Sumur Pengasihan dan Makam Keramat, Sederet Misteri Goa Lalay Palabuhanratu Sukabumi

Kamis 07 September 2023, 17:00 WIB
Makam kramat di komplek goa lalay Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Capture video youtube

Makam kramat di komplek goa lalay Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Capture video youtube

SUKABUMIUPDATE.com -  Dinamakan Goa Lalay, karena goa tersebut menjadi rumah bagi jutaan kelelawar (lalay), jika sore hari dimulai dari pukul 16.00 atau 17.00 WIB akan terlihat ratusan ribu kelelawar keluar berterbangan dari mulut goa untuk mencari makan di hutan-hutan dan alam liar.

Hal itulah diantaranya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan untuk berkunjung ke Goa Lalay.

Di sekitar Goa Lalay terdapat tujuh pintu goa, tujuh pintu gua tersebut memiliki nama masing-masing yaitu; goa lalay, goa Landak, goa Macan, goa Impu, goa Manik, goa Larangan atau Hanoman dan terakhir ialah goa kunti.

Baca Juga: Hindari Emak-emak Belok Tanpa Sein, Mobil Box Terbalik di Jalan Jalur Sukabumi

Namun dibalik itu, berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang dirangkum sukabumiupdate.com ada banyak cerita mistis yang menyelimuti keberadaan Goa Lalay tersebut.

  1. Tempat bersemedi

Dari ketujuh goa yang ada di Goa Lalay, ada satu goa yang sering dikunjungi bukan hanya oleh wisatawan saja, bahkan oleh para peziarah, yaitu Goa Manik.

Menurut juru kunci Goa Lalay, Ujay mengatakan para peziarah banyak yang datang ke goa tersebut untuk bertirakat dan mencari syariat (berdoa), tujuannya beraneka ragam; tujuan untuk usaha, kesehatan, kekayaan hingga kepangkatan.

Baca Juga: Putri Ariani dari Indonesia Lolos ke Babak Final America's Got Talent 2023

Menurutnya, ia hanya menunjukan para peziarah dalam melakukan doa-doa dan tirakatnya. "syaratnya hanya membawa buah-buahan dengan tujuh jenis buah. Sebelum tirakat harus bersuci dulu, lalu dimulai dengan tawasul," ujar Ujay di kanal youtube Ganjil Misteri seperti dilihat sukabumiupdate.com, Sabtu (2/8/2023).

Ujay menyebut, bahwa tempat tersebut menjadi tempat bersemedi sejak dari masa kakeknya. "Sudah sekitar 50 tahun berjalan," kata dia.

  1. Tempat bertemu Nyi Roro Kidul

Salah seorang warga menyebut bahwa Goa Lalay diyakini menjadi tempat untuk bisa bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

"Saya sering melihat para peziarah berangkat dari goa lalay kemudian berjalan menuju pantai, katanya dipantai itu untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul," kata warga kepada tim Ganjil Misteri.

Baca Juga: Warga Ciracap Sukabumi Ditemukan Tewas di Saung Kebun, Kades Beri Penjelasan

  1. Tidak tertimpa air hujan

Menurut warga, ada keanehan yang sering terjadi di Goa Lalay, adalah jika sedang musim hujan, di tempat tersebut kadang-kadang tidak tertimpa air hujan.

"Ketika ditempat lain hujan, di sekitar goa lalay tidak hujan," katanya.

  1. Sosok wanita cantik

Seorang indigo, yakni seorang yang bisa melihat makhluk astral menyebut bahwa goa lalay ada seorang wanita cantik yang dikelilingi dengan banyak anak kecil dan juga ular.

"Aku melihat di dalam goa ada penunggunya seorang wanita cantik dengan dikelilingi anak kecil, ada juga ular," kata Secan kepada tim Ganjil Misteri.

Baca Juga: Viral Aktivitas Foto Prewed Picu Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo

  1. Tempat kumpul mahluk gaib.

Secan juga menyebut aura mistis di dalam goa lalay begitu kental, ia menyebut bahwa goa tersebut merupakan tempat berkumpulnya para mahluk mahluk gaib.

  1. Makam keramat

Di dalam salah satu goa di komplek goa lalay terdapat satu makam petilasan. Seorang warga yang pernah tirakat di makam tersebut menceritakan pengalamannya. Menurutnya, saat itu di tengah dirinya sedang berdzikir ada tiba-tiba ada suara tanpa wujud.

"Dalam suaranya seperti bertanya, ia bertanya kenapa orang mau berdzikir dan berdoa ditempat yang kotor dan lembab seperti goa ini," kata pegiat media sosial Kraton Laut dalam kanal youtubenya.

Baca Juga: Legislator PKS Nilai Pemerintah Tak Serius Kelola Perikanan Lobster di Indonesia

  1. Sumur pengasihan

Di dalam salah satu goa di komplek goa lalay juga terdapat sumur. Sumur tersebut konon ditunggu oleh seorang wanita muda cantik dari mahluk gaib.

Banyak yang percaya air sumur tersebut dipergunakan untuk menarik kasih sayang orang lain (pengasihan).

Fakta Sejarah

Dalam catatan sejarah, goa lalay pernah dikunjungi oleh Gubernur Jenderal Abraham Van Riebek pada tahun 1712 M.

Goa Lalay yang terletak di kawasan obyek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu tepatnya berlokasi di jalan Pelita - Cipatuguran, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Jaraknya sekitar 3 km dari Ibukota Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu.

Baca Juga: Buka Kompetisi Askabsi 2023, Wabup Iyos: Ajang Berkarya Hasilkan Prestasi

Keberadaan Goa Lalay atau disebut juga Rawa Kalong sudah sangat terkenal keberadaannya bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati keunikan karya alam tersebut. Ya, Goa Lalay merupakan goa yang terbentuk secara alamiah oleh pelarutan batu gamping, batuan vulkanik andesit dan tuf, goa lalay bukan buatan tangan manusia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 10:04 WIB

Rakor Puskesmas Cikundul, Dinkes Perkuat Kolaborasi Penanganan DBD di Kota Sukabumi

Reni mengatakan beberapa upaya pencegahan DBD dilakukan di Kota Sukabumi.
Kepala Dinkes Kota Sukabumi Dr. Reni Rosyida Muthmainnah, M.Kes saat membuka rapat koordinasi atau rakor penanganan DBD, Rabu, 8 Mei 2024 di objek wisata Oasis. | Foto: Instagram/@puskesmas_cikundul
Sehat09 Mei 2024, 10:00 WIB

Sederet Manfaat Makan Rambutan untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

Rambutan adalah buah yang menarik dan bergizi serta mengandung banyak manfaat kesehatan.
Ilustrasi - Rambutan adalah buah yang menarik dan bergizi serta mengandung banyak manfaat kesehatan. (Sumber : pexels.com/Quang Nguyen Vinh)
DPRD Kab. Sukabumi09 Mei 2024, 09:35 WIB

Lempar Botol saat Rapat, DPRD Tolak Pencabutan UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi

Andri diduga melempar botol karena jengkel dengan penjelasan Dwi Surini.
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana saat mengikuti rapat kerja dengan BPJS Kesehatan di RSUD Sekarwangi, Rabu, 8 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi09 Mei 2024, 09:30 WIB

Info Loker D3 Jawa Barat, Syarat: Punya Skill Tentang Bahan Pangan

Info Loker D3 Jawa Barat untuk posisi Product Development Technician ini dibuka hingga 12 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker D3 Jawa Barat, Syarat: Punya Skill Tentang Bahan Pangan (Sumber : Freepik)
Sehat09 Mei 2024, 09:00 WIB

10 Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan!

Sebelum menggunakan rempah-rempah ini sebagai pengobatan alternatif untuk nyeri sendi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
Ilustrasi. Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Pelajaran Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin