8 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Naik Saat Lebaran

Selasa 09 April 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Tanpa Disadari ada beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan gula darah naik saat lebaran. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini).

Ilustrasi - Tanpa Disadari ada beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan gula darah naik saat lebaran. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini).

SUKABUMIUPDATE.com - Lebaran identik dengan berbagai hidangan lezat dan manis. Namun, bagi penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darahnya, perlu berhati-hati dalam memilih makanan.

Selama perayaan Lebaran, kita sering tergoda oleh berbagai makanan dan minuman yang kaya akan gula dan karbohidrat sederhana. Konsumsi makanan seperti ini dapat meningkatkan gula darah secara signifikan.

Berikut beberapa makanan yang dapat memicu gula darah naik saat lebaran:

1. Sirup

Sirup adalah minuman manis yang mengandung banyak gula. Mengkonsumsi sirup dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Mengutip klikdokter, sirup sendiri mengandung karbohidrat dan fruktosa yang erat kaitannya dengan resistensi insulin, serta dapat menaikkan risiko terjadinya diabetes.

2. Yoghurt dengan Aneka Rasa

Yoghurt memang menyegarkan dan mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan. Namun, yoghurt dengan aneka rasa biasanya mengandung gula dan karbohidrat yang cukup tinggi.

3. Kopi Saset

Kopi saset banyak digemari karena praktis dan mudah dibuat. Namun, kopi saset biasanya mengandung gula tambahan dan krimer yang tinggi kalori. Bagi penderita diabetes, pilihlah kopi tanpa gula dan krimer, atau ganti dengan kopi hitam yang lebih sehat.

4. Jus Buah dengan Tambahan Gula

Jus buah segar memang menyehatkan. Namun, menambahkan gula pada jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebaiknya konsumsi jus buah tanpa gula tambahan atau pilih buah segar utuh yang lebih kaya serat.

5. Kue Lebaran Mengandung Lemak Trans

Lemak trans bahkan lebih buruk bagi penderita diabetes dibandingkan lemak jenuh. Lemak ini terbentuk ketika minyak cair diubah menjadi lemak padat proses kimia yang disebut hidrogenasi.

Lemak trans ditemukan dalam makanan seperti:

  • Makanan ringan kemasan (kerupuk, keripik, dll.)
  • Makanan panggang yang dibeli di toko (kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, hingga kue kacang)
  • Beberapa item makanan cepat saji seperti kentang goreng


6. Buah Olahan

Buah utuh sebenarnya kaya akan vitamin, mineral, serat, juga nutrisi baik lainnya. Namun manfaat nutrisinya dapat berubah ketika buah diolah dan diubah dari kondisi aslinya.

Buah yang diolah menjadi selai, jeli, camilan manis, atau buah kalengan yang dikemas dalam sirup kental biasanya mengandung tambahan gula dalam jumlah tinggi. Buah-buahan kering juga terkadang mengandung tambahan gula.

Asupan gula tambahan yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom metabolik (sindrom tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kadar kolesterol dan lemak tidak normal dalam darah, dan kelebihan lemak perut) dan diabetes tipe 2.

7. Nasi Putih

Beras adalah makanan pokok di banyak pola makan dan wilayah di seluruh dunia. Nasi putih merupakan biji-bijian olahan yang dedak serta kumannya telah dihilangkan, sehingga meninggalkan endosperm bertepung.

Akibat dari pengolahan tersebut, dibandingkan dengan beras merah, nasi putih sangat rendah serat, polifenol, serta vitamin dan mineral lainnya. Nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi sehingga dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi setelah dikonsumsi.

8. Soda

Soda dan minuman manis lainnya telah lama diteliti kaitannya dengan kesehatan dan penyakit kronis. Banyak peneliti telah mempelajari hubungan antara diabetes tipe 2 dan minuman manis.

Minuman yang dimaniskan dengan gula antara lain soda biasa dan minuman seperti jus dengan tambahan gula, minuman buah, minuman olahraga, minuman kopi rasa, teh manis, dan minuman energi.

Sebuah studi yang meneliti hubungan antara minuman yang dimaniskan dengan gula dan diabetes tipe 2 menemukan bahwa meminum minuman yang dimaniskan dengan gula menyebabkan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 secara signifikan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)