Singgung Dana BOS, Oknum Wartawan Dilaporkan karena Hina Ketua MUI di Sukabumi

Kamis 06 April 2023, 11:53 WIB
Ketua MUI Bojongggenteng, Kabupaten Sukabumi, Ustaz Dadan Hamdani, bersama sejumlah warga di Polsek Bojonggenteng pada Rabu malam, 5 April 2023. | Foto: Istimewa

Ketua MUI Bojongggenteng, Kabupaten Sukabumi, Ustaz Dadan Hamdani, bersama sejumlah warga di Polsek Bojonggenteng pada Rabu malam, 5 April 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Oknum wartawan media online berinisial H diduga menghina dan mencaci Ketua MUI Bojongggenteng, Kabupaten Sukabumi, Ustaz Dadan Hamdani. Persoalan ini diawali oleh H yang menuding adanya penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah tingkat SMP yang dikepalai Ustaz Dadan Hamdani.

Pengurus Bagian Hukum MUI Kecamatan Bojonggenteng, Aka, mengatakan oknum wartawan itu mengirim pesan suara kepada Ustaz Dadan Hamdani yang berisi nada hinaan dan cacian pada Selasa, 4 April 2023. Sebelumnya, H menelepon Ustaz Dadan, namun tak terjawab lantaran Ustaz Dadan sedang berada di sekolah dan sedang dipadati kesibukan.

"Saat itu panggilan tidak terjawab karena beliau (Ustaz Dadan Hamdani) sedang sibuk. Ada sekitar lima kali telepon (pada Selasa sekira pukul 08.00 WIB). Tiba-tiba, H kirim pesan suara dengan meluapkan emosi dan melontarkan kata-kata kasar. Ustaz Dadan kemudian merasa tidak nyaman dengan tindakan orang itu," kata Aka pada Kamis (6/4/2023).

Baca Juga: Ada Oknum Wartawan dan Atlet, Polisi Tangkap 15 Bandar dan Pengedar Narkoba

Aka menilai H tidak pantas mengirimkan pesan suara seperti itu kepada Ustaz Dadan Hamdani. Diketahui, sebelum kalimat pesan suara itu keluar, Aka menyebut H menuding adanya penyalahgunaan dana BOS di sekolah tingkat SMP yang dikepalai Ustaz Dadan Hamdani. Alhasil, H kemudian meminta uang melalui telepon, meski berdalih tidak memaksa.

"H mengaku memegang Rencana Anggara Biaya (RAB), kemudian menyatakan akan ditulis pada website berita online yang dia geluti dan mengancam akan membawa Ustaz Dadan ke kejaksaan," katanya. "Bukan masalah minta uangnya, tapi bahasanya itu sudah menghina, mengancam, dan mencaci alim ulama," imbuh Aka.

Kabar pesan suara itu ramai setelah Ustaz Dadan Hamdani meneruskannya kepada Aka. Sejumlah warga dan simpatisan merasa prihatin terhadap kejadian ini. Mereka lalu berdatangan ke rumah Ustaz Dadan Hamdani, hingga sehari berikutnya atau pada Rabu, 5 April 2023, mendatangi rumah H di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi.

"Sehari setelah H mencaci, warga menghubungi kontaknya, tetapi tidak ada jawaban. Hingga berlanjut menggeruduk markasnya di wilayah Parungkuda dan mendatangi rumahnya di wilayah Nagrak. Namun hasilnya H tidak ditemukan," ujar Aka.

Dari pelacakan nomor telepon, Aka menyebut H ada di Cirebon pada Rabu kemarin sekira pukul 12.41 WIB. Adapun penyelesaian masalah ini, pihak Ustaz Dadan Hamdani bersama Aka dan elemen lainnya sudah melapor ke Polsek Bojonggenteng pada Rabu malam. Dua hal yang dilaporkan adalah dugaan pemerasan dan persoalan kata-kata kasar.

"Banyak yang datang ke polsek untuk mendampingi pelaporan. Ada sekitar 200 orang datang ke polsek sekira pukul 22.00 sampai 01.00 WIB (Kamis)," kata Aka.

Kapolsek Bojonggenteng Iptu Subarjo mengatakan untuk sementara korban sudah membuat pengaduan laporan dan pihaknya menerima laporan tersebut. "Tetapi laporan ini sudah dilimpahkan ke Polres Sukabumi sehingga untuk proses penyelidikan sudah bukan di Polsek Bojonggenteng," kata Iptu Subarjo.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment21 Februari 2024, 09:15 WIB

Jual 2 Mobil Cuma Dapat 10 Suara, Dede Sunandar Beda Nasib dengan Komeng

Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil.
Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil. (Sumber : Instagram/@dede_sunandar).
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)