Dosen Lupa Input data, Mahasiswa Satu Angkatan di Sukabumi Dapat Nilai E

Jumat 18 Agustus 2023, 21:14 WIB
Ilustrasi. Puluhan mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2021 UMMI Sukabumi dirugikan usai dapat nilai E yang diduga akibat kelalaian dosen. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Puluhan mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2021 UMMI Sukabumi dirugikan usai dapat nilai E yang diduga akibat kelalaian dosen. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMMI) Kota Sukabumi, merasa dirugikan usai jadi korban kelalaian dosennya. Setidaknya terdapat 51 mahasiswa prodi Teknik Sipil angkatan 2021 atau Semester 4 yang mendapat nilai E.

Para mahasiswa tersebut mendapat nilai E pada mata kuliah Struktur Baja dan Analisa Struktur 2. Hal ini pun diungkap oleh SP (22 tahun) salah satu mahasiswa yang menyebut dosen terkait telat mengunggah daftar nilai dalam Sistem Informasi Akademik (SIAK) di laman UMMI.

"Dosen pengampu mata kuliah tersebut sudah mempunyai nilai yang sebenarnya. Menurut penjelasan yang saya dapatkan, bahwa dosen mata kuliah tersebut telat upload sehingga pada SIAK nilai saya E, begitupun teman seangkatan saya," ujar SP kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan telepon, Jumat (18/8/2023).

SP menuturkan, kejadian ini bermula ketika salah satu mahasiswa prodi Teknik Sipil angkatan 2021 mendapat nilai E pada dua mata kuliah yakni Struktur Baja dan Analisa Struktur 2 di SIAK pada 14 Agustus 2023 kemarin. Kemudian dengan serentak, mahasiswa lainnya mengecek situs tersebut dan mendapatkan hasil yang sama.

Baca Juga: Pelanggaran di Kampus, Pemerintah Cabut Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi

Setelah mengetahui nilai dua mata kuliah mereka E, para mahasiswa berusaha mengkonfirmasi kepada dosen yang bersangkutan, akan tetapi mereka mendapati jawaban yang membuat mereka merasa khawatir akan keberlangsungan pendidikannya. Jawaban tersebut mereka dapatkan melalui pesan singkat di media perpesanan whatsapp.

Menurut sang dosen, alasan adanya nilai E di dua mata kuliah yang diampu para mahasiswa Prodi Teknik Sipil angkatan 2021 itu karena terjadinya miskomunikasi mengenai tanggal unggah terakhir nilai mahasiswa.

Pesan ini juga diunggah ulang oleh akun instagram Unit Pers Mahasiswa UMMI. Berikutnya pesannya

"Assalaamualaikum wr wb. Sebelumnya mohon maaf atas upload nilai yg terlambat. Karena ada misskomunikasi mengenai tanggal upload terakhir, jadi nilai belum terupload ke SIAK (Sistem Informasi Akademik). Saya sudah berusaha minta kebijakan akademik sampai WR. 1 untuk upload nilai, tapi ternyata tidak bisa dibantu, kecuali hanya mahasiswa yang sebentar lagi akan wisuda saja. Mungkin kebijakannya terbatas hanya sampai disitu. Untuk nilai akan saya tayangkan. Namun sayang harus input krs lagi di semester yang bersangkutan, nilainya tinggal update buat yang sudah lulus. Bagi yang akan wisuda semester ini atau semester depan silakan menghubungi akademik supaya terupload. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis dosen yang bersangkutan kepada mahasiswa.

Menurut SP, dengan adanya kejadian ini para mahasiswa merasa khawatir. Pasalnya, akan memaksa mereka untuk mengulang dua mata kuliah tersebut di tahun depan. Tak hanya itu, para mahasiswa juga merasa dirugikan, sebab total beban dua mata kuliah tersebut sebesar 7 SKS yang tentu akan mempengaruhi nilai Indeks Prestasi (IP).

"Kita disuruh mengambil di Semester 6. Kita kan dari semester 4 kemarin tuh ngambil di dosen tersebut tuh 7 SKS dua mata kuliah, nah kebetulan kita tuh nilainya pada bagus cuman dosennya itu telat menginput ke Dikti, jadi kita nilainya E semua," kata dia.

"Itu doang jumlahnya 7 SKS bobotnya kan gede tuh. Apalagi kan harus diambil lagi di semester 6 jadi kan mahasiswa tuh nambah 1 tahun. Susah lah kan minimal beban SKS tuh yang IPK nya 3 aja udah 24 (SKS) itu syaratnya 3 ke atas (IP) kalau di bawah 3 karena bobotnya gede terus nilai kita E otomatis IP kita rata di 2," tandasnya.

Baca Juga: Bersihkan Pantai, Dispar Kabupaten Sukabumi Apresiasi Mahasiswa UMMI

Tanggapan Pihak Kampus

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris UPT Humas, Promosi dan PMB UMMI, Sigit Senjaya mengklaim bahwa persoalan itu sudah selesai dan pihaknya juga memastikan telah memberikan sanksi berupa teguran lisan kepada dosen terkait.

"Permasalahan ini sebetulnya sudah selesai dan si dosennya pun sudah meminta ke admin websitenya untuk dilakukan penginputan ulang. Nah kemarin itu si dosennya bukan karena sengaja memberikan nilai E, tapi lupa menginput nilai," ungkap Sigit.

Ia pun menjelaskan duduk persoalan tersebut dikarenakan dosen yang bersangkutan lupa tanggal penginputan nilai di sistem SIAK yang seharusnya di upload pada tanggal 4 Agustus 2023 menjadi tanggal 8 Agustus.

"Permasalahannya adalah, si dosen itu lupa untuk menginput nilai, dikira penutupan penginputan nilai itu tanggal 8 (Agustus) padahal terakhir penutupan penginputan nilai itu tanggal 4 sehingga ketika si dosen ini lupa untuk melakukan penginputan nilai maka ketika sistem itu di tutup, otomatis dilihat oleh mahasiswa itu nilainya E," jelas dia.

Kendati demikian, pihaknya memastikan bagi mahasiswa tidak perlu khawatir dan tidak perlu dipermasalahkan lagi karena semuanya sudah selesai.

"Nggak jadi masalah (IP) karena itu telat input aja. (Mahasiswa ga perlu ngambil SKS lagi). Nggak jadi masalah itu mah telat nginput aja. Nanti juga kalau sudah diinput lagi nilainya akan sesuai. nggak sih, telat input aja, di Diktinya juga udah aman. Nanti berubah ketika si dosennya sudah menginput," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)