3 Kriteria Sayuran yang Wajib Dipenuhi Penderita Asam Urat Jika Ingin Mengonsumsinya

Senin 10 Juni 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi - Penderita asam urat wajib memenuhi kriteria dalam sayuran jika ingin mengonsumsinya. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Penderita asam urat wajib memenuhi kriteria dalam sayuran jika ingin mengonsumsinya. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan masalah metobolisme yang bisa menyebabkan nyeri sendi luar biasa. Memilih makanan yang tepat dapat membantu mencegah atau memperbaiki gejala asam urat, dan sayuran tertentu menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan sayuran lainnya.

Beberapa jenis sayuran yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan bagi penderita asam urat. Apalagi bagi penderita asam urat, penting untuk menghindari makanan tinggi purin, termasuk beberapa jenis sayuran yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Meskipun sayuran umumnya lebih rendah purin dibandingkan daging atau makanan laut, ada beberapa yang sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati oleh penderita asam urat.

Baca Juga: Langkah Sederhana Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Alami dan Sehat!

Namun jika ingin memakan sayuran, berikut ini ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi penderita asam urat, yang dihimpun dari laman livestrong.

1. Sayuran Rendah Purin

Asam urat terbentuk saat tubuh memecah purin dalam makanan. Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebihan, masalah pembuangannya melalui urin, atau keduanya.

Saat senyawa tersebut terakumulasi, kemudian akan membentuk kristal seperti jarum di jaringan persendian, yang disebut kristal asam urat dan bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Tentunya memilih sayuran rendah purin dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, sehingga mengurangi pembentukan kristal jika Anda menderita asam urat.

Makanan-makanan rendah purin umumnya menghasilkan 100 miligram atau kurang asam urat per 100 gramnya Contoh sayuran yang baik adalah bit, mentimun, selada, kentang, dan labu kuning, semuanya menghasilkan 50 miligram atau kurang asam urat dalam setiap 100 gramnya.

2. Sayuran Kaya Antioksidan

Kadar asam urat yang tinggi pada asam urat juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 2009 di "Arthritis Research and Therapy."

Antioksidan membantu melindungi Anda dari radikal bebas yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko masalah kardiovaskular, dan Pusat Medis Universitas Maryland merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi antioksidan jika Anda menderita asam urat.

Sayuran yang rendah purin tetapi tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin E atau beta-karoten termasuk kubis merah, yang sangat tinggi beta-karoten, dengan sekitar 600 mikrogram dalam 1 cangkir sayuran mentah yang dicincang.

Paprika merah juga merupakan pilihan yang baik, dengan 500 mikrogram likopen, lebih dari 3 miligram vitamin E, dan lebih dari 1.600 mikrogram beta-karoten dalam 1 cangkir paprika cincang yang ditumis.

3. Pilihan Serat Tinggi

Serat makanan mendukung pencernaan yang baik dan dapat memperlambat penyerapan nutrisi, yang mungkin merupakan manfaat ketika Anda mencoba menjaga kadar asam urat darah Anda tetap rendah.

Wortel adalah pilihan yang baik, dengan sekitar 3,5 gram serat dalam 1 cangkir wortel mentah cincang, ditambah lagi kandungan purinnya juga cukup rendah.

Pilihan bagus lainnya termasuk kangkung matang yang dicincang, yang mengandung 2,6 gram serat per cangkir, dan bawang bombay mentah yang dicincang, dengan sekitar 3 gram serat dalam 1 cangkir.

Publikasi “Dietary Guidelines for American, 2010” merekomendasikan wanita dewasa mengonsumsi 25 gram serat setiap hari, sedangkan pria sebaiknya mengonsumsi 38 gram.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 22:22 WIB

Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024: DPT Capai 1.997.822 Pemilih, TPS Ditetapkan 4.310

Persiapan untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 semakin matang dengan pengumuman resmi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan jumlah TPS
Logo Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI