Sampah di Kota Sukabumi Capai 18,4 Ton, Ternyata ini Penyumbang Terbanyak!

Selasa 25 Oktober 2022, 19:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pada tahun 2021 timbunan sampah di Kota Sukabumi mencapai angka 18,4 ton. Data DLH mencatat sedikitnya ada 7 sektor penyumpang sampah di Kota Sukabumi.


Dari tahun ke tahun sampah terus bertambah, selama kehidupan ada. Permasalahan sampah saat ini bukan hanya tentang berapa banyak sampah yang dihasilkan, tapi bagaimana mengelola sampah yang dihasilkan.


Pengelolaan Sampah merupakan tugas seluruh insan di dunia tanpa terkecuali. Sampah dapat dikelola dengan berlandaskan pada ilmu yang dimiliki. Ilmu pengelolaan sampah salah satu nya dapat kamu peroleh dengan mendapatkan edukasi pengelolaan sampah yang benar.


Mengutip dari Komunikasi Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi telah melaksanakan sosialisasi Pengelolaan Sampah pada Senin, 17 Oktober 2022. Edukasi Pengelolaan Sampah dilakukan di Rumah Mesra dengan sasaran para pemilik toko di sepanjang Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.


Adapun edukasi tersebut memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah di masyarakat yang didasarkan pada empat poin penting.


Empat poin yang dimaksud yakni: (1) Ketersediaan tempat sampah terpilah, (2) Jadwal pembuangan sampah, (3) Ketersediaan kantong plastik, dan (4) Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). 


1. Ketersediaan tempat sampah terpilah

Sampah terdiri dari berbagai jenis. Jenis sampah yang umum dikenal oleh masyarakat adalah jenis sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang dapat diurai oleh tanah sementara sampah anorganik adalah sebaliknya, sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menyampaikan bahwa minimal tempat sampah terpilah harus tersedia, yaitu untuk jenis sampah organik dan anorganik.

"Penyediaan tempat sampah diantaranya penyediaan tempat sampah terpilah dengan kategori Sampah Organik dan Sampah Anorganik bagi setiap toko yang ada di area Jl. Ahmad Yani," Kata Wali Kota Sukabumi, Senin (17/10/2022). 


2. Jadwal pembuangan sampah

Sampah yang sudah tidak dapat digunakan kembali akan dibuang oleh masyarakat. Sayangnya, tidak semua masyarakat mengetahui jadwal pembuangan sampah yang benar.


Jadwal pembuangan sampah oleh truk DLH Kota Sukabumi dilaksanakan sejak pagi sampai dengan malam hari. Urutan jadwal pembuangan sampah ini yaitu:


• Pukul 05.30 - 08.00 : Pengangkutan oleh truk DLH Kota Sukabumi

• Pukul 06.30 -12.00 : Pengangkutan oleh penyapu & mosam DLH Kota Sukabumi

• Pukul 12.00 - 16.00 : Pengangkutan oleh mosam kecamatan

• Pukul 20.00 : Pengangkutan terakhir oleh DLH Kota Sukabumi


3. Ketersediaan kantong plastik


Poin yang ketiga adalah tentang penggunaan kantong plastik oleh para pemilik toko di Area Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.


Kota Sukabumi memiliki regulasi daerah yang ditujukan untuk mengatur pengelolaan sampah yang berkaitan dengan sampah plastik.


Peraturan yang dimaksud yaitu Peraturan Walikota Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pengurangan Kantong Plastik. Berdasarkan aturan tersebut, seluruh pelaku usaha, pusat perbelanjaan, toko modern, dan/atau masyarakat wajib untuk menyediakan Kantong Plastik yang Ramah Lingkungan dan/atau Kantong Ramah Lingkungan Lainnya. 


Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yang tergolong sampah anorganik (tidak dapat diurai oleh tanah). Selain itu, tindakan mengurangi sampah plastik juga termasuk perilaku peduli lingkungan dalam menerapkan konsep "reduce" atau "mengurangi".


4. Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL)


Saat Edukasi Pengelolaan Sampah, Walikota Sukabumi juga menyampaikan mengenai data persampahan yang ada di Kota Sukabumi.


Pada tahun 2021 timbunan sampah di Kota Sukabumi mencapai angka 18,4 ton.

Timbunan sampah tersebut didominasi oleh sampah yang bersumber dari Permukiman/perumahan sebanyak 38%, disusul oleh pelayanan kesehatan (14%), pasar (14%), pertokoan (8%), sekolah, industri, dan rumah makan (5%), hotel penginapan (2%), serta perkantoran dan sarana hiburan (1%). 


Layanan sampah


Mengutip laman resmi Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, per tanggal 23 Oktober 2022, tercatat ada 11 daftar aduan yang telah dilaporkan. Pengaduan lingkungan ini sangat beragam mulai dari Pencemaran, Pengelolaan Limbah hingga Permasalahan Sampah yang menggunung.


Cara melakukan pengaduan ini sangat mudah dengan bermodalkan smartphone pun bisa lho! Layanan pengaduan ini difasilitasi secara online sehingga dapat kamu lakukan dimana saja secara mobile. Selain itu, aduan yang dilaporkan tidak harus merupakan kejadian yang dialami.


Akan tetapi saat kamu melihat saja pun, kamu tetap dapat melaporkan kepada DLH, dengan catatan laporan tersebut benar fakta dan bukan merupakan rekayasa. Misalnya, saat kamu melihat ada sebuah perusahaan yang memiliki tata kelola sampah B3 yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan kamu dapat melaporkan perusahaan terkait.


Berikut link tautan Aduan DLH Kota Sukabumi : https://dlh.sukabumikota.go.id/pengaduan-online/formulir_laporan 


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Nida Salma Mardiyyah


tags: sampah,kota sukabumi


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).