Masa Kampanye Pemilu 2024, Panwaslu Cikole Sukabumi Ingatkan Netralitas ASN

Sabtu 09 Desember 2023, 21:18 WIB
Rapat Panwaslu Cikole Sukabumi terkait pengawasan kampanye Pemilu 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Rapat Panwaslu Cikole Sukabumi terkait pengawasan kampanye Pemilu 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak 28 November 2023 lalu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi gencar sosialisasikan aturan main dalam masa tahapan pemilu 2024. Salah satunya terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di masa kampanye.

Teranyar, dalam kegiatan yang digelar di Aula Kecamatan Cikole pada Sabtu 9 Desember 2023, Panwascam Cikole turut mengundang para lurah se Kecamatan Cikole guna mensosialisasikan terkait tahapan pemilu serta menjalin sinergitas dengan unsur pemangku kebijakan.

Kepala Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (DP3S) Panwaslu Kecamatan Cikole, Iman Arif Hidayat mengatakan secara umum, para peserta pemilu dianggap sudah mengetahui terkait aturan Perbawaslu dan PKPU.

"Dalam Perbawaslu dan PKPU setiap peserta pemilu mereka sudah mengetahui terkait aturan-aturan atau mekanisme teknis terkait tata cara pelaksanaan kampanye, baik yang hari ini ada metode kampanye tebuka dan tatap muka, tatap umum dan lain sebagainya," ujar Iman kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Panwaslu Cikole Kota Sukabumi Gelar Rakor Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan pengawasan dalam tahapan masa kampanye di setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan para peserta pemilu secara langsung maupun tidak langsung.

"Tujuan Panwascam dan PKD melakukan pengawasan itu untuk memastikan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan peserta pemilu itu dijalankan sesuai dengan aturan dan tidak melanggar Undang-undang teknis kepemiluan," kata dia.

Tak luput para lurah yang diundang dalam kegiatan tersebut juga mendapatkan sosialisasi terkait Netralitas ASN serta dalam rangka menjalin sinergitas Panwascam dengan para pemangku kebijakan di tingkat kelurahan.

"Tujuan kami mengundang para lurah se Kecamatan Cikole yaitu merupakan bentuk sinergitas antara penyelenggara dan pemangku kebijakan yang ada di wilayah Kecamatan Cikole," ucapnya.

Terpisah, Ihwan Wahyudin selaku Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2HM) Panwaslu Cikole menambahkan bahwa sebelumnya Bawaslu Kota Sukabumi telah menyampaikan surat imbauan kepada Wali Kota terkait netralitas ASN.

"Sebetulnya kita sudah menyampaikan beberapa surat khususnya imbawan dari Bawaslu untuk Wali Kota karena banyak lurah-lurah yang belum mengetahui (Netralitas ASN)," kata Ihwan.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Cikole, Rizal Akbar mengungkapkan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai panitia pengawas pemilu kecamatan, pihaknya mengaku menemui beberapa kendala, di antaranya yaitu penyampaian sosialisasi terhadap para peserta pemilu kepada Calon Legislatif.

"Terkait sosialisasi terhadap Caleg itu memang selalu menemui kendala karena sering kali harus dilakukan secara personal, nah kita tidak memiliki data keselurahan terkait para Caleg tersebut," kata Rizal.

"Adapun demikian hari ini kita siasati dengan menyampaikan kepada struktur partainya, disampaikan ataupun tidaknya kita tidak mebgetahui secara internal mereka," sambung dia.

Mengingat hal itu, pihaknya juga mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Cikole untuk turut membantu mensukseskan tahapan pemilu 2024 agar berjalan dengan labcar.

"Imbauan kami dari Panwascam Cikole mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan semua organisasi kemasyarakatan yang ada di lingkungan Kecamatan Cikole untuk sama-sama mengawal tahapan kampanye di pemilu tahun 2024, secara seksama dengan tujuan untuk mensukseskan dan melancarkan kegiatan pemilu," pungkasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi07 Mei 2024, 10:30 WIB

Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman

Berikut Informasi Lengkap tentang Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Nasional07 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Oposisi! Tiga Poin Ganjar Pranowo untuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sambutan kepada TPN Ganjar-Mahfud.
Ganjar Pranowo menyatakan oposisi terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa
Life07 Mei 2024, 10:00 WIB

Kemampuan Mengatasi Kegagalan, 7 Ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan

Orang yang akan sukses di masa depan menunjukan ciri-ciri yang dapat dikenali.
Orang yang akan sukses di masa depan menunjukan ciri-ciri yang dapat dikenali. | (Sumber : Freepik.com/@kues)
Keuangan07 Mei 2024, 09:30 WIB

7 Tantangan Orang Kaya Agar Tidak Jatuh Miskin, Jangan Lengah!

Dengan manajemen keuangan yang tepat, disiplin, dan perencanaan yang baik, orang kaya dapat memitigasi risiko dan menjaga kekayaan mereka dari kemungkinan jatuh miskin.
Ilustrasi. Orang kaya. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi stabilitas keuangan seseorang meskipun memiliki kekayaan yang substansial. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Sehat07 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Lambung, Maag dan Gangguan Pencernaan

Anda dapat mengatasi asam lambung dan meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.
Ilustrasi Teh Chamomil - Anda dapat mengatasi asam lambung dan meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.  (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Nasional07 Mei 2024, 08:54 WIB

Tak Masuk Akal, Drh Slamet Kritik Rencana Impor Beras Akibat Gelombang Panas

Slamet menyebut kondisi negara-negara pengimpor lebih parah ketimbang Indonesia.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet mengkritik rencana impor beras yang diusulkan pemerintah pada tahun ini. | Foto: Istimewa
Sukabumi07 Mei 2024, 08:30 WIB

Kota Sukabumi dalam Musrenbangnas 2024, Sinkronisasi dan Koordinasi Pembangunan

Kusmana akan bersinergi dengan pemerintah pusat dalam melaksanakan program.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji (kanan) dan Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi Asep Suhendrawan (kiri) hadir dalam Musrenbangnas 2024, Senin, 6 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat07 Mei 2024, 08:00 WIB

Tetap Hati-hati, Ini 7 Tantangan Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh, sehingga dapat memperburuk gejala asam lambung.
Ilustrasi - Sakit Perut. Tantangan Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Life07 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah, Tingkahnya Beda!

Anak yang bermasalah di sekolah bisa kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, dan juga mungkin memiliki masalah tidur, seperti kesulitan tidur atau terbangun dalam tidur.
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah (Sumber : pixabay.com/@ธนาวุธเกตุชีพ)
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)