Penjelasan Polisi dan Keluarga: Heboh Culik Anak di Cisaat Sukabumi, Dua Sejoli Diamuk Warga

Rabu 31 Mei 2023, 22:43 WIB
Tangkapan layar video viral dua sejoli babak belur dihajar warga di Kecamatan Cisaat, Sukabumi gegara dituding penculik anak. (Sumber : Istimewa)

Tangkapan layar video viral dua sejoli babak belur dihajar warga di Kecamatan Cisaat, Sukabumi gegara dituding penculik anak. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pria dan wanita menjadi sasaran amuk warga karena diduga pelaku penculikan anak. Peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Rabu (31/5/2023).

Cuplikan video ketika pria dan wanita itu menjadi bulan-bulanan massa beredar luas di media sosial serta grup whatsapp warga Sukabumi. Kini pria dan wanita yang merupakan sejoli atau sepasang kekasih itu sudah diamankan di Polsek Cisaat.

Peristiwa dugaan penculikan anak ini terjadi di Kampung Cibatu Caringin RT 30/5, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat pada Rabu sekitar pukul 13.00 WIB.

Saat itu ada seorang anak laki-laki berusia 3 tahun yang sedang berada di depan rumah digendong dan dibawa pergi ke arah jalan raya oleh pria berinisial K (31 tahun).

Baca Juga: Marak Isu Penculikan Anak, Ketua DPRD Sukabumi Ingatkan soal Hoaks dan Peran Ortu

Ketika di jalan raya, ada warga yang mengenali anak tersebut dan disaat bersamaan datang bibi anak tersebut. Pria itu sempat mempertahankan anak tersebut lalu terjadi tarik menarik. Kemudian warga berdatangan hingga mengerumuni pria dan wanita tersebut. Tak diketahui siapa yang awalnya melayangkan pukulan.

Ketua RT 31 Kampung Cibatu Caringin Eman menyatakan, pria itu sempat salat di masjid yang berada dekat rumah anak laki-laki itu. Saat itu Eman menjadi imam dan pria menjadi makmumnya.

Eman mengatakan kalau pria itu datang bersama seorang wanita. Usai salat, Eman yang berada di halaman masjid melihat pria itu menggendong anak itu dan langsung pergi. Eman tak menyangka kalau anak yang dibawa itu adalah cucunya.

“Pria itu menggendong anak lalu pergi, saya tidak tahu kalau yang dibawa itu anak disini,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Bu Siti Punya 2 Suami Muda, Rutin Mandi Kembang Setiap Malam Jumat

Adapun wanita yang bersama pria itu masuk ke gang rumah. Sesaat setelah itu si wanita datang mencari pria tersebut. Tak lama setelah itu, pria itu datang lalu mengajak wanita itu pergi ke arah jalan.

“Kemudian saya dengar ramai di depan kalau pria dan wanita itu menculik anak. Dari sana warga ramai-ramai pergi ke depan (jalan raya),” katanya.

Kapolsek Cisaat Kompol Deden Sulaeman membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia menyatakan pria dan wanita yang diduga penculik itu masih diamankan di Mapolsek Cisaat.

Baca Juga: Bu Siti Bersuami 2 Viral! Ini 5 Negara yang Perbolehkan Praktik Poliandri

“Bahwa tadi adanya seseorang yang terduga membawa lari anak kemudian pada saat digebukin, kebetulan saat itu ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa sehingga langsung diamankan,” ujarnya.

Menurut dia, sebelum kejadian ini, pria dan wanita datang menggunakan motor ke sebuah bengkel di seberang lokasi terjadi dugaan penculikan. Deden menyatakan kedatangan pria itu ke bengkel tujuannya mau mengenalkan wanita yang dibawanya kepada pemilik bengkel.

“Kepada pemilik bengkel si pria menyebut kalau wanita itu calon istrinya,” kata Deden.

Baca Juga: Kenapa Poliandri Sepeti Bu Siti Dilarang Tapi Poligami Diperbolehkan?

Deden menjelaskan pria itu tidak punya ikatan saudara dengan pemilik bengkel tersebut, hanya mengenal saja. Setelah dari bengkel, pria dan wanita itu kemudian pergi ke masjid lalu terjadilah dugaan penculikan anak tersebut.

Deden menjelaskan anak itu sudah digendong terduga pelaku sejauh 30 meter dari lokasi kejadian.

“Usai salat ada anak kecil langsung diambil dan ketahuan oleh keluarga anak itu dan ditarik oleh keluarga korban,” ujarnya.

Baca Juga: Inilah 5 Dampak Buruk Poliandri Seperti Kisah Bu Siti Bagi Pelakunya

Deden mengatakan, pria itu berasal dari Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi dan perempuannya berasal dari Surade.

Menurut Deden, pria tersebut pernah mendapat perawatan di RSUD R Syamsudin SH pada 2021 karena depresi. Hal itu seperti yang tertulis di surat hasil pemeriksaan dokter yang diserahkan orang tua K kepada polisi.

“Saat ini kami mendalami hal-hal yang berkaitan dengan dugaan membawa lari anak dibawah umur ini dan secepatnya kami akan melakukan pemeriksaan kembali ke dokter RSUD R Syamsudin SH untuk memastikan apakah yang bersangkutan masih mengalami gangguan jiwa atau bagaimana,” ujarnya.

Baca Juga: Bikin Bu Siti Bersuami 2 Viral, Siapa Ki Bungsu Kawangi?

Sementara itu, J (61 tahun) menyatakan kalau anaknya K memang pernah dirawat di RSUD R Syamsudin SH akibat depresi. Menurut dia, K depresi setelah istrinya meninggal dunia akibat sakit pada 2021 lalu. K memiliki 3 orang anak.

Terkait dugaan penculikan ini, J menyatakan tak mengetahui pasti kenapa anaknya melakukan hal tersebut. “Usai sembahyang di masjid melihat anak kecil lalu digendong lalu diteriaki culik-culik,” ujarnya.

J membenarkan kalau anaknya ketika bersama seorang wanita. Menurut J, wanita itu memang benar pacar anaknya. Selain itu J mengatakan, sehari-hari anaknya bekerja dikebun. Adapun wanita itu kerja sebagai pengasuh yang berada tak jauh dari rumah K.

“Wanita itu asal Surade dan bekerja di tetangga sebagai pengasuh,” katanya.

Bahkan saat itu K bersama wanita itu hendak pergi ke amil untuk mengurus NA.

Atas kejadian yang dilakukan anaknya, J meminta maaf kepada pihak keluarga anak yang diduga akan diculik dan warga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra