Kampus Negeri atau Swasta? Sekilas tentang Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Senin 07 Agustus 2023, 16:42 WIB
Suasana di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). (Sumber : Dokumentasi Pribadi UAJY)

Suasana di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). (Sumber : Dokumentasi Pribadi UAJY)

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Yogyakarta yang kerap menjadi incaran calon mahasiswa. Namun, sering muncul pertanyaan mengenai status UAJY, apakah termasuk universitas negeri atau swasta.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kemdikbud, UAJY tergolong sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UAJY menduduki peringkat keenam dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik versi Quacquarelli Symonds (QS) Asian University Rankings (AUR) tahun 2022.

Selain itu, UAJY menduduki peringkat ketiga sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings.

Adapun kategori yang digunakan dalam pemeringkatan tersebut antara lain adalah kualitas publikasi, jumlah kolaborasi internasional, dan inovasi serta penciptaan paten yang berdampak pada sosial dan kemasyarakatan.

Baca Juga: Disdikbud Bicara Soal Mahasiswa dan Program Kampus Mengajar di Kota Sukabumi

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, UAJY telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tak hanya itu, hampir semua program studi yang ditawarkan oleh UAJY telah mendapatkan akreditasi A.

Tak kalah dengan perguruan negeri yang banyak bertebaran, UAJY bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas swasta di Jogja. Kampus ini menawarkan 6 fakultas dengan 13 program studi sarjana dan 7 program studi pascasarjana.

Enam fakultas tersebut meliputi Fakultas Teknik (FT), Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknobiologi (FT), Fakultas Teknologi Industri (FTI), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Fakultas Teknik menawarkan program studi Teknik Sipil dan Arsitektur. Fakultas Bisnis dan Ekonomika menawarkan program studi Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Sementara itu, Fakultas Hukum menyediakan satu program studi Hukum.

Selanjutnya, Fakultas Teknobiologi menawarkan dua program studi, yaitu Biologi dan Teknologi Pangan. Fakultas Teknologi Industri menawarkan program studi Teknik Industri, Informatika, dan Sistem Informasi. Terakhir, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyediakan program studi Ilmu Komunikasi dan Sosiologi.

Selain memiliki 6 fakultas, UAJY juga memiliki Program Internasional. Meliputi International Business Management Program, International Undergraduate Program in Business Accounting, International Civil Engineering Program, International Industrial Engineering Program, dan International Communication Program.

Menyediakan berbagai program studi bagi calon mahasiswa, UAJY juga memberikan banyak fasilitas bagi mahasiswanya. Mulai dari Wi-Fi untuk menunjang proses perkuliahan, beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan atau berprestasi, relasi dengan instansi di dalam dan luar negeri, unit kegiatan mahasiswa (UKM), laboratorium, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ragu memilih kampus swasta karena masalah biaya, jangan khawatir. Pasalnya, dibanding dengan perguruan tinggi swasta lainnya, UAJY masuk dalam kategori universitas di jogja yang murah.

Kisaran biaya kuliah yang perlu Anda siapkan jika masuk ke UAJY adalah kisaran Rp4-16,4 juta per semesternya. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) ini berbeda-beda bergantung dengan program studi yang Anda pilih.

Akreditasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Menurut SK dengan Nomor 335/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, UAJY telah meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini diberikan mulai tahun 2023 dan akan berlaku hingga tanggal 28 Maret 2028.
Cara Cek Akreditasi Kampus

Cara cek akreditasi kampus dapat dilakukan dengan mengakses halaman web Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Di laman ini, Anda dapat melihat akreditasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut ini.

- Buka situs BAN-PT di https://www.banpt.or.id/
- Pilih menu ‘Data Akreditasi’
- Klik ‘Institusi (terkini)’
- Masukkan nama perguruan tinggi yang dicari di kolom pencarian yang tersedia
- BAN-PT akan menampilkan data akreditasi yang Anda dicari

Selain dapat melihat akreditasi kuliah, Anda juga bisa mengakses data akreditasi program studi (prodi) di kampus impian. Lantas bagaimana caranya?

- Buka situs BAN-PT di https://www.banpt.or.id/
- Pilih menu ‘Data Akreditasi’
- Klik ‘Institusi (terkini)’
- Masukkan nama perguruan tinggi dan prodi yang dicari di kolom pencarian yang tersedia
- BAN-PT akan menampilkan data akreditasi yang Anda cari

(ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait Berita Terkini
Kecantikan02 Desember 2023, 12:00 WIB

7 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Masker kentang bisa digunakan secara rutin minimal 3 kali per minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat masker kentang untuk wajah salah satunya adalah bisa mencerahkan kulit.
Ilustrasi. Potato | Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi02 Desember 2023, 11:22 WIB

Minta Keterbukaan Pembangunan, Warga Segel Kantor Desa di Kabandungan Sukabumi

Polisi menyebut aksi unjuk rasa dan penyegelan dilakukan spontan.
Penyegelan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 Desember 2023. | Foto: Istimewa
Life02 Desember 2023, 11:00 WIB

9 Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan

Sikap anak dengan masalah kepribadian wajib diperhatikan orang tua agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan. Ayah bunda harus peka ketika anak menunjukkan sikap dan perilaku tidak normal seperti seharusnya.
Ilustrasi. Anak-anak | Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:46 WIB

Jaga Netralitas ASN dan Perangkat Desa, Panwaslu Cidadap Sukabumi Rakor Pemilu

Rakor ini untuk menjalankan fungsi dan tugas Panwaslu, terutama karena sudah dimulainya tahapan Pemilu 2024.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (1/12/2023). | Foto: Istimewa
Cek Fakta02 Desember 2023, 10:30 WIB

Kemenkominfo Take Down Ratusan Konten Hoaks tentang Pemilu

Meski penyebaran isu hoaks cukup masif, namun tidak semua konten akan diturunkan.
(Foto Ilustrasi) Kemenkominfo telah mengidentifikasi 355 konten yang mengandung 96 isu hoaks terkait pemilu di berbagai platform media sosial. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:12 WIB

Punya 62 TPS, Panwaslu Cidadap Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Persiapan dan koordinasi perlu untuk melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsi.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (2/12/2023). | Foto: Istimewa
Sehat02 Desember 2023, 10:00 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Buah adalah salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.
Ilustrasi -7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari (Sumber : Freepik)
Food & Travel02 Desember 2023, 09:00 WIB

Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya
Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya (Sumber : Instagram/@batureaph)
Food & Travel02 Desember 2023, 08:00 WIB

Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur

Rogan Soup menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang bisa menjadi buruan kamu saat berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Barat tersebut
Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur (Sumber : YouTube)
Science02 Desember 2023, 07:00 WIB

Cuaca Jabar 2 Desember 2023, Yuk Cek Dulu Sebelum Pergi Berlibur!

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023 | Foto: Unplash