Gula Darah Tetap Normal, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Minggu 17 Maret 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi yoghurt yunani - Meski asupan harus dibatasi bagi penderita diabetes, tapi ada beberapa makanan yang sehat dan aman untuk menjaga gula darah tetap normal. (Sumber : pexels.com/@Sofía Nuñez).

Ilustrasi yoghurt yunani - Meski asupan harus dibatasi bagi penderita diabetes, tapi ada beberapa makanan yang sehat dan aman untuk menjaga gula darah tetap normal. (Sumber : pexels.com/@Sofía Nuñez).

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang menderita diabetes tentunya wajib menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya. Disamping konsumsi obat-obatan, mengatur pola makan yang sehat pun harus dilakukan agar gula darah tetap normal.

Meskipun masih banyak perbedaan pendapat di antara dokter dan ahli gizi mengenai peran pola makan, namun bukti menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat membantu mengendalikan lonjakan gula dan meningkatkan resistensi insulin yang pada akhirnya dapat mengurangi ketergantungan pada obat-obatan.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes, yang dikutip dari pharmeasy.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

1. Gandum Utuh

Jika kita mengganti biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh dalam makanan kita, hal ini dapat mengurangi risiko diabetes melitus. Biji-bijian utuh memiliki banyak serat dan nutrisi dibandingkan biji-bijian putih olahan.

Serat memperlambat proses pencernaan, sehingga nutrisi diserap tubuh lebih lambat, mencegah lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Selain itu, biji-bijian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah, sehingga berdampak lebih kecil terhadap kadar gula darah.

Beras merah, gandum bulgur, soba, oat, millet, quinoa dan barley semuanya bermanfaat bagi penderita diabetes. Beta-glucan dalam oat dan barley, mencegah peningkatan kadar glukosa darah setelah makan.

Baca Juga: Hidup dengan Diabetes, 12 Kunci Mengelola Gula Darah untuk Tubuh yang Lebih Sehat

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Mereka juga rendah karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah kita. Mereka kaya akan serat makanan, fitokimia, vitamin dan mineral. Konsumsinya diketahui dapat menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2.

Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi sayuran mentah seperti salad, di awal makan karena memasak sayuran dapat merusak fitokimia tertentu.

3. Yogurt Yunani

Yoghurt Yunani kaya akan protein, kalsium, probiotik, dan rendah karbohidrat. Ia juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Yoghurt Yunani tanpa pemanis dan rendah lemak mengatur kadar glukosa darah dan dapat mencegah risiko diabetes mellitus tipe 2.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi yoghurt Yunani bersama makanannya atau sebagai camilan di antara waktu makan utama.

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

4. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih meningkatkan status glikemik dan diketahui dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan postprandial. Bawang putih juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C. Vitamin B6 membantu metabolisme karbohidrat dan vitamin C membantu menjaga kadar gula darah.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi bawang putih mentah atau menambahkannya ke dalam makanan atau mereka bahkan dapat membeli suplemen bawang putih di pasaran.

5. Kayu Manis

Kayu manis dapat mengurangi risiko diabetes dan komplikasi terkait. Kayu manis meningkatkan pelepasan insulin dan sinyal reseptor insulin, sehingga membantu dalam pengelolaan diabetes.

Ini juga merupakan antioksidan kuat yang mencegah perkembangan diabetes. Kayu manis juga mencegah kenaikan kadar gula secara tiba-tiba setelah makan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Simak 7 Tips Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dibuat dengan cara memfermentasi jus yang diperoleh dari apel. Ini juga mengandung vitamin C, vitamin B dan asam asetat.

Cuka sari apel efektif menurunkan kadar glukosa darah setelah makan dan juga dikenal dapat meningkatkan fungsi insulin. Oleh karena itu, bermanfaat bagi penderita diabetes melitus tipe 2.

7. Kacang Polong

Kacang kaya akan nutrisi. Mereka kaya serat dan protein, membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi asupan karbohidrat. Kacang juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah dan efektif menurunkan kadar gula darah. GI kedelai 15, kacang merah 28, dan buncis 33.

Baca Juga: Suka Bermain Sendiri, Bisa Jadi Termasuk 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert

8. Buah Beri

Buah beri adalah antioksidan kuat. Mereka juga kaya akan Vitamin C dan serat. Buah beri juga memiliki nilai GI yang rendah. Buah beri seperti blueberry, stroberi terbukti bermanfaat dalam mengatur kadar glukosa darah dan terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes.

9. Ikan Berlemak Sehat

Ikan berlemak seperti salmon, herring, sarden, dan mackerel merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini melindungi penderita diabetes dari berbagai komplikasi terkait diabetes seperti nefropati, kardiomiopati, neuropati, retinopati, dll.

Ikan berlemak juga kaya akan protein sehingga membuat kita merasa kenyang dalam waktu lama dan mengurangi asupan karbohidrat.

Baca Juga: Rahasia Hidup Bahagia: 10 Kebiasaan Orang Baik yang Patut Kamu Tiru

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring