Cerita Mistik Gua Gunung Sungging Surade Sukabumi

Selasa 15 Agustus 2023, 17:40 WIB
Tangga menuju pintu masuk menuju Gua Gunung Sungging Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Tangga menuju pintu masuk menuju Gua Gunung Sungging Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Gua Gunung Sungging yang berada di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, dengan pemandangannya yang eksotis, selain memiliki cerita historis perjuangan juga memiliki cerita mistik. Beberapa orang yang pernah menjadi kuncen di Goa Gunung Sungging menceritakan pengalamannya kepada tokoh Pajampangan Ki Kamaludin (72 tahun).

Goa Gunung Sungging terletak di Kampung Cigintung, Desa Gunung Sungging, Kecamatan Surade. Lokasinya hanya sekitar 4 kilometer dari Kantor Kecamatan Surade.

Seperti cerita Aki Ubing, kuncen pertama Gua Gunung Sungging tahun 1924-1976. Ia menceritakan bahwa didalam goa sering terdengar murwa wayang golek dari suara dalang Raden Sungging Pranawiyana, suara tabuhan gamelan, terkadang suara kendang penca atau suara jaligor (seni jaligor) yaitu suara kendang, angklung buncis, dan dogdog.

Baca Juga: 15 Agustus Hari Relaksasi Nasional. Ini Manfaat Bersantai Untuk Kesehatan

"Suara suara gamelan tersebut terdengar terutama pada malam Kamis, tapi kadang kadang malam lain pun sering terdengar," tutur Ki Kamaludin.

Namun, lanjut Ki Kamaludin, ada beberapa kuncen seperti kuncen Ki Etab dan kuncen Muhyidin tidak menyebutkan. Akan tetapi ada cerita dari kuncen lainnya R Aji Gunawan, mengatakan penghuni dari Goa Gunung Sungging diantaranya seperti Prabu Jagahutang, Prabu Haruhuh (juga disebut oleh bapak Ajie Makmun Kepala Desa Gunungsungging pertama tahun 1982-1994 menyebutkan Prabu Haruhuh sebagai penghuni goa).

"Prabu Haruruh berasal dari Pajajaran merupakan raja-raja daerah Raja Mandala Cipamingkis- Gunung Walat-Cibadak. Prabu Haruhuh juga merupakan raja dari daerah Pajajaran, kerajaan Mandala Mandiri (Cimandiri), kerajaan Mandalika Sukamantri Padabeunghar, Gununggeulis Cikembar," kata Ki Kamaludin mengisahkan.

Baca Juga: Gua Gunung Sungging Sukabumi, Pesona Alam dan Cerita Persembunyian Seinendan

Fakta lainnya, menurut Ki Kamaludin, Goa Gunung Sungging selain terdapat batuan, di dalam Goa Gunung Sungging juga terdapat aliran sungai. Goa ini memilik area dalam yang panjang dan cukup luas, bahkan dulu bisa menampung para gerilyawan hingga 300 orang lebih.

Penampakan batu-batu di dalam Goa Gunung Sungging Surade Sukabumi | Foto : Dok.SUPenampakan batu-batu di dalam Goa Gunung Sungging Surade Sukabumi | Foto : Dok.SU

Gua Gunung Sungging erat kaitannta dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa Jepang.

Ki Kamaludin mengungkapkan ketika terjadi pertempuran di Cikarang (sekarang perbatasan Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, dengan Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap), siswa SR disuruh oleh Jepang berjuang menyerang Belanda yang bermarkas di Ujunggenteng. 

Baca Juga: Hadapi Musim Kemarau, Perumdam TJM Purabaya-Sagaranten Sukabumi Pastikan Air Aman

Saat ada serangan Belanda, kata Ki Kamaludin pasukan Seinendan mundur dan bermarkas di Cikujang, Desa Gunung Sungging, tepatnya di depan rumah Ki Owar di bawah pohon mangga. Lalu bersembunyi ke Goa Gunung Sungging. Tahun 1945 dipimpin Letnan Saptaji yang bermarkas di Jipun (Cikaso), di kaki Gunung Kancana Cikaso.

"Goa Gunung Sungging ini terdiri 3 tingkatan; tingkat dasar paling bawah ada 7 lorong gua yang menembus ke arah utara sampai ke Cimahi Desa Citanglar, dan Goa Gerendel sebelah selatan SMAN Surade, tingkat kedua ada 14 lorong tapi jalan buntu. Dan tingkat paling atas ada 3 lorong (tempat bale pertemuan)," terangnya.

Saat ini, sambung Ki Kamaludin, Gua Gunung Sungging kondisinya lagi penataan, setelah hampir 1,5 tahun pengurusnya atau kuncen meninggal dunia. Menurut info sama pihak desa sedang ditata kembali," pungkasnya.

Baca Juga: BPBD Catat 5 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi Kekeringan, 2.536 KK Terdampak

Gua Gunung Sungging sempat viral dan banyak dikunjungi wisatawan, penampilan ukiran batuan alami yang ada dalam goa terbilang menakjubkan. Setiap batu punya bentuk yang unik. Ada yang bentuknya mirip buaya, kuda, badak, dan gajah. Tak heran, jika keberadaan goa ini dikaitkan dengan beragam cerita mistis.

Untuk mengunjungi tempat ini, ada baiknya para pengunjung membawa alat penerangan sendiri. Tiket masuk ke Gua Gunung Sungging.

Bahkan, pada suatu kesempatan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami sempat meninjau lokasi Situs Purbakala yang berada di Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Sabtu (09/01/2021). Kampung itu disebut-sebut sebagai lokasi penemuan gigi hiu megalodon.

Baca Juga: Dago Elos Mencekam, Ini Duduk Perkara Sengketa Tanah Warga vs Keluarga Muller

Di sekitar kampung tersebut terdapat sebuah goa (yakni Goa Gunung Sungging) yang didalamnya kerap ditemukan fosil gigi hiu megalodon. Selain itu, fosil kerang purba berusia jutaan tahun juga dipercaya tersebar di sekitar Desa Gunung Sungging.

Atas temuan-temuan itu, kawasan goa di Desa Gunung Sungging akan dijadikan cagar alam geologi. Hal ini perlu dilakukan untuk melestarikan peninggalan sejarah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Mei 2024, 11:15 WIB

Catat Bun, 8 Jenis Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Melimpah

Jika Anda adalah ibu yang menyusui, menambahkan makanan yang sehat ini ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu Anda dan bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.
Ibu menyusui memerlukan berbagai nutrisi agar produksi ASI melimpah (Sumber : pexels.com/@Georgemilton)
Sukabumi15 Mei 2024, 11:11 WIB

Pj Wali Kota Sukabumi Jelaskan Soal Perundang-undangan di Bimtek DPUTR

Kusmana menekankan pentingnya pemahaman tentang perundang-undangan.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memberikan materi dalam bimtek DPUTR. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life15 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Kebiasaan Baik Orang Sukses yang Menunjang Kesuksesan Hidupnya, Coba Lakukan!

Meskipun kebiasaan-kebiasaan baik orang sukses ini dapat mendukung kesuksesan, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jalan yang berbeda untuk mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi - Kebiasaan Baik Orang Sukses yang Menunjang Kesuksesan Hidupnya (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Sukabumi15 Mei 2024, 10:48 WIB

Akhirnya Diperbaiki, Lubang Besar Menganga di Balandongan Sukabumi

Pengguna jalan mengaku bersyukur atas perbaikan ini.
Perbaikan lubang besar yang menganga di tengah Jalan Balandongan, Kelurahan Sudajayahilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat15 Mei 2024, 10:30 WIB

Rendah Lemak, 7 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Produk susu rendah lemak atau non-lemak, seperti susu skim, yogurt rendah lemak, dan keju rendah lemak, merupakan sumber kalsium dan protein yang baik tanpa kandungan lemak jenuh yang tinggi.
Tumis Bayam. Makanan Rendah Lemak yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : via MAHI)
Sukabumi15 Mei 2024, 10:26 WIB

Termasuk di Minimarket, 41 Juru Parkir Liar di Kota Sukabumi Ditertibkan Aparat

Juru parkir liar yang terjaring operasi dibawa ke Mapolres Sukabumi Kota.
Operasi penertiban juru parkir liar di Kota Sukabumi, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life15 Mei 2024, 10:15 WIB

10 Penyebab Stres Saat Menyusui Yang Perlu Diketahui, Yuk Para Ibu Terapkan

Stres adalah reaksi dan respons alami tubuh terhadap perubahan. Merasa stres dari waktu ke waktu adalah hal yang wajar, bahkan karena hal ini bisa terjadi karena peristiwa positif sekalipun.
Stres saat menyusui akan mempengaruhi kualitas ASI (Sumber : pexels.com/@Sarahchai)
Life15 Mei 2024, 10:00 WIB

6 Latihan Sederhana Ini Dapat Membantu Anak Tumbuh Tinggi, Bunda Harus Tahu!

Beberapa latihan sederhana sangat efektif untuk menambah tinggi badan anak.
Ilustrasi - Beberapa latihan sederhana sangat efektif untuk menambah tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Sehat15 Mei 2024, 09:30 WIB

6 Makanan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Meskipun kolesterol dalam makanan tidak memiliki dampak sebesar lemak jenuh dalam meningkatkan kadar kolesterol LDL, tetap penting untuk memperhatikan asupan kolesterol.
Ilustrasi. Kue Cemilan Manis.  | Contoh Makanan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol. Sumber: Freepik
Sukabumi15 Mei 2024, 09:24 WIB

BAPPEDA Libatkan Banyak Pihak Susun Dokumen RADPG Kota Sukabumi

FGD ini merupakan tahapan terpenting dalam penyusunan dokumen RADPG.
BAPPEDA Kota Sukabumi menggelar FGD penyusunan dokumen RADPG pada Selasa, 14 Mei 2024 di Goalpara Tea Park. | Foto: Website Pemkot Sukabumi