Bebas Asam Urat: Panduan Latihan Fisik Efektif untuk Mencegah Serangan Kembali

Jumat 10 Mei 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Penderita asam urat dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Olahraga Rutin. Penderita asam urat dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat atau radang sendi, sering kali menyebabkan persendian mengalami nyeri dan meradang sehingga membuat penderitanya membatasi aktivitas fisik

Meskipun tampaknya sangat berlawanan, namun aktivitas fisik secara teratur, terutama olahraga seperti berjalan kaki atau bersepeda, sangat berdampak besar untuk memperbaiki gejala asam urat Anda. 

Bagaimana Latihan Fisik Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah suatu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat yang merusak sendi dan tendon. Jika tidak diobati, asam urat dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen dan nyeri kronis. Perubahan gaya hidup, termasuk pola makan dan olahraga, adalah kunci untuk mengelola asam urat. 

Baca Juga: Muncul Benjolan Aneh dan Sakit di Malam Hari, 7 Tanda Kamu Terkena Asam Urat

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga memiliki efek anti inflamasi pada tubuh dan olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko kambuhnya asam urat dan mengurangi rasa sakit. 

Orang yang menderita asam urat dan tetap aktif secara fisik memiliki lebih sedikit kambuhnya asam urat setiap tahunnya dan secara keseluruhan mengalami penurunan rasa sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif secara fisik. 

Jenis Kegiatan untuk Dicoba

Aktivitas berdampak rendah dan sedang dianjurkan untuk mengurangi stres pada persendian yang nyeri. Gerakan seluruh tubuh seperti jalan cepat atau bersepeda merupakan pilihan bagus yang mudah dilakukan setiap hari. 

Peregangan lembut dan latihan mobilitas pada persendian Anda dapat mengurangi atau mencegah kekakuan sendi, sehingga membantu Anda bergerak lebih baik.

Baca Juga: Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Peregangan dan Latihan untuk Asam Urat

Asam urat paling sering menyerang sendi jempol kaki, tapi juga bisa menyerang pergelangan kaki, lutut, dan tangan. Peradangan dan nyeri dapat membatasi pergerakan sendi-sendi ini, jadi latihan mobilitas lembut yang berupaya menggerakkan sendi melalui berbagai gerakan dapat membantu menjaga kesehatan sendi.

Contoh latihan mobilitas adalah:

  • Latihan menggerakan jari kaki 
  • Latihan menggerakan jempol kaki
  • Latihan jari kaki menyebar dengan meregangkan
  • Melakukan pompa di pergelangan kaki
  • Peregangan dengan lingkaran pergelangan kaki

Selain latihan mobilitas, latihan penguatan juga dapat membantu mengatasi asam urat. Memperkuat otot di sekitar persendian dapat membantu menstabilkan persendian. Hal ini dapat membantu mereka tetap terdukung, dan dapat mencegah ketegangan dalam aktivitas sehari-hari.

Contoh latihan penguatan yang lembut adalah:

  • Mengangkat kaki 
  • Langkah-langkah kecil
  • Duduk dan berdiri
  • Mengangkat tumit secara perlahan

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) merekomendasikan 150 menit olahraga per minggu. Hal ini dapat dicapai dengan olahraga 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu.

Baca Juga: Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Olahraga dengan intensitas rendah atau sedang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat pada penderita asam urat, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Pilihlah olahraga seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, tai chi, dan latihan kekuatan ringan agar tidak mengiritasi persendian Anda. 

Meskipun olahraga dengan intensitas tinggi dapat mengiritasi persendian dan memicu atau memperburuk serangan asam urat, pemicu lain dari serangan asam urat termasuk minum alkohol, merokok, dan mengonsumsi makanan tinggi purin

Ketika pemicunya terjadi dan menyebabkan serangan asam urat, penting untuk mengistirahatkan tubuh Anda untuk menghindari peradangan dan nyeri sendi lebih lanjut. 

Baca Juga: Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik!

Selain olahraga ringan secara teratur, mengatur pola makan dan mengonsumsi obat penurun asam urat dapat membantu mengendalikan gejala asam urat Anda. 



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 21:00 WIB

Jangan Malas! Ini 9 Manfaat Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari

Menggosok gigi sebelum tidur membantu menghilangkan plak, yang merupakan lapisan lengket yang terbentuk dari bakteri.
Ilustrasi. Manfaat Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari (Sumber : Pexels.com/MiriamAlonso)
Sukabumi20 Mei 2024, 20:44 WIB

Sebelum Hilang, Keluarga Ungkap Gadis Sukabumi Ditawari Main Sinetron di Bogor

Keluarga berharap Nurlela gadis asal Curugkembar Sukabumi yang hilang dua tahun lalu bisa selamat dan pulang ke rumah.
Neneng saat menunjukan Foto lama Nurlela, gadis asal Curugkembar Sukabumi yang hilang. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 20:30 WIB

2 Nama Diusulkan Maju Pilgub Jabar dari PKS, Ini Sosoknya

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai yang pernah sukses dengan menempatkan kadernya, Ahmad Heryawan, selama 10 tahun memimpin Jawa Barat itu tentu berharap mendulang kesuksesan yang sama melalui Pilgub 2024.
Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA dan Dr. H. Haru Suandharu, S.Si., M.Si, dua nama yang diusulkan PKS maju di Pilgub Jabar 2024 | Foto : ist
Sehat20 Mei 2024, 20:30 WIB

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Generasi Muda dan 6 Cara Mengatasinya

Selain orang tua, generasi muda zaman sekarang pun bisa terkena kolesterol tinggi.
Ilustrasi -  Selain orang tua, generasi muda zaman sekarang pun bisa terkena kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)
Sehat20 Mei 2024, 20:15 WIB

Sakit Asam Urat? Obati dengan 6 Bahan Alami Ini Lengkap dengan Cara Menggunakannya

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi proaktif, suatu kondisi yang menyerang persendian.
Ilustrasi Minyak Nabati- Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi proaktif, suatu kondisi yang menyerang persendian. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Fashion20 Mei 2024, 20:00 WIB

Cantik dan Menutup Aurat, 10 Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers

Dengan mengikuti standar fashion kekinian, hijabers dapat tampil modis, nyaman, menutup aurat dan tetap cantik sesuai dengan nilai-nilai kesopanan yang dipegang.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 19:45 WIB

Daftar ke PPP, Deden Deni Berpeluang Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin secara resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024).
Deden Deni Wahyudin (Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi mendaftar calon bupati / wakil bupati di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)