7 Makanan untuk Meningkatkan HDL, Kolesterol Baik yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

Minggu 07 April 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Beberapa makanan dapat meningkatkan HDL, atau kolesterol "baik", atau menurunkan LDL, atau kolesterol "jahat". (Sumber : pexels.com/@Andrey Castillejos).

Ilustrasi - Beberapa makanan dapat meningkatkan HDL, atau kolesterol "baik", atau menurunkan LDL, atau kolesterol "jahat". (Sumber : pexels.com/@Andrey Castillejos).

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa makanan yang menyehatkan jantung, dianggap dapat melindungi terhadap penyakit, dan bisa meningkatkan kolesterol high density lipoprotein (HDL). Makanan untuk kolesterol baik ini secara efektif melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke. 

Mengutip verywellhealth, penelitian menunjukkan makanan berikut dapat membantu meningkatkan kadar HDL:

  • Alpukat
  • Havermut
  • Makanan kaya antioksidan
  • Minyak zaitun
  • Makanan kaya niasin
  • Ikan Berlemak
  • Kedelai

Baca Juga: Gejala dan Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui, Jarang Disadari!

Apa itu Kolesterol HDL?

Lipoprotein densitas tinggi (HDL) adalah bentuk pelindung kolesterol. HDL membawa kolesterol jahat keluar dari arteri dan masuk ke hati. Dari sana kolesterol tersebut, dapat dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Risiko terkena serangan jantung maupun penyakit jantung lebih rendah saat HDL tinggi. Itu setara dengan 60 miligram per desiliter (mg/dl) atau lebih tinggi. Ketika HDL Anda rendah, peluang Anda terkena serangan jantung atau penyakit jantung meningkat. Untuk wanita, angkanya kurang dari 50 mg/dl dan untuk pria, kurang dari 40 mg/dl. 

Bagaimana Makanan Mempengaruhi Kolesterol

Beberapa makanan mengandung lemak yang dianggap buruk bagi kolesterol Anda dan sebaiknya dihindari oleh semua orang. Ini termasuk makanan yang digoreng, makanan olahan dengan minyak terhidrogenasi parsial, dan daging olahan. Lemak ini meningkatkan LDL, atau kolesterol "jahat", dan menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Baca Juga: Mengenal HDL: Si Kolesterol Baik yang Penting untuk Tubuh Manusia

HDL dianggap kolesterol baik karena membawa kolesterol LDL jahat keluar dari arteri. Jenis makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda dengan meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda pertimbangkan untuk dimakan lebih sering untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL Anda.

Alpukat

Alpukat adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik, jenis lemak sehat yang meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukan, bahwa mengonsumsi satu buah alpukat sehari sambil mengikuti diet lemak sedang dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL sebesar 13,5 mg/dL.

Baca Juga: 8 Mitos Tentang Kolesterol Tinggi yang Sering Beredar di Masyarakat, Simak Faktanya

Havermut

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa konsumsi oat secara teratur membantu mengurangi kolesterol total dan LDL. Selain manfaat tersebut, oatmeal tidak menurunkan kolesterol HDL baik Anda. 

Makanan Kaya Antioksidan

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa pola makan kaya antioksidan meningkatkan kadar HDL dalam kaitannya dengan trigliserida. Antioksidan sendiri merupakan zat dalam makanan yang berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Makanan yang mengandung antioksidan tinggi antara lain:

  • Buah beri
  • Bit
  • Kubis ungu
  • Anggur merah
  • Kubis
  • Bayam
  • Paprika merah

Baca Juga: Mengenal Kolesterol LDL: Penyebab dan Bahaya Bagi Kesehatan Jika Dibiarkan

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan karena terdapat sumber polifenol yang baik. Yakni senyawa alami yang ditemukan pada tumbuhan yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa polifenol minyak zaitun tidak hanya meningkatkan kolesterol HDL tetapi juga dapat meningkatkan fungsi HDL.

Makanan Kaya Niacin

Niacin (vitamin B3) dalam dosis tertentu (sebagai suplemen) dapat meningkatkan kadar HDL. 13 Niasin ditemukan dalam konsentrasi tinggi di:

  • Dada ayam
  • Sejenis ikan pecak
  • Tomat
  • Roti yang diperkaya
  • Sereal

Baca Juga: Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Ikan Berlemak

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa pola makan kaya makanan, termasuk ikan berlemak, meningkatkan ukuran partikel HDL. Dengan kata lain dapat membantu meningkatkan hubungan kolesterol ke seluruh tubuh. 

Ikan berlemak kaya akan lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. American Heart Association telah merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu, terutama yang mengandung lemak omega-3. Ini termasuk:

  • Ikan salmon
  • Ikan trout
  • Ikan haring
  • Ikan Makarel
  • Ikan Sarden
  • Ikan Tenggiri
  • Ikan Kembung

 

Kedelai

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai dikaitkan dengan meningkatkan kadar HDL, dan menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

Sebuah meta-analisis tahun 2015 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi produk kedelai dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol HDL dan penurunan kadar LDL. 

Makanan yang terbuat dari kedelai utuh, seperti susu kedelai, kacang kedelai, dan kacang-kacangan, memiliki efek yang lebih kuat terhadap kolesterol darah dibandingkan suplemen kedelai.



 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat16 Mei 2024, 18:15 WIB

Apa Hubungan Diabetes & Darah Tinggi? Ini 3 Penyakit yang Disebabkannya

Salah satu penyakit yang menyumbang banyak angka kematian adalah diabetes dan darah tinggi. Sebab, kedua penyakit ini berkesinambungan satu sama lain sehingga perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi
Waspada dengan komplikasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi, kesehatan bisa buruk. (Sumber : freepik.com/@pikselmentah.com)
Life16 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan, Yuk Umat Muslim Amalkan

Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.| Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 Mei 2024, 17:51 WIB

Dinilai Hina Profesi Guru, Akun Facebook di Sukabumi Dipolisikan PGRI

PGRI Kabupaten Sukabumi melaporkan akun facebook yang dinilai hina profesi guru dan dikaitkan dengan kecelakaan bus SMK di Subang.
PGRI Kabupaten Sukabumi laporkan akun facebook Atep Romli yang dinilai hina profesi guru. (Sumber : Istimewa)
Sehat16 Mei 2024, 17:45 WIB

5 Ciri Gejala Asam Urat di Tumit, Simak Dengan Benar Agar Bisa Ditangani!

Banyak area sendi bisa terkena gejala asam urat. Salah satunya adalah tumit, karena sering menahan beban tubuh sehingga mudah untuk terserang penyakit menyerang sendi ini. Maka dari itu kenali ciri gelajanya agar bisa disembuhkan
Ilustrasi gejala asam urat di tumit ini yang harus segera diobati dengan tepat (Sumber : freepik.com/@schantalao)
Sehat16 Mei 2024, 17:30 WIB

5 Gaya Hidup Sehat untuk Menaklukan Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Gaya hidup sehat sangat ampuh untuk mencegah serangan asam urat di masa depan.
Ilustrasi - Gaya hidup sehat sangat ampuh untuk mencegah serangan asam urat di masa depan. (Sumber : Freepik.com).
Jawa Barat16 Mei 2024, 17:26 WIB

Dua Warga Sukabumi Dibegal Siang Bolong? Terjatuh dan Ditolong Warga Jonggol

Dua warga Sukabumi terluka akibat percobaan begal atau rampok saat mereka melintasi Jonggol Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/5/2024).
Dua warga Sukabumi terjatuh dari motor di daerah Jonggol Bogor saat berusaha melarikan diri dari kejaran pelaku begaldiri dari (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 17:15 WIB

Perlu Diketahui, 6 Manfaat Menjaga Privasi yang Bisa Menyelamatkan Kehidupan Anda

Menjaga privasi dari orang lain tentu banyak manfaat di dalamnya. Karena itu, penting agar tidak sembarangan dalam berucap kepada orang lain
Ilustrasi Seseorang yang bisa menjaga privasi dari orang lain (Sumber : Pexels,com /@GörkemCetinkaya)
Musik16 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Lose Niki Zefanya yang Viral di TikTok, Bikin Galau!

Lirik dan Terjemahan Lagu Lose Niki Zefanya yang Viral di TikTok: "I don’t need a reason, To keep on dreamin’".
OFFICIAL Lagu Lose Niki Zefanya yang Viral di TikTok yang Bikin Galau. Foto: YouTube/@NIKI
Life16 Mei 2024, 16:45 WIB

Apa yang Membuat Rasa Pada ASI Berbeda? Simak 8 Faktor yang Mempengaruhinya

Rasa ASI umumnya dianggap manis dan lembut dengan rasa yang menyenangkan. Namun, jika menyangkut rasa mana yang disukai dan tidak disukai, setiap orang memiliki pengalaman berbeda.
Ilustrasi faktor yang mempengaruhi rasa pada ASI (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockprojec)
Sukabumi16 Mei 2024, 16:43 WIB

Jelang Musim Kemarau, BPBD Kota Sukabumi Monitoring Wilayah Rawan Bencana

Monitoring ini rutin dilakukan di setiap kelurahan khususnya di beberapa wilayah yang pernah terdampak bencana.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat melakukan monitoring ke kelurahan. (Sumber : Istimewa)