Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Kamis 09 Mei 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)

Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat termasuk sejenis radang sendi yang kerap menyerang bagian tubuh seperti jempol kaki, tangan hingga pergelangan kaki. Asam urat bisa menyebabkan rasa nyeri, bengkak, dan nyeri tekan pada sendi yang terkena.

Ada beberapa perawatan untuk serangan asam urat termasuk obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit dan memperpendek durasi serangan. Namun perlu diingat jika ingin menggunakan obat asam urat yang dijual di apotik ini dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Berikut ada beberapa obat asam urat di apotik yang bisa Anda coba, dihimpun dari laman verrywellhealth dan Alodokter.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Untuk Meredakan Nyeri Sendi

1. Kolkisin atau Colchicine

Colchicine ( kolkisin) adalah salah satu obat utama yang digunakan untuk mengobati serangan asam urat akut dan mencegah terjadinya serangan asam urat. Ini merupakan pilihan yang sangat penting bagi mereka yang tidak dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat antiinflamasi standar yang dijual bebas.

Colchicine diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan. Dosisnya akan bergantung pada faktor-faktor yang mencakup profil alergi Anda serta fungsi ginjal dan hati. Jika diminum lebih awal dan sesuai resep penyedia layanan kesehatan Anda, colchicine dapat meredakan gejala Anda dengan cepat dan menyeluruh.

2. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

NSAID seperti Advil atau Motrin (ibuprofen) dan Aleve (naproxen) sudah tersedia karena dapat dibeli tanpa resep. Oleh karena itu, obat ini adalah pengobatan yang paling umum digunakan untuk serangan asam urat akut. Indocin (indometasin) adalah NSAID yang tersedia dengan resep untuk asam urat.

Baca Juga: Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai NSAID OTC untuk menentukan apakah obat tersebut sesuai untuk Anda, dosis yang tepat, dan potensi efek samping. Setelah gejalanya hilang, Anda harus menghentikan pengobatan ini.

3. Kortikosteroid

Glukokortikoid oral seperti prednison dan prednisolon adalah steroid yang mungkin diresepkan untuk penyakit asam urat. Obat ini sama efektifnya dengan NSAID dan colchicine. Perawatan seringkali memerlukan minum pil sekali atau dua kali sehari.

Sebagai catatan, jika Anda sering mengalami serangan asam urat, NSAID dan colchicine mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk membatasi toksisitas terkait steroid, yang dapat mencakup peningkatan gula darah dan tekanan darah, peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan, perubahan suasana hati/kecemasan, insomnia, dan penurunan tulang. kepadatan mineral.

Baca Juga: Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Untuk Meredakan Kadar Asam Urat

4. Allopurinol

Allopurinol adalah pengobatan pencegahan asam urat jangka panjang. Obat ini diresepkan secara teratur untuk menghentikan serangan asam urat dan mencegah kerusakan sendi.

Allopurinol merupakan obat asam urat di apotik yang bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah. Setelah asam urat rendah atau normal, kristal berhenti terbentuk, dan kristal yang ada akan larut secara perlahan.

Kristal urat mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk larut, namun serangan asam urat dan kerusakan sendi tidak lagi terjadi setelah kadarnya cukup rendah.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

5. Probenecid

Probenecid adalah obat asam urat di apotik yang bekerja mencegah penyerapan asam urat di ginjal. Dengan cara ini, kelebihan asam urat dikeluarkan melalui urin.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, beritahu dokter tentang kondisi Anda sebelum mengonsumsi obat ini. Ada baiknya juga Anda untuk minum 3 liter air setiap hari saat mengonsumsi obat ini untuk mencegah batu ginjal.

6. Febuxostat

Febuxostat adalah salah satu jenis obat asam urat di apotik. Seperti kedua obat sebelumnya, febuxostat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Obat ini secara umum masih aman bagi penderita penyakit ginjal atau hati yang ringan. Untuk mendapatkan obat ini di apotik, Anda tetap harus membelinya dengan resep dokter.

Catatan: Hampir semua obat asam urat, termasuk obat asam urat yang dijual bebas, tetap memerlukan resep dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala asam urat, segera temui dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik20 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Forever Loreen yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Forever Loreen yang viral di media sosial adalah "You make me feel like forever", sehingga banyak dicari warganet.
Lirik dan Terjemahan Lagu Forever Loreen yang Viral di TikTok (Sumber : YouTube Loreen)
Internasional20 Mei 2024, 16:49 WIB

Tewas Kecelakaan Pesawat: Presiden Iran Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber

brahim Raisi meninggal dalam kecelakaan pesawat, Presiden sementara Iran digantikan Mohammad Mokhber.
Presiden Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber, usai tewas dalam kecelakaan pesawat | Foto : Ist
Life20 Mei 2024, 16:45 WIB

7 Cara Membantu Menangani Emosi Anak yang Sensitif Agar Menjadi Lebih Baik

Kemampuan mengatur emosi sangat bergantung pada usia dan perkembangan anak. Maka dari itu, orang tua harus membimbing anak supaya bisa mengatur emosi dengan baik sehingga tidak menjadi sensitif
Ilustrasi membantu menangani emosi anak yang sensitif (Sumber : Pexels.com/@allanmas)
Life20 Mei 2024, 16:30 WIB

Orang Tua Perlu Tahu! Ini 4 Alasan Mengapa Anak Memiliki Energi Tinggi

Anak-anak mempunyai banyak energi dan mengelolanya bisa menjadi tantangan nyata bagi orang tua.
Ilustrasi anak-anak super aktif yang sedang bermain dengan temannya (Sumber : Pexels.com/@Polesietoys)