9 Ramuan Herbal untuk Mengobati GERD dan Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Selasa 18 Juni 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Bahan herbal dipercaya mampu mengobati penyakit GERD dan asam lambung. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).

Ilustrasi - Bahan herbal dipercaya mampu mengobati penyakit GERD dan asam lambung. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) atau asam lambung adalah suatu kondisi di mana asam lambung secara kronis naik ke kerongkongan (esofagus), menyebabkan iritasi dan gejala yang tidak nyaman.

GERD terjadi ketika otot sfingter esofagus bagian bawah (LES), yang berfungsi sebagai katup antara kerongkongan dan lambung, tidak menutup dengan benar atau membuka terlalu sering, sehingga asam lambung dan isi lambung dapat naik kembali ke kerongkongan.

Gejala GERD dan asam lambung pada seseorang mungkin akan mengalami rasa asam atau pahit di mulut, kesulitan menelan, dan bahkan sensasi ada yang mengganjal atau panas di tenggorokan.

Pemicunya bisa berkisar dari makanan tertentu seperti makanan pedas dan buah jeruk, kebiasaan gaya hidup seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, hingga kondisi fisik seperti obesitas atau kehamilan.

Penyakit GERD atau asam lambung dapat diobati dengan bahan-bahan herbal. Penting untuk dipahami bahwa pengobatan ini menawarkan lebih dari sekadar meredakan gejala. Bahan alami ini memanfaatkan kekuatan alam untuk mengembalikan keseimbangan tubuh dan mendukung mekanisme penyembuhan yang melekat.

Dihimpun dari laman citynaturopathic, berikut herbal alami yang dapat dicoba untuk mengobati GERD atau asam lambung.

1. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel adalah herbal alami yang terkenal untuk berbagai masalah kesehatan termasuk GERD dan asam lambung. Meskipun bersifat asam, ini membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh.

Ketika lambung tidak menghasilkan cukup asam, sfingter esofagus bagian bawah (otot yang menjaga isi lambung agar tidak bergerak mundur ke kerongkongan) cenderung mengendur sehingga menyebabkan refluks asam.

Cuka sari apel meningkatkan kandungan asam lambung Anda sehingga membantu mencerna makanan dengan baik. Latihan teratur ini dapat membantu mengurangi frekuensi naiknya asam lambung dan intensitas sakit maag. Untuk menggunakannya dengan aman dan efektif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dahulu.

2. Pisang

Pisang merupakan antasida alami, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang menderita GERD dan asam lambung. Buah ini mengandung zat yang memperkuat lapisan mukosa lambung, sehingga membantu melindunginya dari efek merusak akibat produksi asam berlebihan.

Selain itu, pisang kaya akan serat, yang membantu pencernaan, mencegah timbulnya refluks asam. Gabungkan pisang dalam menu harian Anda dengan menjadikannya sebagai camilan, terutama di pagi hari.

3. Jahe

Jahe telah dikenal karena khasiatnya selama berabad-abad. Hal ini sangat efektif dalam mengurangi masalah pencernaan, termasuk GERD dan asam lambung. Sifat anti-inflamasinya membantu menenangkan lapisan esofagus yang teriritasi, meredakan ketidaknyamanan yang terkait dengan refluks asam.

Selain itu, jahe dapat melancarkan pencernaan, mengurangi kemungkinan terjadinya refluks asam setelah makan. Ada beberapa cara untuk memasukkan jahe ke dalam makanan Anda. Anda bisa memasukkan jahe segar ke dalam makanan Anda, mengunyah sepotong kecil jahe mentah, atau menyiapkan teh jahe.

4. Kacang Almond

Almond lebih dari sekedar pilihan camilan sehat, makanan alami ini juga bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet bagi mereka yang mengelola GERD atau asam lambung.

Almond kaya akan minyak alami yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Selain itu, buah ini kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan mencegah timbulnya gejala naiknya asam lambung.

Mengonsumsi segenggam kecil almond setiap hari, sebaiknya di pagi hari, dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan sakit maag. Anda dapat menikmati kacang almond apa adanya, atau memasukkannya ke dalam sereal sarapan, smoothie, atau salad untuk makanan bergizi dan ramah terhadap refluks asam.

5. Jus Lemon

Jus Lemon, meskipun bersifat asam, dapat membantu mengatasi GERD dan gejala refluks asam. Sebaliknya, asam sitrat dalam jus lemon dapat merangsang kelenjar ludah, yang membantu menetralkan asam di perut Anda.

Selain itu, jus lemon kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang dapat melindungi kerongkongan Anda dari kerusakan akibat refluks asam kronis.

Untuk memanfaatkan manfaat jus lemon, campurkan satu sendok teh jus lemon segar dengan delapan ons air. Mengonsumsi ramuan ini di pagi hari dapat membantu menjaga keseimbangan tingkat pH di perut Anda, sehingga mengurangi kejadian refluks asam sepanjang hari.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi, juga dikenal sebagai Tulsi, telah digunakan secara tradisional dalam Ayurveda karena khasiat pencernaan dan pengobatannya. Daun ini diketahui dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak lendir yang pada gilirannya membantu meredakan keasaman dan peradangan kerongkongan.

Untuk memanfaatkan manfaat daun kemangi, Anda bisa mengunyah dua hingga tiga lembar daun kemangi saat perut kosong. Cara lainnya, Anda bisa merebus segenggam daun kemangi dalam air hingga jumlahnya menjadi setengahnya, biarkan dingin, lalu saring dan diminum.

Teh dapat membantu sebagai tindakan pencegahan bila dikonsumsi secara teratur dan juga dapat meredakan GERD atau asam lambung dengan segera.

7. Jus Nanas

Jus Nanas berfungsi sebagai pengobatan alami yang lezat dan efektif untuk GERD dan refluks asam. Nanas mengandung bromelain, enzim yang berkontribusi signifikan dalam memecah makanan dan membantu pencernaan, sehingga mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung.

Selain itu, buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kerongkongan dan mengurangi sensasi terbakar yang terkait dengan refluks asam.

8. Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman menyegarkan dan bergizi yang dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami GERD atau naiknya asam lambung. Dikemas dengan enzim dan serat alami, ini meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu mengatur keasaman di perut.

Selain itu, efek menenangkan pada lapisan lambung dan kerongkongan dapat meredakan ketidaknyamanan akibat naiknya asam lambung.

9. Kayu manis

Licorice adalah suplemen herbal lain yang dapat bermanfaat. Telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati keluhan lambung. Suplemen licorice dapat membantu melapisi dan melindungi kerongkongan dari asam lambung, sehingga meredakan sakit maag.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life23 Juli 2024, 06:30 WIB

8 Rutinitas Pagi yang Tidak Pernah Ditinggalkan Orang Sukses

Rutinitas pagi yang terstruktur dan positif dapat membantu meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Dengan meniru kebiasaan pagi orang sukses, Anda dapat memulai hari dengan lebih baik dan mencapai tujuan hidup dengan lebih efektif. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)