Mahasiswa UMMI Dalami Reforma Agraria di Lengkong Sukabumi

Jumat 26 Mei 2023, 22:48 WIB
Mahasiswa UMMI Dalami Reforma Agraria di Lengkong Sukabumi | Foto : Ragil G

Mahasiswa UMMI Dalami Reforma Agraria di Lengkong Sukabumi | Foto : Ragil G

SUKABUMIUPDATE.com - Proses perpanjangan HGU PT Djaja Sindu Agung di Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi saat ini masuk dalam proses persiapan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Tegallega, Fuad Abdul Latif dihadapan sejumlah mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sukabumi (Mahasiswa UMMI) kelas Administrasi Pertanahan Program Studi Ilmu Administrasi Publik dalam kegiatan Kuliah Lapangan, bertempat di aula kantor Desa Tegallega, Jumat (26/5/2023).

Selain Kepala Desa Tegallega, hadir juga Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman, SPI Sukabumi, dan pengurus Paguyuban Jampang Tandang Makalangan (PJTM).

"Kami diminta sebagai narasumber, dan memberikan tanggapan atau informasi terkait proses perpanjangan HGU yang dilakukan oleh Pemdes," ucap Fuad Abdul Latif kepada Sukabumiupdate.com.

Sesuai dengan kewenangan dan kapasitas kami, pihak Pemdes, kata Fuad, memberikan informasi profil desa, dan kondisi terkini terkait perpanjangan HGU PT Djaja Sindu Agung.

Merujuk Perpres No 86 tahun 2018 pasal 7 dan pasal 8 saat ini masuk dalam persiapan, seperti pendataan subjek, objek dan pemberkasan.

"Akan tetapi sebenarnya yang kami tunggu atau belum mendapatkan informasi pelimpahan dari Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA provinsi ke GTRA Kabupaten. Tentu pada dasarnya kami juga sedang menunggu surat atau intruksi dari kabupaten, hanya saja, karena kami hapal betul kondisi dilapangan, maka secara mandiri kami melakukan persiapan supaya nanti surat atau ada intruksi dari kabupaten, tinggal mengeksekusi," terangnya.

"Jadi masalah HGU PT Djaja Sindu Agung, kami sudah melihat ada SKnya dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang, dengan mencabut HGUnya yang semula 1500 haktar, dan diberikan kembali lagi HGUnya 1300 haktar, jadi sudah dikeluarkan yang 20 persen, luar dari Fasos dan Fasum," terangnya.

Sementara Ketua Komisi I, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Paoji Nurjaman mengatakan pada intinya para mahasiswa mau tahu sejauhmana reforma agraria di Kabupaten Sukabumi, juga peran dari semua stekholder baiik Pemdes, kecamatan, dan GTRA Kabupaten Sukabumi.

"Di Kabupaten Sukabumi ini ada sekitar 56 perkebunan dan PTPN, dari jumlah tersebut ada yang habis HGU dan HGBnya, juga ada yang sedang proses perpanjangan. Tentunya kami mengapresiasi adanya kegiatan kuliah lapangan tersebut, agar mahasiswa tahu betul dan bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam proses perpanjangan tidak semudah membalikan telapak tangan, namun kami sebagai fungsi pengawasan agar semua pihak menempuh proses sesuai prosedur," jelas Paoji

Menurut Paoji, semuanya sudah diatur baik dalam Perpres, Permen, juga kami akan membuat Perda terkait pemanfaatan lahan kosong. "Yang paling utama adalah GTRA Kabupaten Sukabumi agar cepat merespon, karena kalau dibiarkan berlarut-larut dalam menuntaskan permasalahan HGU dan HGB, ini akan menimbulkan konflik," imbuhnya.

PT Djaja Sindu Agung merupakan perusahan perkebunan yang bergerak pada komoditi cengkeh, teh, serta karet dengan luas HGU 1580 hektar. Adapun masa HGU-nya dari 25 Juli 2009 hingga 31 Desember 2022. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)