7 Ramuan Herbal Pagi Hari untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Darah

Senin 10 Juni 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi Teh Kembang Sepatu -  Beberapa bahan herbal ini sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.| (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers)

Ilustrasi Teh Kembang Sepatu - Beberapa bahan herbal ini sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.| (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Terlalu banyak asam urat dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari asam urat hingga batu ginjal. Asam urat terbentuk di dalam tubuh ketika tubuh memecah purin dalam makanan dan minuman.

Meskipun ginjal biasanya membuangnya, namun jika jumlahnya terlalu banyak, maka akan tetap berada di dalam darah dan menyebabkan kondisi yang disebut hiperurisemia. Kelebihan asam urat dapat membentuk kristal dan mengendap di persendian sehingga menyebabkan asam urat, salah satu bentuk radang sendi.

Nyeri hebat pada persendian di malam hari, terutama jempol kaki, merupakan tanda asam urat. Asam urat yang sedikit tinggi tidak menunjukkan gejala apapun tetapi lama kelamaan dapat menumpuk dan menyebabkan rasa sakit serta kerusakan lain pada tubuh.

Baca Juga: Tidak Bersahabat dengan Asam Urat: 6 Sayuran Tinggi Purin yang Harus Dihindari

Hiperurisemia tidak hanya merusak sendi, tulang, tendon, dan ligamen tetapi juga menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dan penyakit hati berlemak.

Asam urat tinggi dapat dikelola dengan serangkaian perubahan gaya hidup seperti memperbanyak asupan air dan melakukan perubahan tertentu pada pola makan. Gaya hidup sehat secara keseluruhan sangat penting untuk mencegah kadar asam urat tinggi.

Dihimpun dari laman hindustantimes, ada beberapa bahan herbal yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengobati masalah ginjal. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan apa pun.

Baca Juga: 10 Sayuran Rendah Purin yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Manfaatnya

1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu kering atau teh kembang sepatu dapat membantu ekskresi asam urat melalui urin dan efektif menurunkan kadar asam urat. Rendam dalam air panas selama 5 menit sebelum diminum.

2. Dandelion

Teh lain yang bisa Anda minum di pagi hari untuk menurunkan kadar asam urat adalah teh dandelion. Dandelion dapat membantu menurunkan kadar asam urat, yang bisa Anda temukan ekstrak dandelion secara online,

3. Seledri

Seledri kaya akan berbagai antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-virus. Antioksidan yang ditemukan dalam seledri juga dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan asam urat.

Baca Juga: 3 Kriteria Sayuran yang Wajib Dipenuhi Penderita Asam Urat Jika Ingin Mengonsumsinya

4. Jahe

Teh jahe atau memasak makanan dengan jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan. Rebus satu sendok makan jahe parut, rendam kain di dalamnya dan oleskan pada sendi yang sakit setelah dingin. Lakukan selama 30 menit setiap hari untuk melihat peningkatannya.

5. Pisang

Satu buah pisang sehari dapat bermanfaat dalam mengendalikan kadar asam urat. Mereka mengandung cukup potasium agar organ berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan serat di dalamnya dapat membantu menghilangkan asam urat dari tubuh.

6. Magnesium

Mengonsumsi magnesium secara konsisten dapat membantu mengurangi serangan asam urat di kemudian hari. Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan sayuran seperti bayam dan labu kaya akan magnesium.

Baca Juga: 4 Jenis Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Sebaiknya Dihindari!

7. Cuka sari apel

Bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan dan dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat juga.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Pakai Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Wanita Usia 20 Tahun

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi