Kampus Negeri atau Swasta? Sekilas tentang Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Senin 07 Agustus 2023, 16:42 WIB
Suasana di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). (Sumber : Dokumentasi Pribadi UAJY)

Suasana di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). (Sumber : Dokumentasi Pribadi UAJY)

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Yogyakarta yang kerap menjadi incaran calon mahasiswa. Namun, sering muncul pertanyaan mengenai status UAJY, apakah termasuk universitas negeri atau swasta.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kemdikbud, UAJY tergolong sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UAJY menduduki peringkat keenam dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik versi Quacquarelli Symonds (QS) Asian University Rankings (AUR) tahun 2022.

Selain itu, UAJY menduduki peringkat ketiga sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings.

Adapun kategori yang digunakan dalam pemeringkatan tersebut antara lain adalah kualitas publikasi, jumlah kolaborasi internasional, dan inovasi serta penciptaan paten yang berdampak pada sosial dan kemasyarakatan.

Baca Juga: Disdikbud Bicara Soal Mahasiswa dan Program Kampus Mengajar di Kota Sukabumi

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, UAJY telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tak hanya itu, hampir semua program studi yang ditawarkan oleh UAJY telah mendapatkan akreditasi A.

Tak kalah dengan perguruan negeri yang banyak bertebaran, UAJY bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas swasta di Jogja. Kampus ini menawarkan 6 fakultas dengan 13 program studi sarjana dan 7 program studi pascasarjana.

Enam fakultas tersebut meliputi Fakultas Teknik (FT), Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknobiologi (FT), Fakultas Teknologi Industri (FTI), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Fakultas Teknik menawarkan program studi Teknik Sipil dan Arsitektur. Fakultas Bisnis dan Ekonomika menawarkan program studi Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Sementara itu, Fakultas Hukum menyediakan satu program studi Hukum.

Selanjutnya, Fakultas Teknobiologi menawarkan dua program studi, yaitu Biologi dan Teknologi Pangan. Fakultas Teknologi Industri menawarkan program studi Teknik Industri, Informatika, dan Sistem Informasi. Terakhir, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyediakan program studi Ilmu Komunikasi dan Sosiologi.

Selain memiliki 6 fakultas, UAJY juga memiliki Program Internasional. Meliputi International Business Management Program, International Undergraduate Program in Business Accounting, International Civil Engineering Program, International Industrial Engineering Program, dan International Communication Program.

Menyediakan berbagai program studi bagi calon mahasiswa, UAJY juga memberikan banyak fasilitas bagi mahasiswanya. Mulai dari Wi-Fi untuk menunjang proses perkuliahan, beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan atau berprestasi, relasi dengan instansi di dalam dan luar negeri, unit kegiatan mahasiswa (UKM), laboratorium, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ragu memilih kampus swasta karena masalah biaya, jangan khawatir. Pasalnya, dibanding dengan perguruan tinggi swasta lainnya, UAJY masuk dalam kategori universitas di jogja yang murah.

Kisaran biaya kuliah yang perlu Anda siapkan jika masuk ke UAJY adalah kisaran Rp4-16,4 juta per semesternya. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) ini berbeda-beda bergantung dengan program studi yang Anda pilih.

Akreditasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Menurut SK dengan Nomor 335/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, UAJY telah meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini diberikan mulai tahun 2023 dan akan berlaku hingga tanggal 28 Maret 2028.
Cara Cek Akreditasi Kampus

Cara cek akreditasi kampus dapat dilakukan dengan mengakses halaman web Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Di laman ini, Anda dapat melihat akreditasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut ini.

- Buka situs BAN-PT di https://www.banpt.or.id/
- Pilih menu ‘Data Akreditasi’
- Klik ‘Institusi (terkini)’
- Masukkan nama perguruan tinggi yang dicari di kolom pencarian yang tersedia
- BAN-PT akan menampilkan data akreditasi yang Anda dicari

Selain dapat melihat akreditasi kuliah, Anda juga bisa mengakses data akreditasi program studi (prodi) di kampus impian. Lantas bagaimana caranya?

- Buka situs BAN-PT di https://www.banpt.or.id/
- Pilih menu ‘Data Akreditasi’
- Klik ‘Institusi (terkini)’
- Masukkan nama perguruan tinggi dan prodi yang dicari di kolom pencarian yang tersedia
- BAN-PT akan menampilkan data akreditasi yang Anda cari

(ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)