6 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi, Pantai hingga Goa

Minggu 20 Agustus 2023, 06:30 WIB
Goa Buniayu di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. | Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi Foto: Asep Awaludin

Goa Buniayu di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. | Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi Foto: Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com – Wisata Alam Sukabumi tak pernah gagal menyuguhkan berbagai panorama indah, mulai dari laut, perbukitan hingga air terjun. Tempat-tempat tersebut cocok sekali untuk diabadikan ke sosial media atau istilah kekinian disebut dengan Instagrammable.

Keasrian wisata alam di Sukabumi ini masih terjaga dengan baik, seperti sejuknya suasana yang mampu menenangkan dan memulihkan diri dari kepenatan.

Apalagi akses Tol Bocimi Seksi II yang sudah bisa digunakan, membuat para wisatawan semakin ramai datang ke Sukabumi untuk liburan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tempat wisata yang ada di Sukabumi, ide akhir pekan bareng orang tersayang!

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi

1. Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung. |Situ Gunung. |

Pertama, rekomendasi tempat wisata Sukabumi adalah Situgunung. Ya, tempat ini sudah tidak asing bagi wisatawan berkat jembatan gantung yang kini menjadi ciri khas.

Ketika melintasi jembatan gantung panjang ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan hutan dan perbukitan yang indah. Panorama ini bisa diabadikan baik dalam bentuk video maupun foto.

Baca Juga: Lab Kebakaran, Mahasiswi Meninggal Dunia Saat Menyusun Penelitian Tesis

Selain jembatan gantung, Situ Gunung juga punya objek wisata lain yang tidak kalah bagus, diantaranya Curug Sawer, Danau Situ Gunung, Amphiteater, Keranjang Sultan dan Flying Fox. Jika ingin mencari tempat makan, di sini juga ada Restoran De Balcone.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Situ Gunung menyediakan area perkemahan dengan pemandangan pepohonan rindang di sekitarnya. Glamping juga tersedia di Situ gunung untuk menikmati suasana asri dari Gunung Pangrango bersama keluarga.

2. Geopark Ciletuh Sukabumi

Teluk Ciletuh di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) Kabupaten Sukabumi. | Foto: ciletuhpalabuhanratuugg.idTeluk Ciletuh di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) Kabupaten Sukabumi. | Foto: ciletuhpalabuhanratuugg.id

Geopark Ciletuh merupakan rekomendasi tempat wisata alam Sukabumi dengan berbagai destinasi menarik untuk yang ingin berlibur ke Sukabumi. Ada pantai, curug dan perbukitan.

Bahkan, di Geopark Ciletuh juga ada sekitar 50 situs geologi yang bisa dikunjungi.

Setiap curug atau air terjun di Geopark Ciletuh memiliki keunikan masing-masing. Curug tersebut diantaranya Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Cikanteh, Curug Ciateul, Curug Cibelener, Curug Awang dan Curug Cikaso.

Bagi yang ingin bermain pasir sambil menikmati indahnya laut, Geopark Ciletuh memiliki wisata pantai sebagai destinasi wisata yaitu Pantai Palangpang dan Pantai Cikadal.

Sementara jika ingin menikmati pemandangan dari dataran tinggi, wisatawan bisa berkunjung ke Puncak Darma yang ada di Geopark Ciletuh. Dari ketinggian sekitar 230 mdpl, pengunjung bisa melihat indahnya pantai dan pepohonan sekitar.

Selain Puncak Darma, masih ada perbukitan lain yang memperlihatkan pemandangan sekitar Geopark Ciletuh, yaitu Bukit Panineungan, Bukit Panenjoan dan Puncak Tugu.

3. Selabintana Sukabumi

Selabintana merupakan tempat wisata Sukabumi yang cocok banget dikunjungi bareng keluarga ketika liburan akhir pekan. Updaters bisa bersantai untuk melepas stress dengan menikmati pemandangan hijau pohon pinus ditemani udara sejuk yang menyegarkan.

Adapun waktu yang tepat datang ke Selabintana Sukabumi adalah saat pagi hari, karena udaranya masih sejuk dan pengunjung pun belum banyak. Jadi, wisatawan bisa lebih leluasa bersantai sambil menggelar tikar di atas rerumputan.

Sedikit berjalan ke atas, pengunjung bisa melihat pemandangan hijau sekitar kaki Gunung Gede Pangrango yang indah dan asri.

