TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Truk Menumpuk di TPA! Penyebab Sampah Warga Sukabumi Sempat Tak Diangkut

Truk dan angkutan sampah menumpuk di lokasi TPA, tak bisa menurunkan sampah yang sudah diangkut, karena alat berat rusak.

Penulis
Senin 28 Nov 2022, 19:39 WIB

Truk dan angkutan sampah menumpul di TPA Cimenteng Cikembar Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa hari terakhir, pelayanan angkut sampah di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terganggu. Sampah menumpuk di TPS akibat operasional truk angkutan ke TPA Ciangsana terganggu.

Deni Ardiansah, pengelola angkutan sampah warga Desa Kutajaya dan Tenjolaya mengungkapkan bahwa ada kendala pengelolaan sampah di TPA TPA Cimenteng, Kampung Ciangsana Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar. Sudah lebih dari 2 hari truk-truk sampah tidak beroperasi.

Truk dan angkutan sampah menumpuk di lokasi TPA, tak bisa menurunkan sampah yang sudah diangkut, karena alat berat rusak. “Alat berat untuk mengurai sampah mogok. sejak Jumat, 25 November 2022,” jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Jangan Bakar Sampah Sembarangan! Bahayanya Sama Seperti Asap Rokok?

Excavator yang bertugas mengurai sampah di TPA Cimenteng rusak hingga berampakpada lalu lintas angkut sampah. Sampah tidak bisa diturunkan dan di TPA Cimenteng.

"Ketika TPA ada kendala di alat beratnya, dampaknya tentu ke warga karena sampahnya tidak bisa diangkut. Jika hari ini, sampah belum bisa diangkut, mungkin tumpukan sampah di TPS pemukiman dan lokasi lainnya di wilayah Kabupaten Sukabumi tambah menumpuk,” lanjut Deni.

Beruntung hari ini, satu alat berat sudah kembali beroperasi sehingga sampah di TPA Cimenteng mulai bisa dikelola. Satu alat berat lainnya masih dalam proses perbaikan.

Baca Juga: 5 Langkah Zero Waste! 15,209.56 Ton Per Tahun Sampah di Sukabumi Dapat Dikurangi

Deni Ardiansah menjelaskan Excavator bertugas menarik sampah dari lokasi turun truk ke bak sampah TPA. Jika alat berat untuk menarik dan mengatur tumpukan sampah mogok, dipastikan TPA sulit beroperasi.

"Di TPA Cimenteng warga dapat membuang sampah langsung, atau yang dikelola oleh pemerintah dan dinas terkait," pungkasnya.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x