Mengenal Apel Hitam, Buah Langka yang Memiliki Nilai Gizi Baik untuk Kesehatan

Sabtu 16 Maret 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi - Apel hitam dapat dimakan segar, diolah menjadi jus, atau dicampur ke dalam salad atau smoothies. (Sumber : Freepik / @azerbaijan_stockers).

Ilustrasi - Apel hitam dapat dimakan segar, diolah menjadi jus, atau dicampur ke dalam salad atau smoothies. (Sumber : Freepik / @azerbaijan_stockers).

SUKABUMIUPDATE.com - Apel hitam Arkansas memiliki nama latin “Pouteria Australis” dan pertama kali dibudidayakan pada tahun 1870. Apel hitam adalah jenis apel yang memiliki kulit berwarna merah kehitaman dan daging buah berwarna putih krem. 

Apel ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, dan teksturnya renyah. Apel hitam kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat, yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dagingnya sebagian besar berwarna kuning, tampak kasar dan berair. Penampilan luarnya sebagian besar berwarna hitam dan itulah namanya. Buah ini matang pada musim gugur dan memiliki umur simpan yang baik jika disimpan dengan baik selama sekitar dua hingga empat bulan. 

Baca Juga: 13 Manfaat Jus Apel Untuk Kesehatan Tubuh, Punya Potensi Anti Kanker!

Saat dipanen, buahnya mungkin tampak tidak dapat dimakan, namun setelah disimpan, dagingnya menjadi lunak dan kulitnya menjadi lebih gelap sehingga mengeluarkan sari aromatik. 

Rasa daging yang manis dan asam menjadi lebih juicy dan renyah seiring penyimpanan. Pada awalnya buah ini tampak seperti batu tetapi akan menjadi buah yang indah dan lembut setelah disimpan.

Nilai Gizi Apel Hitam

Mengutip laman fruitsinfo, Apel hitam memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Kulit buahnya yang gelap membantu melindungi buah dari sinar UV dan faktor lingkungan lainnya. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan, Yuk Simak Penjelasan Berikut

Apel hitam juga mengandung antioksidan tingkat lebih tinggi dibandingkan varietas apel lainnya, yang dapat membantu melindungi tubuh manusia dari radikal bebas dan mengurangi peradangan. 

Apel hitam memiliki nilai gizi sebagai berikut :

  • Kalori : 110
  • Lemak total : 0 gram
  • Jenuh : 0 gram
  • Tak jenuh ganda : 0 gram
  • Trans : 0 gram
  • Kolesterol : 0 gram
  • Vitamin A : 40%
  • Vitamin C : 100%
  • Sodium : 70 mg
  • Kalium : 260mg
  • Jumlah karbohidrat : 27 gram
  • Serat makanan : 0 gram
  • Gula : 22 gram
  • Protein : 0 gram

Manfaat Apel Hitam

Selain sebagai camilan yang enak, apel hitam punya banyak manfaat lain. Buahnya dapat digunakan untuk membuat pewarna alami pada kain atau kerajinan. Daunnya bisa direbus dan dijadikan teh untuk melancarkan pencernaan dan kulit buahnya memiliki sifat antiseptik sehingga dapat menjadi obat alami untuk infeksi kulit.

Buah ini banyak digunakan dalam keadaan segar dan dapat bisa dibuat untuk kue pai. Daging buahnya juga bisa dikeringkan dan kemudian digunakan untuk membuat jus, cuka, dan sari buah apel. 

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Penanaman

Meski memiliki lahan yang terbatas, apel hitam ini cukup mudah tumbuh. Buah ini tidak perlu disediakan tempat yang luas, karena dapat tumbuh dengan mudah. Mereka cepat tumbuh, menyukai kelembaban ekstra, mudah beradaptasi dengan budidaya, tapi membutuhkan pemupukan ekstra.

Pohon apel hitam juga bisa hidup dalam embun beku dalam jumlah tertentu. Di beberapa negara, pohon apel hitam sebagian besar dibudidayakan untuk diambil kayunya. Kayu bermotif kuning digunakan dalam pembuatan penggaris karena kekerasan kayunya yang terbukti kuat.

 

 

 

 



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 Mei 2024, 14:30 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dengan mengubah pola makan saja, tetapi juga dengan melakukan kegiatan di pagi hari yang positif
olahraga adalah salah satu kegiatan di pagi hari yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 14:15 WIB

Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda.
Ilustrasi - Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi14 Mei 2024, 14:13 WIB

20 Tusukan Garpu Sawah, Kondisi Tragis Ibu Dibunuh Anak di Kalibunder Sukabumi

Polisi telah menangkap dan menahan Rahmat di Mapolsek Kalibunder.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:00 WIB

5 Kategori Ikan Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meskipun ikan-ikan ini memiliki jumlah purin yang tinggi, tidak berarti seluruh kategori ikan tersebut harus sepenuhnya dihindari penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut yang tinggi purin termasuk kategori ikan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar oleh penderita asam urat. (Sumber : Pexels/AlexanderZvir)
Sehat14 Mei 2024, 13:45 WIB

Inilah 7 Makanan Alami Terbaik Untuk Atasi Kolesterol dan Serangan Jantung

Untuk mengatasi kolesterol dan terhindar dari penyakit jantung bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan alami secara rutin, dari sarapan, makan siang, dan makan malam
Kenali makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini! Kaya manfaat untuk kesehatan jantung (Sumber : freepik.com/@produksipv)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:36 WIB

Pelaku Alami Gangguan Jiwa Sejak Kecil? Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Satu per satu informasi tentang tragedi ibu bunuh anak di Kampung Cilandak Desa Sekarsari Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi mulai terungkap
Rahmat alias R alias Herang (26 tahun) terduga pelaku bunuh ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa/warganet)
Life14 Mei 2024, 13:30 WIB

Sering Makan Tinggi Purin, 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi - Sering Makan Tinggi Purin Termasuk Salah Satu Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:18 WIB

Tusuk Wajah dan Dada Pakai Garpu, Sadisnya Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku dan korban tinggal berdua di rumah panggung.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Dipercaya di Masyarakat, Anda Termasuk?

Diantara banyaknya tipe orang, terdapat beberapa golongan yang karakternya sangat mudah dipercaya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar
Golongan orang yang mudah dipercaya di masyarakat dan lingkungan sekitar (Sumber : Pexels.com /@AlicanHelik)
Sehat14 Mei 2024, 13:00 WIB

Mengenal Kristal Asam Urat: Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah.
Ilustrasi - Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. (Sumber : Freepik.com).