6 Obat Asam Urat di Apotek untuk Meredakan Nyeri Sendi dan Turunkan Kadar Asam Urat

Senin 18 Maret 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi - Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah sejenis radang sendi yang sering menyerang jempol kaki, namun sendi mana pun bisa terkena, termasuk pergelangan kaki. Asam urat menyebabkan rasa nyeri, bengkak, dan nyeri tekan pada sendi yang terkena.

Mengutip verrywellhealth, asam urat mempengaruhi lebih dari 8 juta orang di Amerika Serikat. Meskipun asam urat adalah kondisi kronis yang belum dapat disembuhkan, namun beberapa pengobatan dapat membantu mengatasi penyakit ini.

Perawatan untuk serangan asam urat termasuk obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit dan memperpendek durasi serangan. Namun perlu diingat jika ingin menggunakan obat asam urat yang dijual di apotik ini dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Berikut ada beberapa obat asam urat di apotik yang bisa Anda coba, dikutip dari Alodokter.

Meredakan Nyeri Sendi

1. Kolkisin atau Colchicine

Colchicine ( kolkisin) adalah salah satu obat utama yang digunakan untuk mengobati serangan asam urat akut dan mencegah terjadinya serangan asam urat. Ini merupakan pilihan yang sangat penting bagi mereka yang tidak dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat antiinflamasi standar yang dijual bebas.

Colchicine diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan. Dosisnya akan bergantung pada faktor-faktor yang mencakup profil alergi Anda serta fungsi ginjal dan hati. Jika diminum lebih awal dan sesuai resep penyedia layanan kesehatan Anda, colchicine dapat meredakan gejala Anda dengan cepat dan menyeluruh.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

2. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

NSAID seperti Advil atau Motrin (ibuprofen) dan Aleve (naproxen) sudah tersedia karena dapat dibeli tanpa resep. Oleh karena itu, obat ini adalah pengobatan yang paling umum digunakan untuk serangan asam urat akut. Indocin (indometasin) adalah NSAID yang tersedia dengan resep untuk asam urat.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai NSAID OTC untuk menentukan apakah obat tersebut sesuai untuk Anda, dosis yang tepat, dan potensi efek samping. Setelah gejalanya hilang, Anda harus menghentikan pengobatan ini.

3. Kortikosteroid

Glukokortikoid oral seperti prednison dan prednisolon adalah steroid yang mungkin diresepkan untuk penyakit asam urat. Obat ini sama efektifnya dengan NSAID dan colchicine. Perawatan seringkali memerlukan minum pil sekali atau dua kali sehari.

Baca Juga: Gula Darah Tetap Normal, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Sebagai catatan, jika Anda sering mengalami serangan asam urat, NSAID dan colchicine mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk membatasi toksisitas terkait steroid, yang dapat mencakup peningkatan gula darah dan tekanan darah, peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan, perubahan suasana hati/kecemasan, insomnia, dan penurunan tulang. kepadatan mineral.

Meredakan Kadar Asam Urat

4. Allopurinol

Allopurinol adalah pengobatan pencegahan asam urat jangka panjang. Obat ini diresepkan secara teratur untuk menghentikan serangan asam urat dan mencegah kerusakan sendi.

Allopurinol merupakan obat asam urat di apotek yang bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah. Setelah asam urat rendah atau normal, kristal berhenti terbentuk, dan kristal yang ada akan larut secara perlahan.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Kristal urat mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk larut, namun serangan asam urat dan kerusakan sendi tidak lagi terjadi setelah kadarnya cukup rendah.

5. Probenecid

Probenecid adalah obat asam urat di apotek yang bekerja mencegah penyerapan asam urat di ginjal. Dengan cara ini, kelebihan asam urat dikeluarkan melalui urin.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, beritahu dokter tentang kondisi Anda sebelum mengonsumsi obat ini. Ada baiknya juga Anda untuk minum 3 liter air setiap hari saat mengonsumsi obat ini untuk mencegah batu ginjal.

