Awasi Kampanye, Panwaslu Tegalbuleud Sukabumi Rakor Tahapan Pemilu 2024

Selasa 05 Desember 2023, 09:49 WIB
Panwaslu Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, melakukan Rakor tahapan kampanye untuk Pemilu 2024 pada 30 November 2023. | Foto: Istimewa

Panwaslu Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, melakukan Rakor tahapan kampanye untuk Pemilu 2024 pada 30 November 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) tahapan kampanye untuk Pemilu 2024 di sekretariat mereka pada 30 November 2023.

Rakor dihadiri komisioner Panwaslu Tegalbuleud, ketua Deta Pandu Winata, anggota Fikri Suherman, Jasmadi, dan kepala sekretariat Sumarna. Hadir pula Forkopimcam Tegalbuleud, PPK Tegalbuleud, serta tokoh pemuda dan masyarakat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tegalbuleud Deta Pandu Winata mengatakan Rakor ini membahas pengawasan kampanye Pilpres, Pileg, dan DPD, karena sudah dimulainya pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) pada 28 November 2023.

"Rakor sebagai tahapan dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 untuk menciptakan pemilu damai, aman, dan jurdil. Namun memang perlu ada edukasi dan sosialisasi agar semua itu bisa terwujud," ucap Deta kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Ada TPS di Pelosok, Panwaslu Tegalbuleud Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Pokok pembahasan Rakor, sambung Deta, pihaknya melakukan pengawasan tentang objek yang diawasi seperti konten hoaks, ujaran kebencian, mempermasalahkan ideologi Pancasila, dan adu domba. Ada juga kampanye di luar jadwal, dan orang-orang yang dilarang kampanye seperti ASN dan perangkat desa.

"Fungsi dan tugas pengawas Pemilu, terutama menjaga dan mengawasi netralitas ASN dan perangkat desa. Ada beberapa peraturan yang diberlakukan saat kampanye, perlu kiranya diinformasikan agar ASN dan perangkat desa tidak terlibat dalam kegiatan kampanye atau politik praktis," tegasnya.

"Selain itu, juga terkait masalah penanganan pelanggaran. Kalau ada temuan atau laporan, nanti yang menanganinya adalah Bawaslu Kabupaten Sukabumi. Kami hanya mengumpulkan informasi dan data agar terpenuhinya syarat formil dan materil. Dengan adanya Rakor ini, sebagai edukasi dan informasi agar tidak terjadi pelanggaran dan Pemilu 2024 di Kecamatan Tegalbuleud berjalan lancar dan damai," kata Deta. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Maret 2024, 18:05 WIB

Pengumuman Pemberhentian Pegawai BPR Sukabumi

BPR Sukabumi telah mengeluarkan surat pemberhentian kepada salah satu pegawainya bernama Agus, SE
Agus, SE | Foto : Dok. BPR Sukabumi
Life01 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih
Ilustrasi - Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih | (Sumber : Freepik.com/wirestock)
Keuangan01 Maret 2024, 17:52 WIB

Berikan Pelayanan Prima, BPR Cikembar Sukabumi Ekspansi ke Pabrik hingga Kunjungi Nasabah

BPR Sukabumi cabang Cikembar terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
Kepala Cabang BPR Sukabumi cabang Cikembar, Yudi Eka Sembada (kanan) dan Staf sedang melayani nasabah (kiri) | Foto : Ibnu Sanubari
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)