Dahsyatnya Plato Jampang di Curug Cimarinjung, Geopark Ciletuh Sukabumi saat Kemarau

Jumat 08 September 2023, 14:13 WIB
Kondisi Curug Cimarinjung di kawasan CPUGGp, tepatnya di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jumat (8/9/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

Kondisi Curug Cimarinjung di kawasan CPUGGp, tepatnya di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jumat (8/9/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki sumber air dari berbagai aliran sungai di Kecamatan Simpenan dan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Curug Cimarinjung menjadi salah satu destinasi menarik di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp).

Meski musim kemarau seperti sekarang, air terjun setinggi sekitar 97 meter ini tetap mengalir dengan latar belakang bebatuan indah pada dinding curug. Curug Cimarinjung ada di zona inti CPUGGp atau tepatnya di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas.

Curug Cimarinjung menjadi salah satu ikon Geopark Ciletuh Sukabumi. Air terjun ini tidak jauh dari Pantai Palangpang atau area Teluk Ciletuh.

Peneliti menyebut Curug Cimarinjung merupakan kemegahan geologi Plato Jampang, terangkatnya dasar laut menjadi daratan akibat subduksi di Geopark Ciletuh Sukabumi. Proses geologi selanjutnya dari pengangkatan dasar laut ini adalah amfiteater alam di wilayah Ciemas.

Penggiat wisata setempat, Rahmat Gozali, mengatakan hulu Curug Cimarinjung berada di Gunung Hanjuang Kiaradua, Kecamatan Simpenan. Curug ini menjadi muara beberapa sungai di Ciemas dan Simpenan seperti Cihaur, Ganitri, Cicurug, Cigembong, dan Cibatu. Sejumlah sungai tersebut mengalir ke Sungai Cimarinjung.

Rahmat menyebut musim kemarau berdampak pada menurunnya debit air Sungai Cimarinjung dan membuat aliran curug ikut menurun. Namun, air Curug Cimarinjung menjadi lebih jernih karena lumpur tambang emas yang biasanya terbawa ke sungai oleh hujan, kini tidak ada.

Baca Juga: Penampakan Sidat Jumbo Penunggu Curug Cimarinjung, Apa Perbedaannya dengan Belut?

"Mengalami penurunan debit air sejak pertengahan Agustus 2023. Meski airnya kecil, tapi lebih jernih dan bersih," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Jumat (8/9/2023).

Berkurangnya debit air Curug Cimarinjung tidak berdampak pada aktivitas masyakat karena sawah-sawah warga yang biasa memanfaatkan curug ini untuk pengairan, sudah panen pada Idulfitri 2023 lalu. Saat ini, Curug Cimarinjung menjadi pilihan tepat bagi wisatawan.

"Wisatawan yang berkunjung, selain bisa menikmati air jernih dan sejuk, juga melihat batuan purba. Selama musim kemarau ini pengunjung selalu ada. Mereka datang dari luar daerah, bahkan ada dari luar negeri," ujar Rahmat.

Sebagai informasi, kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau CPUGGp tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget29 Mei 2024, 16:30 WIB

Performa Gahar Harga 5 Jutaan! 3 Rekomendasi HP dengan RAM 8GB

HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki.
Samsung A55 5G - HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki. (Sumber : samsung.com).
Sehat29 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain. karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berobat di rumah
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)