Kolesterol Tinggi: Cara Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Senin 08 April 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Olahraga Rutin. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, menjaga kadar kolesterol Anda ke kisaran normal penting untuk kesehatan jantung Anda. Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, dan beberapa di antaranya hanya melibatkan beberapa perubahan sederhana pada gaya hidup Anda.

Jika kadar kolesterol Anda tidak kunjung turun meski sudah menjalani gaya hidup sehat, Anda mungkin perlu minum obat. Bagi banyak orang, obat penurun kolesterol dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko komplikasi kolesterol tinggi yang mengancam jiwa.

Berikut ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami dengan gaya hidup sehat, dikutip dari verywellhealth.

Baca Juga: Mengapa Kadar Kolesterol Tinggi? Simak 7 Penyebab dan Cara Mengelolanya

1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga telah terbukti sedikit menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL), dan meningkatkan kolesterol “baik”, atau high-density lipoprotein (HDL).

Berikut ada rinciannya:

  • Mulailah dengan perlahan: Anda bisa memulainya dengan melakukan aktivitas ringan minimal 15 hingga 20 menit sehari, seperti berjalan kaki atau berenang. Setelah Anda terbiasa, Anda dapat meningkatkan aktivitas Anda.
  • Aktivitas mingguan: Anda ingin melakukan aktivitas ringan hingga sedang setidaknya 150 menit per minggu. Ini berarti sekitar 30 menit sehari tidak termasuk pemanasan dan pendinginan dalam lima dari tujuh hari.

Baca Juga: Rebusan Daun Salam yang Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

2. Konsumsi Diet Sehat

Apa yang Anda makan mempunyai pengaruh besar terhadap kadar kolesterol Anda, jadi perubahan pola makan bisa sangat membantu dalam mengelolanya. Beberapa pola makan diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol, antara lain diet Mediterania diet DASH , dan diet Therapeutic Lifestyle Changes (TLC).

Menurut pertemuan ilmiah American College of Cardiology, Diet Mediterania merupakan salah satu pola makan dengan bukti terbanyak untuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

  • Lemak yang lebih sehat: Pertimbangkan sumber lemak tak jenuh yang sehat, seperti kacang-kacangan, ikan, dan kedelai. Selain itu, hindari lemak trans yang terdapat pada makanan cepat saji, gorengan, dan makanan olahan.
  • Serat: Makanan tinggi serat larut, seperti sayuran berdaun hijau, roti gandum, dan kacang-kacangan dapat mengurangi kolesterol yang diserap oleh sistem pencernaan Anda.
  • Buah-buahan dan sayuran segar: Pola makan yang kaya akan buah-buahan dan sayuran segar menyediakan stanol tumbuhan seperti serat, dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol.
  • Asam lemak omega-3: Lemak tak jenuh ganda ini membantu meningkatkan kolesterol HDL tanpa meningkatkan LDL. Salmon, tuna, dan ikan lainnya merupakan sumber omega-3 yang sangat baik, dan biji rami, biji chia, dan kenari juga merupakan sumber yang baik.
  • Garam (natrium): Jika asupan natrium Anda tinggi, Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Saat ini Anda disarankan makan kurang dari 2.300 mg, atau sekitar satu sendok teh, sehari. Berhati-hatilah dengan makanan kemasan, karena sering kali mengandung lebih banyak garam.
  • Gula: Minimalkan gula tambahan dan hati-hati dengan bahan-bahan seperti glukosa, fruktosa, sirup jagung fruktosa tinggi, dan sukrosa (antara lain) saat Anda membeli makanan kemasan. Batasi atau hilangkan kue, kue kering, dan permen lainnya.

Baca Juga: 9 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Patut Anda Coba

3. Kendalikan Stres

Penelitian juga mengaitkan stres kronis dengan kolesterol tinggi , jadi mencari cara sehat untuk mengelola stres juga dapat membantu Anda mengelola kadar kolesterol. Mengelola stres adalah salah satu kunci penting untuk menurunkan kolesterol.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola stres dan menurunkan kolesterol:

  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meditasi dan olahraga
  • Mencari dukungan dari keluarga dan teman
  • Mendapatkan pengobatan untuk kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi
  • Mengembangkan strategi untuk mengelola kemarahan

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

4. Berhenti Merokok

Merokok menyebabkan penyakit paru-paru dan juga dapat mempengaruhi jantung Anda. Merokok juga dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi, dan zat dalam asap tembakau yang disebut akrolein dapat bereaksi dengan LDL dan berkontribusi terhadap aterosklerosis , yang pada akhirnya dapat menyumbat pembuluh darah.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Juni 2024, 10:45 WIB

3 Cara Jitu Membantu Anak yang Mengalami Kesulitan di Sekolah Agar Terhindar dari Stres

Terkadang, anak-anak merasa kesulitan di sekolah karena beberapa hal. Namun jangan khawatir, jika sudah mengetahui keadaan mereka, bantulah dengan hal berikut ini.
Ilustrasi - membantu anak yang mengalami kesulitan di sekolah. (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes).
Life16 Juni 2024, 10:30 WIB

Nyaman dengan Ambiguitas, 5 Tanda-tanda Orang yang Berpikir Kreatif Menurut Psikologi, Kamu Termasuk?

Seorang pemikir kreatif akan menunjukkan tanda-tanda tertentu tanpa disadari, salah satunya nyaman dengan ambiguitas.
Ilustrasi - Seseorang yang memiliki kepribadian sebagai pemikir kreatif. (Sumber : Pexels.com/@AthenaSandrini).
Sukabumi Memilih16 Juni 2024, 10:29 WIB

Dukungan Partai Bertambah, Ayep Zaki Genggam Tiket Maju Pilkada Kota Sukabumi

Ayep Zaki resmi mendapat surat tugas dari Partai Demokrat untuk maju di Pilkada Kota Sukabumi 2024.
H Ayep Zaki, Bakal calon Wali Kota Sukabumi. | Foto : Ist
Sukabumi16 Juni 2024, 10:14 WIB

Sambut Idul Adha, PLN Sukabumi Beri Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Lewat Light Up The Dream

Light Up The Dream ini merupakan donasi secara mandiri dari para pegawai PLN.
PLN Sukabumi beri bantuan penyambungan listrik gratis bagi warga melalui program Light Up The Dream. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juni 2024, 10:04 WIB

Terima Basarnas, Bupati Sukabumi Minta Bantuan Pelatihan SAR di Tempat Wisata

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menerima audiensi dari Basarnas Jakarta. Bahas pelatihan SAR di tempat wisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Kepala Kantor SAR Jakarta Desiana Kartika Bahari  saat bertukar cinderamata. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life16 Juni 2024, 10:00 WIB

Temukan Cinta Sejatimu, 11 Ciri Dia adalah Jodohmu yang Kamu Cari-cari Selama Ini

Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan menjaga kriteria-kriteria ini, Anda bisa mendekati ke arah yang tepat.
Ilustrasi - Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan menjaga kriteria-kriteria ini, Anda bisa mendekati ke arah yang tepat. | (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi16 Juni 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK. (Sumber : Freepik)
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)