9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Kamis 13 Juni 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir ke atas menuju kerongkongan atau tenggorokan, saluran yang menghubungkan mulut ke perut, sehingga menyebabkan nyeri di dada dan tenggorokan.

Gejala Asam Lambung atau GERD

  • Rasa sakit atau terbakar di dada Anda
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan di tenggorokan Anda
  • Regurgitasi cairan asam ke dalam mulut atau tenggorokan

Mengelola asam lambung secara alami melibatkan perubahan gaya hidup, diet, dan penggunaan obat herbal yang dapat membantu meredakan gejala tanpa perlu mengandalkan obat-obatan kimia.

Berikut adalah beberapa metode pengobatan alami yang efektif untuk mengatasi asam lambung, dihimpun dari laman businessinsider.

1. Tinggikan Tubuh Bagian Atas Saat Tidur

Refluks asam seringkali memburuk pada malam hari, karena saat Anda berbaring, asam lambung lebih mudah mengalir ke kerongkongan. Anda dapat memperbaiki gejala malam hari dengan mengubah sudut tubuh Anda saat tidur .

Secara khusus, akan sangat membantu jika Anda mengangkat kepala dan bahu di atas perut dan menjaga kerongkongan tetap miring ke bawah. Misalnya, Anda dapat meninggikan kepala tempat tidur atau menopang diri Anda di atas bantal yang miring.

Untuk meninggikan tempat tidur, Anda dapat menggunakan penambah tempat tidur di bawah dua kaki atas rangka tempat tidur, atau jika hal ini tidak memungkinkan, Anda dapat membeli bantal miring untuk membantu memiringkan kepala dan bahu ke atas saat tidur.

2. Herbal

Mengelola asam lambung secara alami menggunakan obat herbal dapat menjadi pilihan yang baik bagi beberapa orang. Obat herbal lain yang juga dapat membantu mengatasi refluks asam meliputi jahe, kamomil dan akar marshmallow.

3. Makan dalam Porsi Kecil

Makan dalam porsi besar memberi tekanan lebih besar pada sfingter yang memisahkan kerongkongan dari perut . Hal ini membuat sfingter lebih mungkin terbuka dan memungkinkan asam mengalir ke atas menuju kerongkongan Anda.

Mengganti porsi makan besar dengan porsi kecil yang lebih sering dapat membantu meringankan gejala Anda. Misalnya, daripada makan tiga kali dalam porsi besar, cobalah membagi porsi tersebut menjadi lima porsi kecil.

4. Batasi Asupan Kopi

Jika Anda seorang peminum kopi, mengurangi atau mengurangi cangkir harian Anda dapat membantu mengurangi refluks asam. Kopi tidak hanya merupakan minuman yang bersifat asam, tetapi ketika Anda meminumnya, perut Anda terpicu untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung, yang dapat tertimbun dan mengalir ke kerongkongan Anda.

Kafein dalam kopi juga menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah menjadi rileks , sehingga isi perut bergerak ke atas.

5. Hindari Makanan Pemicu

Makanan tertentu dapat memperparah refluks asam Anda. Anda sebaiknya menghindari makanan yang memperlambat pencernaan dan bertahan lebih lama di perut Anda. Karena semakin lama makanan tersebut didiamkan, semakin besar kemungkinan makanan tersebut meningkatkan tekanan lambung dan membuka paksa sfingter esofagus Anda.

Beberapa makanan yang berpotensi memicu naiknya asam lambung adalah:

  • Keju
  • Gorengan
  • Cemilan olahan seperti keripik kentang
  • Daging berlemak seperti bacon
  • Cokelat
  • Bubuk cabai
  • Pizza

6. Makan Lebih Banyak Makanan yang Bersifat Basa

Makanan yang lebih bersifat basa dibandingkan asam dapat menangkal asam lambung dan membantu mencegah refluks. Beberapa makanan dengan pH lebih tinggi (artinya lebih basa) meliputi kol bunga atau pisang

7. Dapatkan Lebih Banyak Serat

Sebuah studi kecil pada tahun 2018 menemukan bahwa pasien dengan penyakit refluks asam non-erosif yang memiliki asupan serat rendah mengalami penurunan insiden refluks asam dan mulas setelah mengonsumsi suplemen serat psyllium.

Serat ekstra juga membantu meningkatkan tekanan istirahat sfingter esofagus, yang berarti sfingter esofagus tidak akan rileks dan memungkinkan terjadinya refluks.

Selain itu, karena serat membantu Anda merasa lebih kenyang, Anda cenderung tidak makan berlebihan dan memicu naiknya asam lambung.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak serat atau mengonsumsi terlalu banyak makanan berserat sekaligus bukanlah ide yang baik, karena dapat meningkatkan tekanan di usus dan mungkin memperburuk refluks.

8. Duduklah Setelah Makan

Tetap tegak selama tiga jam setelah makan dapat membantu mencegah naiknya asam lambung. Ini mungkin berarti makan malam lebih awal sehingga Anda bisa duduk sebelum tidur, atau melewatkan tidur siang setelah makan siang.

Saat Anda tegak, gravitasi membantu menjaga asam lambung tetap di perut, bukan di kerongkongan.

9. Cobalah Tidur Miring ke Kiri

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2015 menemukan bahwa orang yang tidur miring ke kiri dengan tubuh bagian atas ditinggikan memiliki lebih sedikit kejadian refluks asam.

Sementara itu, tinjauan tahun 2006 mengutip beberapa penelitian yang menemukan orang yang tidur miring ke kanan mengalami refluks asam yang semakin parah.

Para peneliti tidak yakin secara pasti mengapa hal ini terjadi, namun mereka berpendapat bahwa hal ini mungkin terjadi karena titik pertemuan kerongkongan dan lambung berada di atas asam lambung di lambung ketika Anda berbaring miring ke kiri.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion23 Juli 2024, 07:00 WIB

Aware Skin Tone, Ini 7 Rekomendasi Fashion untuk Orang yang Kulitnya Putih

Dengan memilih warna, gaya, dan aksesoris yang tepat, orang dengan kulit putih dapat tampil lebih percaya diri dan menonjolkan keindahan alami kulit mereka.
Ilustrasi. Ada beberapa rekomendasi fashion yang bisa dipertimbangkan untuk orang dengan skin tone berwarna putih: (Sumber : Pexels/Pixabay)
Life23 Juli 2024, 06:30 WIB

8 Rutinitas Pagi yang Tidak Pernah Ditinggalkan Orang Sukses

Rutinitas pagi yang terstruktur dan positif dapat membantu meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Dengan meniru kebiasaan pagi orang sukses, Anda dapat memulai hari dengan lebih baik dan mencapai tujuan hidup dengan lebih efektif. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)