tahun ini membuat risau para petani di Kadudampit Sukabumi. Sumber air yang menyusut serta harus berebut dengan petani lainnya. 

Abah Acem (70 tahun) seorang petani asal Kampung Cijagung, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi kini tengah berjuang menyelamatkan tanamannya di tengah kekeringan.

Abah Acem merupakan seorang petani Daun Bawang, Cabai, Jagung dan jenis sayuran lainnya yang ia tanam di lahan miliknya seluas 400 meter persegi. Ia mengaku sudah lima bulan kesulitan mendapatkan air untuk menyirami tanamannya.

Baca Juga: Pemkab Bantu Korban Kebakaran Rumah di Cibadak Sukabumi

"Kurang lebih udah ada 5 bulan mah, saya tiap hari harus bolak balik ke kebun, dulu mah seminggu dua kali paling sering juga," ujar Acem kepada sukabumiupdate.com saat ditemui di kebunnya pada Sabtu (16/9/2023).

Selain itu, dalam kondisi saat ini. Perjuangan Abah Acem untuk menjaga tanamannya itu menjadi lebih beresiko dibanding hari biasanya. Pasalnya ia mengaku harus rebutan air dengan petani lainnya.

"Musim kemarau gini pasti susah air, jadi rebutan sama yang lain (petani lain), nyiram itu harus dua kali sehari karena panas, kalau nggak di siram nanti mati," kata dia.

Baca Juga: Beri Edukasi Kebencanaan Ala BPBD di Stand Sukabumi Expo 2023

Terlebih, Daun bawang yang ia tunggu selama dua bulan lamanya hanya dihargai Rp 9000 ribu per kilogramnya oleh tengkulak. "Harga bawang 9 ribu per kilo, kalau di jualnya kan ada tengkulak di sini yang nerima kalau panen, dari mulai nanem itu sampe panen ada 2 bulan," ucapnya.

Menurutnya, kondisi tanamannya masih sangat bagus. Kendati demikian ia mengaku harus bekerja lebih keras karena ketersediaan air yang terbatas dan harus berbagi dengan petani lainnya.

"Alhamdulillah untuk tanaman masih bagus, cuman harus kerja lebih aja nggak kaya biasanya, terus harus pinter-pinter ngambil air aja sama petani lain, kan sama mereka (petani lain) juga butuh (air)," ucapnya.

Baca Juga: Heboh Beda Nama Pj Wali Kota Sukabumi, Ini Penjelasan Kapuspen Kemendagri

Dalam kondisi yang dialaminya saat ini, ia hanya berharap agar hujan segera turun. "Abah mah pengen cepet hujan aja sekarang mah, kalau ada hujan kan alhamdulillah bisa ketolong," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 19:00 WIB

Ada Tuna! Ini 5 Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Tuna adalah jenis ikan laut yang sering dikonsumsi dan memiliki jumlah purin yang sedang. Meskipun demikian, sebagian besar penderita asam urat masih dapat menikmati tuna dalam jumlah yang moderat.
Ilustrasi. Olahan Ikan Tuna. Contoh Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Instagram/@fatmadeden)
Inspirasi14 Mei 2024, 18:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Penilaian Key Perfomance Indicator Bagi Agen Perisai

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menginformasikan sistem penilaian kinerja individu-individu agen Perisai.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi terkait penilaian Key Performance Indicator (KPI) bagi para agen Perisai. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 18:45 WIB

4 Tips Diet Untuk Turunkan Kolesterol Ini Ampuh Meminimalisir Penyakit Jantung

Cara menurunkan kolesterol yang tinggi bisa dilakukan dengan diet. Nantinya hasil dari berdiet ini akan meminimalisir penderita kolesterol dari penyakit jantung
tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)
Bola14 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : baliutd.com/Gus Mank).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:29 WIB

Dugaan Sementara Motif Anak Bunuh Ibu Pakai Garpu Sawah di Kalibunder Sukabumi

Soal motif kasus Anak bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi, Polisi bantah isu soal pelaku minta dibelikan motor.
Kapolsek Kalibunder Iptu Taufick Hadian saat menunjukan barang bukti anak bunuh ibu pakai garpu sawah. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 18:15 WIB

Kandungan Purin Sedang, Pilihan 15 Ikan Laut yang Aman Dikonsumsi Tapi Secukupnya

Ikan laut yang memiliki kandungan purin sedang aman dikonsumsi tapi harus secukupnya.
Ilustrasi - Ikan laut yang memiliki kandungan purin sedang aman dikonsumsi tapi harus secukupnya. (Sumber : Freepik.com/@Timolina).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:06 WIB

Warga Keluhkan Jalan Ciangsana-Puncak Madura Cicantayan Rusak, Ini Kata PU Sukabumi

Jalan kabupaten ruas Ciangsana-Puncak Madura yang menjadi penghubung dua kecamatan, yakni Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi kondisinya memprihatinkan.
Ruas jalan Ciangsana - Puncak Madura Cicatayan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 18:00 WIB

Mau Rezeki Datang dari Segala Penjuru? Baca Doa Ini Insya Allah Mustajab

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi - Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Jawa Barat14 Mei 2024, 17:41 WIB

Film Vina Viral, Apa Kata Polisi Soal 3 Pelaku Pembunuhan yang Buron

publik ramai-ramai bertanya bagaimana kelanjutan proses pengejaran terhadap 3 pelaku yang masih buron, bahkan salah satunya adalah otak pembunuhan.
Poster film Vina: Sebelum 7 Hari (Sumber: Dee Company )
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 17:38 WIB

DPRD Sukabumi Dukung Surat Edaran Pj Gubernur Jabar dan Disdik soal Study Tour

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf harap study tour sekolah harus memperhatikan asas kemanfaatan dan keamanan.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa