Mau Makan yang Manis-manis? Coba 7 Makanan Ini yang Aman untuk Gula Darah

Kamis 14 Maret 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi oatmeal - Ada beberapa makanan yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes. (Sumber : pexels.com/@Ovidiu Creanga).

Ilustrasi oatmeal - Ada beberapa makanan yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes. (Sumber : pexels.com/@Ovidiu Creanga).

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda yang mengalami gula darah atau diabetes, menjaga asupan makanan tentunya wajib diperhatikan. Penderita diabetes juga disarankan untuk tetap mengonsumsi karbohidrat rendah glisemik.

Secara umum, suatu makanan yang dianggap glikemik rendah jika memiliki GI 55 atau kurang. Makanan glikemik tinggi memiliki GI 70 atau lebih tinggi. Makanan yang memiliki GI antara 56 dan 69 dianggap memiliki indeks glikemik sedang.

Apa Arti Glikemik Rendah?

Makanan tinggi glisemik seperti nasi putih atau roti putih bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Makanan rendah glisemik seperti kacang-kacangan dan oat akan meningkatkan gula darah Anda lebih lambat dan pada tingkat yang lebih rendah. Indeks glikemik adalah alat yang dapat membantu Anda memilih makanan yang kecil kemungkinannya menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat, Bisa Dilakukan di Rumah

Saat beralih ke diet rendah indeks glikemik (GI), Anda tidak perlu mengubah seluruh pola makan Anda. Sebaliknya, cara makan ini mengharuskan memilih makanan yang bergizi tetapi juga memiliki GI lebih rendah. Makanan dengan GI rendah tidak meningkatkan gula darah Anda sebanyak makanan dengan GI tinggi.

Lalu apakah penderita gula darah bisa mengonsumsi makanan yang manis?

Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak boleh lagi mengonsumsi makanan penutup dan makanan manis. Dengan beberapa makanan yang ramah diabetes, Anda dapat memuaskan rasa manis tanpa membuat gula darah Anda melonjak.

Ingatlah bahwa bagi penderita diabetes, jumlah total karbohidrat dalam makanan atau camilan lebih penting dibandingkan total gula. Itu berarti makanan manis masih bisa masuk ke dalam diet Anda dengan beberapa penyesuaian.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Simak 7 Tips Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Berikut adalah beberapa makanan manis yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes atau gula darah.

1. Smoothie Rendah Karbohidrat

Smoothie serbaguna dan mudah dibuat. Cukup campurkan stroberi atau buah-buahan rendah glikemik pilihan Anda dengan susu almond tanpa pemanis dan yogurt Yunani tanpa rasa. Tambahkan alpukat untuk tambahan lemak sehat.

2. Oatmeal dengan Buah Berry

Oatmeal bisa menjadi sarapan untuk penderita diabetes dan merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Masak dengan susu almond tanpa pemanis dan tambahkan buah beri untuk tambahan serat dan vitamin sehat.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

3. Yogurt

Gunakan yogurt Yunani tanpa rasa (yang mengandung lebih banyak protein daripada yogurt biasa) dan buah segar atau beku untuk sarapan berprotein tinggi, berserat tinggi, dan memuaskan. Taburi dengan kacang cincang untuk menambah kerenyahan, rasa, protein, dan lemak sehat. Sederhana dan memuaskan.

4. Selai Kacang Panggang dan Sandwich Stroberi

Buatlah sandwich selai kacang panggang di atas roti gandum. Potong beberapa stroberi untuk menambah serat dan rasa manis. Kombinasi protein dan serat akan membantu Anda tetap lezat dan kenyang.

5. Pancake Pisang

Pancake ini mengandung protein dan serat dan hanya memiliki dua bahan. Cukup campurkan dua butir telur besar dengan pisang berukuran sedang dan masak dalam wajan yang diberi sedikit minyak. Balik saat muncul gelembung di permukaan dan sajikan dengan buah beri hangat.

Baca Juga: Apa Itu GERD? Gejala, Penyebab, Pemicu Hingga Cara untuk Mengatasinya

6. Buah

Jangan berasumsi semua buah memiliki GI rendah. Beberapa diantaranya, seperti nanas (82) dan persik (76), memiliki GI yang jauh lebih tinggi dan harus dihindari pada diet rendah GI. Beberapa pilihan GI rendah yang bagus meliputi:

  • Apel (44)
  • Pir (33)
  • Stroberi (40)
  • Jeruk pusar (45)
  • Blueberry (53)
  • Alpukat (15)
  • Jeruk bali (47)

7. Produk Susu

Produk susu bisa menjadi pilihan sarapan yang sehat, tetapi pilihlah produk yang rendah lemak.

  • Susu rendah lemak (26)
  • Yoghurt rendah lemak, polos (35)

 

Baca Juga: Mengapa Gula Darah Tinggi di Pagi Hari? Ini 6 Cara Menurunkannya Secara Alami

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 September 2024, 08:00 WIB

11 Cara Agar Tetap Tenang Saat Diberikan Ujian Hidup

Ingat bahwa ujian atau kesulitan adalah bagian dari proses belajar dan tumbuh. Setiap tantangan yang dihadapi memberi peluang untuk menjadi lebih kuat.
Ilustrasi. Cara Agar Tetap Tenang Saat Diberikan Ujian Hidup (Sumber : Pexels/William Fortunato)
Food & Travel21 September 2024, 07:00 WIB

Resep Bola Bola Coklat Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah

Berikut resep sederhana untuk membuat Bola Bola Coklat. Yuk Recook di rumah!
Ilustrasi. Resep Bola Bola Coklat (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 September 2024, Sebelum Berakhir Pekan Yuk Cek Dulu Langit

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 21 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 21 September 2024. | Foto: Pixabay/Vu-Manh-Tien
Nasional20 September 2024, 23:51 WIB

Calon Rektor UI, Prof. Heri Hermansyah Akan Bawa UI Jadi Mercusur Ilmu Pengetahuan

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU, adalah salah satu dari tiga calon rektor Universitas Indonesia (UI) untuk periode 2024-2029.
Calon Rektor Universitas Indonesia 2024-2029, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU | Foto : Capture video yutube UI
Sukabumi20 September 2024, 23:07 WIB

Kampanye Pilkades Pakai Dana Desa Lalu Kalah, Kades Citamiang Sukabumi Jadi Tersangka

Kepala Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi periode 2014-2019, Ajang Syihabudin (57 tahun) akhirnya diborgol polisi usai diduga melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) Dana Desa (DD) senilai Rp 201 juta.
Ajang Syihabudin (57 tahun) mantan Kepala Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi saat digiring polisi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi20 September 2024, 23:03 WIB

Motif Oknum Pengacara Tembak Pemilik Warkop di Sukabumi Pakai Revolver Rakitan

Polisi mengungkap motif oknum pengacara tembak pemilik warkop di Sukabumi pakai revolver rakitan sambil mabuk.
Barang bukti senpi yang diamankan polisi dari tangan pelaku penembakan pemilik warkop di Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin.
Sukabumi20 September 2024, 22:20 WIB

Polisi: Sebelum Ditangkap, Geng Motor Ngamuk di Cibadak Lalu Ribut di Parungkuda Sukabumi

Dua insiden penyerangan brutal melibatkan geng motor terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 19 September 2024. pertama berlangsung di kawasan Pasar Semi Modern Cibadak, kedua di Parungkuda beruap serangan balasan
Anggota geng motor yang terlibat penyerangan di parkiran Pasar Semi Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis dini hari, 19 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 September 2024, 21:56 WIB

Aula SMPN 06 Kalibunder Sukabumi Ambruk Terdampak Gempa Bandung

Disdik Kabupaten Sukabumi memastikan kejadian ambruknya bangunan aula sekolah ini tak menganggu kegiatan belajar mengajar.
Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang (berkacamata) saat meninjau langsung atap gedung aula SMPN 06 Kalibunder yang ambruk. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 September 2024, 21:14 WIB

Universitas Nusa Putra Sukses Jadi Tuan Rumah Klinik MBKM 2024 untuk PTS di Sukabumi & Cianjur

Sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul dalam mendorong akselerasi pembelajaran di luar program studi, Nusa Putra University sukses jadi tuan rumah klinik MBKM 2024.
Rektor Universitas Nusa Putra Dr. H. Kurniawan, ST., M.Si., MM. saat membuka Klinik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 September 2024, 20:34 WIB

Pelaku Penembakan Pemilik Warkop di Sukabumi Ditangkap, Senpi Rakitan Jadi Bukti

Polisi berhasil menangkap pelaku penembakan pemilik warkop di Gunungpuyuh Sukabumi.
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rita Suwadi dan jajaran merilis kasus penembakan pemilik warkop. Pelaku yang merupakan oknum pengacara berhasil ditangkap dan dipamerkan dalam rilis. (Sumber : SU/Asep Awaludin)