Sementara untuk pengunjung yang ingin merasakan dinginnya air pegunungan, Selabintana Sukabumi juga menyediakan kolam renang, lho! Bahkan ada semacam selokan dengan air jernih mengalir yang aman untuk bermain anak-anak.

Jangan khawatir, di Selabintana juga banyak pedagang, mulai dari berjualan makanan, mainan anak-anak, aksesoris, tanaman hias hingga oleh-oleh dari Sukabumi.

4. Pondok Halimun (PH)

Pondok Halimun atau lebih dikenal dengan nama PH, adalah rekomendasi tempat wisata Sukabumi yang berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Biasanya, kawasan ini dijadikan tujuan untuk pengunjung yang ingin berkemah, karena punya lahan luas dan suasana tenang.

Meski begitu, Pondok Halimun juga punya objek wisata lain yang bisa dinikmati bersama teman atau keluarga, misalnya air terjun, kebun teh dan sungai.

Di perjalanan memasuki kawasan Pondok Halimun, pengunjung akan diperlihatkan pemandangan hijau kebun teh yang menyegarkan mata sambil merasakan sejuknya udara bersih di sini.

Baca Juga: 11 Sumber Kebahagiaan Hidup: Suka Memberi dan Membantu Orang Lain

Pondok Halimun Sukabumi menyediakan gazebo terbuka yang bisa digunakan untuk piknik. Lokasinya juga berdekatan dengan sungai jernih, sehingga pengunjung diperbolehkan untuk berenang.

Pengunjung yang suka naik gunung atau jalan-jalan, direkomendasikan untuk mencoba jalur menuju Curug Cibeureum. Disana, ada air terjun setinggi 60 meter dengan hutan dan aliran sungai di sepanjang jalan.

5. Palabuhanratu Sukabumi

Aksi peselancar asal Mancanegara taklukan ombak Pantai Pangumbahan Sukabumi.Aksi peselancar asal Mancanegara taklukan ombak Pantai Pangumbahan Sukabumi.

Palabuhanratu adalah rekomendasi tempat wisata Sukabumi yang tidak pernah terlewatkan. Keindahan pemandangan laut Palabuhanratu inilah yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Ombaknya yang besar dan tinggi sering digunakan untuk spot untuk berselancar. Bahkan ada beberapa lokasi sering dipakai untuk kompetisi selancar professional.

Updaters bisa menikmati keindahan ombak yang menerjang batu karang sambil ditemani angin sepoi-sepoi. Ya, bermain di pinggir laut menunggu ombak datang ke tepi, lalu merasakan terjangan yang seolah menarik ke dalamnya.

Baca Juga: 11 Manfaat Healing untuk Kesehatan Mental, Jadi Pemulihan Trauma

Jika datang ke Palabuhanratu saat pesta nelayan, pengunjung dapat melihat ritual adat kepala kerbau dan sesaji yang lepas ke tengah laut. Tradisi ini sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas anugerah berupa hasil laut.

Setelah puas menikmati pantai Palabuhanratu, ada banyak tempat pelelangan ikan untuk membeli berbagai macam hasil tangkapan laut segar untuk dijadikan oleh-oleh. Jenis ikan yang dijual disana, diantaranya ikan cakalan, kakap, layur, udang, cumi-cumi, udang, dan bawal.

6. Goa Buniayu

Goa Buniayu di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. | Foto: Asep AwaludinGoa Buniayu di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. | Foto: Asep Awaludin

Goa Buniayu menjadi rekomendasi tempat wisata Sukabumi yang terakhir.

Tempat wisata Goa Buniayu Sukabumi ini sangat direkomendasikan untuk Updaters yang suka menjelajah. Dengan kedalaman sekitar 500 meter, pengunjung akan diperlihatkan keindahan alam dari berbagai ornamen seperti stalaktit, stalagmit, drapery dan gourdam.

Pengunjung yang akan masuk ke Goa Buniayu akan diberikan perlengkapan khusus oleh petugas, seperti helm, sarung tangan, sepatu boot, wearpack anti air dan peralatan lainnya. Namun, wisatawan juga disarankan untuk membawa baju ganti karena di dalam gua ada tetesan air yang bisa saja mengenai pakaian.

Writer: Octa

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com