Rakor Panwaslu Kalibunder Sukabumi Bahas Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Kamis 07 Desember 2023, 13:39 WIB
Rapat Koordinasi Panwaslu Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi bahas tahapan kampanye Pemilu 2024 | Foto : Ragil Gilang

Rapat Koordinasi Panwaslu Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi bahas tahapan kampanye Pemilu 2024 | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kalibunder melakukan Rapat Koordinasi pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024, bertempat di Gedung Biduri Sunda Kantor Kecamatan Kalibunder, Kamis 7/12/2023.

Rakor dihadiri dari Ketua Panwaslu Kaibunder Kamaludin Supandi, anggota Panwaslu Hasanudin, dan anggota Panwaslu Dede Ilham, hadir juga unsur Forkopimcam Kalibunder, Camat Kalibunder, Danramil Jampangkulon, beserta anggota Babinsa, Polsek Kalibunder beserta anggota, ASN dari berbagai intansi, para kepala desa beserta staf, PPK dan PPS, jajaran kesekretariatan Panwaslu Kalibunder, dan semua Pengawas Kelurahan Desa atau PKD.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kalibunder, Kamaludin Supandi menjelaskan dalam uraian materi pembahasan tahapan kampanye bahwa pihaknya dari Panwaslu Kecamatan Kalibunder, menegaskan kaitan netralitas TNI, Polri, ASN, perangkat desa, serta BPD yang sudah jelas dalam UU No 7 tahun 2017.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Perumdam TJM Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tingkatkan Pelayanan

"Dengan diadakannya kegiatan Rakor tersebut, alhamdulillah mendapatkan dukungan dari semua pihak. Ini untuk kelancaran pesta demokrasi di Kecamatan Kalibunder, dalam mensukseskan Pemilu 2024, yang akan di selenggarakan pada tanggal 14 pebruari 2024," jelas Kamaludin kepada Sukabumiupdate.com, Kamis (7/112/2023).

Kegiatan rapat koordinasi pengawasan dalam tahap kampanye Pilpres, Pileg, serta DPD sudah dimula seiring dengan diperbolehkannya pemasangan APK dari tanggal 28/11/2023 lalu.

Menurut Kamaludin, untuk menciptakan pemilu damai, aman dan Jurdil, perlu adanya edukasi dan sosialisasi agar dalam pelaksanaannya, terutama tahapan kampanye, berjalan lancar. Ia pun mengapresiasi, karena Rakor tersebut mendapat dukungan penuh dari Forkopimcam, dan para kepala desa di Kecamatan Kalibunder, untuk bersinergi dalam pengawasan Pemilu.

"Selain masalah pembahasan netralitas. Kami juga dalam melakukan pengawasan terkait Medsos. Seperti konten konten yang menyebarkan berita hoak, ada postingan ujaran kebencian, adu domba, serta mempermasalahkan ideologi Pancasila," jelasnya.

Baca Juga: Novian Abdurahman Luncurkan Mobil Sosial untuk Bantu Warga di Kota Sukabumi

Fungsi dan tugas sebagai pengawas Pemilu, kata Kamaludin, terutama menjaga dan mengawasi netralisasi ASN, dan perangkat desa, perlu kiranya diinformasikan agar ASN dan perangkat desa tidak terlibat dalam kegiatan kampanye atau politik praktis.

"Selain itu, juga terkait masalah penanganan pelanggaran. Kalaupun ada temuan atau laporan, nanti yang menanganinya adalah Bawaslu Kabupaten, kami hanya mengumpulkan informasi dan data, agar terpenuhinya syarat formil dan materil. Dengan adanya Rakor tersebut, sebagai edukasi dan informasi agar tidak terjadi pelanggaran, dan Pemilu 2024 di Kecamatan Kalibunder berjalan lancar dan damai," imbuhnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional11 Mei 2024, 12:53 WIB

Masih Ditutup! Cek Progres Perbaikan Longsor di Tol Bocimi Seksi 2 (Parungkuda)

Perbaikan longsor di di KM 64+600 yang terjadi pada 3 April 2024 lalu hingga saat ini masih terus dilakukan.
Kondisi perbaikan longsor tol bocimi seksi 2 di KM 64, pada awal Mei 2024 (Sumber: akun youtube sukabumi infrastruktur)
Sehat11 Mei 2024, 12:00 WIB

Asam Urat Hilang dan Hidup Sehat: 12 Tips Mencegahnya dengan Cara Alami

Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.
Ilustrasi -  Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.  (Sumber : Freepik.com)
Sehat11 Mei 2024, 11:00 WIB

7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic.)
Entertainment11 Mei 2024, 10:50 WIB

Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Digelar Dengan Konsep Internasional

Rizky Febian dan Mahalini Raharja menggelar resepsi pernikahan di hari yang sama dengan mengusung konsep internasional. Resepsi ini dihadiri oleh presiden Joko Widodo
Potret Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : instagram @/ferdinan_sule)
Sukabumi11 Mei 2024, 10:42 WIB

Hampir Terlupakan, Nasib Tak Terawat Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu Sukabumi

Tugu Jangilus terlihat kumuh dan banyak rumput liar yang tumbuh di sekitarnya.
Kondisi Tugu Jangilus di Kampung Batu Sapi, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi11 Mei 2024, 10:12 WIB

Light Up the Dream, Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Bagi Masyarakat Membutuhkan

PLN berkomitmen selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kontribusi positif.
PLN Unit Layanan Pelanggan Cicurug, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi, berhasil melaksanakan program Light Up the Dream. | Foto: PLN
Entertainment11 Mei 2024, 10:00 WIB

Sudah Sah! Rizky Febian dan Mahalini Raharja Telah Resmi Menjadi Suami Istri

Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja telah resmi menikah dengan mengusung adat sunda di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selata, pada Jumat, 5 Mei 2024
Potret Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : Instagram /@rizkyfbian)
Life11 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Makanan yang Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan Anak dan Penyebab Lainnya

Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak.
Ilustrasi - Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi11 Mei 2024, 09:51 WIB

Ngeri! Sampah Kembali Tutup Pantai Loji Sukabumi, Sempat Bersih Pasca Viral Pandawara

Sampah kembali muncul di Pantai Loji dan sekitarnya akibat gelombang pasang.
Kondisi sampah yang menutupi Pantai Loji dan sekitarnya di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi11 Mei 2024, 09:26 WIB

Ditinggal Penghuni, Rumah di Jampangtengah Sukabumi Hangus Kebakaran

Nirwana mengatakan tidak ada korban dalam kebakaran rumah ini.
Rumah Aoh (60 tahun) di Kampung Wangun RT 03/01 Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, kebakaran pada Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa