Panwascam Parungkuda Sukabumi Bahas Profesionalisme dan Sinergi Forkopimcam

Rabu 06 Desember 2023, 11:13 WIB
Panwascam Parungkuda melaksanakan Rakor di sekretariat Panwaslu Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Selasa (5/12/2023). | Foto: Istimewa

Panwascam Parungkuda melaksanakan Rakor di sekretariat Panwaslu Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Selasa (5/12/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Panwascam Parungkuda melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Tahapan Logistik pada Pemilihan Umum 2024, dalam rangka menjalankan tugas dan wewenang pengawas pemilu di tingkat kecamatan. Rakor ini bertempat di sekretariat Panwaslu Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Selasa (5/12/2023).

Rakor ini dihadiri jajaran komisioner (SDMODI, HP2HM dan P3S), Forkopimcam Parungkuda, Kesektariatan, dan PKD Sekecamatan Parungkuda.

Ketua Panwascam Parungkuda E Mulyadi mengatakan sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum.

Sebagaimana diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 Tahun 2023, tentang perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023, tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum.

"Logistik Pemilu yaitu perlengkapan penyelenggaraan yang digunakan dalam Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, serta perlengkapan penyelenggaraan yang digunakan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, merupakan unsur utama dalam penyelenggaraan pemilu," ujarnya.

Dalam hal pengawasan tahapan logistik, Panwascam Parungkuda berpatokan pada peraturan Bawaslu Nomor 12 Tahun 2023 tentang pengawasan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum.

Baca Juga: Rakor Tahapan Kampanye, Panwaslu Surade Sukabumi Siap Kawal Pemilu 2024

"Oleh karena itu kita ingin memastikan tahapan logistik di tingkat PPK pengelolaannya harus profesional, mengedepankan prinsip jujur dan berintegritas, dikelola secara tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, dan efisien," ujar E Mulyadi.

 Kapolsek Parungkuda Kompol Iman Prayitno melalui Panit III Samapta Aipda Tisna, mengatakan sinergitas adalah hal yang sangat penting, di mana pemilu sebagai sarana integritas bangsa.

Pola mitigasi sistem dalam setiap tahapan pemilu sangat penting untuk mencegah potensi terjadinya pelanggaran pemilu. Dalam hal netralitas, jajaran Polsek Parungkuda patuh dan taat hukum sesuai Pasal 28 ayat 1 dan ayat 2, UU 2/2022 tentang Polri dan Pasal 200, UU 7/2017 tentang Pemilu, Anggota Tentara Nasional Indonesia dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia tidak menggunakan haknya untuk memilih.

Lanjutnya, Polsek Parungkuda akan bersinergi dengan Panwascam Parungkuda dalam pengawalan pendistribusian dan pengamanan perlengkapan logistik pemilu. "Demi terciptanya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta terciptanya suasana yang kondusif di masyarakat, sukses tanpa ekses," terangnya.

Divisi Hukum, Pecegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2HM), Anisa Sari Suhendra, mengatakan Panwascam Parungkuda beserta jajarannya, melalukan upaya pencegahan dengan mengidentifikasi potensi kerawanan pada setiap tahapan Pemilu sebagaimana Pasal 94 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Pasal 4 huruf a Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) nomor 20 Tahun 2018 tentang pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu.

Berkaitan dengan tahapan logistik dalam pemilihan umum tahun 2024 sebagai upaya pencegahan, Panwascam Parungkuda sesuai ketentuan surat edaran Bawaslu RI nomor 49 tahun 2023 tentang identifikasi potensi kerawanan dan strategi pencegahan pelanggaran pada pengadaan logistik pemilu dan pendistribusiannya pada pemilu tahun 2024 sebagai petunjuk dalam identifikasi potensi kerawanan dan strategi pencegahan pelanggaran dalam pengawasan logistik pemilu tahun 2024.

"Kita mengimbau seluruh masyarakat agar turut aktif dalam melakukan pengawasan terhadap proses tahapan pemilihan umum, demi terciptanya penyelenggaraan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pengawasan partisipatif merupakan bagian dari manifestasi kedaulatan rakyat dalam penguatan partisipasi masyarakat dalam mengawal demokrasi," kata dia. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)