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

6. Febuxostat

Febuxostat adalah salah satu jenis obat asam urat di apotek. Seperti kedua obat sebelumnya, febuxostat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Obat ini secara umum masih aman bagi penderita penyakit ginjal atau hati yang ringan. Untuk mendapatkan obat ini di apotek, Anda tetap harus membelinya dengan resep dokter.

Catatan: Hampir semua obat asam urat, termasuk obat asam urat yang dijual bebas, tetap memerlukan resep dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala asam urat, segera temui dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik09 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback!

Resmi Comeback! Lagu Maestro merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album terbaru Seventeen berjudul “17 IS RIGHT HERE” yang dirilis 29 April 2024 lalu.
Video Klip Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback. Sumber:  pledis.co.kr/@SEVENTEEN
Sukabumi09 Mei 2024, 16:45 WIB

Serunya Lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Sukabumi

Mengisi liburan panjang sejumlah warga Kota Sukabumi mengikuti perlombaan makan kue Milk Bun raksasa. Diketahui, kue Milk Bun saat ini tengah viral di media sosial.
Suasana keseruan lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Bakery and Cakes di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi, Kamis (9/5/2024) | Foto : Farrah
Sukabumi09 Mei 2024, 16:05 WIB

Gempabumi Dangkal M3,3 Kedalaman 6 KM di Kabandungan Sukabumi

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 terjadi di Kabupaten Sukabumi, hari ini Kamis (9/5/2024) pukul 14.14 WIB.
Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 terjadi di Kabupaten Sukabumi, hari ini Kamis (9/5/2024) pukul 14.14 WIB | Foto : Ist
Food & Travel09 Mei 2024, 16:00 WIB

Liburan Melepas Penat ke Sukabumi Aja, Rekomendasi 5 Pantai yang Wajib Dikunjungi

Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi.
Pantai Karang Gantungan - Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@a_pennn).
Life09 Mei 2024, 15:15 WIB

5 Langkah Praktis Untuk Melindungi Anak dari Dampak Buruk Kekerasan Virtual

Kekerasan virtual memang berdampak negatif pada anak. Maka dari itu, orang tua harus tahu cara melindungi anak dari dampak negatif kekerasan virtual
Ilustrasi  orang tua melindungi anak dari dampak kekerasan virtual (Sumber : pexels.com/@chienba)
Sukabumi09 Mei 2024, 15:02 WIB

Diduga Korsleting, Kronologi Mobil Colt Hangus Kebakaran di Parungkuda Sukabumi

Sebelum terbakar, mesin mobil jurusan Parungkuda-Kabandungan ini mati mendadak.
Mobil colt yang kebakaran di Jalan Siliwangi, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/5/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 15:00 WIB

Marak Kasus Kekerasan Seksual di Sukabumi, LENSA Dorong Aparat Gunakan UU TPKS

Maraknya kasus kekerasan seksual dan terus berulang di wilayah Kabupaten Sukabumi mendapat perhatian serius dari Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi.
Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi mendorong aparat terapkan UU TPKS dalam penanganan kasus kekerasan seksual | Foto : Ilustrasi
Inspirasi09 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life09 Mei 2024, 14:45 WIB

Mengenal dan Memahami Arti Dari Kekerasan Virtual Di Dunia Anak-Anak

kekerasan virtual merupakan sebuah agresi yang dilakukan anak melalui TV, video game, hingga media sosial. Hal ini perlu menjadi kekhawatiran orang tua agar bisa mengawasi anak dengan baik
Ilustrasi mengenal kekerasan virtual pada dunia anak (Sumber : pexels.com/@TimaMiroshnichenko)
Sehat09 Mei 2024, 14:30 WIB

Selalu Dianggap Sepele! Padahal 5 Makanan Ini Kaya Purin dan Penyebab Asam Urat

Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat.
Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)