5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Sabtu 20 April 2024, 11:00 WIB
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)

Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita asam urat sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi makanan atau minuman tinggi protein purin. Sebab, purin merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ketika tubuh memecah purin, hasilnya adalah asam urat, yang dapat menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, menyebabkan serangan asam urat yang menyakitkan atau memperburuk kondisi asam urat.

Berikut beberapa minuman tinggi protein purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

  • Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh dan menyebabkan serangan asam urat.

  • Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung sirup jagung tinggi fruktosa, yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

  • Minuman Berenergi

Minuman berenergi juga dapat mengandung tinggi fruktosa dan bahan tambahan lain yang dapat meningkatkan risiko asam urat.

  • Kopi

Meskipun kopi secara umum dianggap aman dalam jumlah moderat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko asam urat.

  • Teh Hitam

Teh hitam juga mengandung purin, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan daging dan makanan laut. Konsumsi teh hitam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko asam urat.

Penting untuk memperhatikan pola makan dan minuman secara keseluruhan serta berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan individual.

Baca Juga: 7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Alasan Protein Purin Tidak Disarankan untuk Penderita Asam Urat 

Dilansir dari Harvard Medical School, pola makan yang tinggi kandungan protein purin dapat meningkatkan risiko terkena asam urat, namun hal tersebut tidak menyebabkan penyakit itu sendiri.

Purin adalah sekelompok bahan kimia yang terdapat di seluruh jaringan tubuh dan di banyak makanan. Tubuh yang terus-menerus memproses purin, memecahnya dan mendaur ulang atau membuang produk sampingannya.

  • Penumpukan Kristal Asam Urat

Konsumsi makanan tinggi purin meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Jika kadar asam urat terlalu tinggi, kristal asam urat dapat menumpuk di sendi, jaringan lunak, dan ginjal, menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

  • Meningkatkan Risiko Serangan Asam Urat

Konsumsi minuman tinggi purin dapat memicu serangan asam urat, yang ditandai dengan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah di sendi, biasanya di jari kaki, lutut, atau pergelangan kaki.

  • Memperburuk Kondisi Asam Urat

Penderita asam urat biasanya memiliki masalah dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Konsumsi minuman tinggi purin dapat memperburuk kondisi ini dengan meningkatkan kadar asam urat dalam darah, yang dapat menyebabkan komplikasi seperti batu ginjal atau pembengkakan sendi yang parah.

  • Meningkatkan Risiko Komplikasi Kesehatan Lain

Selain meningkatkan risiko serangan asam urat, penumpukan asam urat yang disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi purin juga dapat meningkatkan risiko komplikasi kesehatan lainnya.

Penderita asam urat dapat berisiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi jika mengkonsumsi makanan tinggi purin berlebihan.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Bagi Updaters yang belum tahu, beberapa contoh makanan tinggi purin yang sebaiknya dihindari atau dibatasi oleh penderita asam urat meliputi daging merah, unggas, makanan laut seperti sarden, tuna, dan udang, serta makanan yang mengandung ragi seperti bir dan roti tawar.

Kemudian untuk mengelola asam urat dengan baik, penting bagi penderita asam urat untuk mengadopsi pola makan yang seimbang, rendah purin, dan tinggi serat.

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.

Jika Anda memiliki asam urat tinggi, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi diet yang tepat untuk kondisi Anda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi12 Juni 2024, 22:12 WIB

Bahu Jalan Provinsi di Cibadak Sukabumi Longsor Akibat Hujan Deras

Bahu jalan provinsi yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami longsor pada Rabu (12/6/2024), sekitar pukul 00.30 WIB.
Petugas saat memeriksa lokasi longsor yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari