5 Jenis Teh yang Dapat Membantu Turunkan Darah Tinggi

Rabu 11 Oktober 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. 5 Jenis Teh yang Dapat Membantu Turunkan Darah Tinggi (Sumber : Freepik/KamranAydinov)

Ilustrasi. 5 Jenis Teh yang Dapat Membantu Turunkan Darah Tinggi (Sumber : Freepik/KamranAydinov)

SUKABUMIUPDATE.com - Jika kita membahas teh tentu tidak boleh melewatkan bagaimana manfaat yang didapat saat meminumnya, salah satunya yaitu membantu turunkan darah tinggi. Beberapa jenis teh dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan relaksasi pembuluh darah dan kesehatan jantung.

Melansir healthline, pada 2019 dilakukan penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa komponen aktif dalam teh dapat mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan fungsi arteri, mengurangi peradangan, dan membantu mengatur proses tertentu dalam tubuh yang mempengaruhi tekanan darah.

beberapa jenis teh bisa membantu dalam mengelola tekanan darah tinggi. Namun perlu digaris bawahi, bahwa efeknya kembali tergantung dari setiap individu. Berikut jenis-jenis teh yang memiliki khasiat untuk menurunkan darah tinggi, dirangkum dari healthline.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan, Melembabkan Hingga Mencegah Penuaan Dini

1. Teh Chamomile

Teh chamomile yang terbuat dari bunga kering tanaman chamomile (Matricaria chamomilla atau Chamaemelum nobile) ini mengandung berbagai senyawa bermanfaat, seperti flavonoid, terpenoid, dan kumarin, yang berkontribusi terhadap sifat terapeutiknya.

Teh ini dikenal dengan sifatnya yang ringan, menyejukkan, menenangkan, serta sering digunakan untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Hal-hal tersebut yang secara tidak langsung dapat bermanfaat bagi tekanan darah.

Meskipun tekanan darah tinggi sering kali dapat diobati dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup, tapi pilihan alami seperti teh chamomile juga dapat berperan. Membiasakan meminum beberapa cangkir dalam rutinitas harian bisa menjadi cara mudah dan cukup menyenangkan dalam membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Teh Kayu Manis, Minuman Hangat yang Memiliki Manfaat Untuk Tubuh

2. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu dibuat dari kelopak bungan kembang sepatu yang telah mengalami proses pengeringan.Teh kembang sepatu mengandung senyawa, termasuk antosianin dan polifenol, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik. Jenis teh Ini memiliki rasa asam dan berwarna cerah.

Studi yang dilakukan tahun 2019 memperlihatkan hasil bahwa minum teh jenis ini secara teratur memiliki keterkaitan dengan efek penurunan tekanan darah yang sederhana namun penting. Maka tidak heran, teh kembang sepatu banyak dijadikan pilihan sebagai obat alami untuk hipertensi.

3. Teh Hijau

Menjadi minuman populer yang cukup populer, termasuk di Indonesia, teh yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis ini mengandung senyawa bioaktif yang disebut katekin, khususnya epigallocationchin gallate (EGCG), yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan tekanan darah.

Studi terbaru tahun 2023 di Tiongkok dengan perserta lebih dari 76.000 menunjukan konsumsi teh hijau secara umum – tidak termasuk berapa lama dan banyak yang dikonsumsi – berkaitan erat dengan penurunan darah sistolik.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Tanpa Gula untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Diabetes

4. Teh Hawthorn Berry

Teh hawthorn berry secara tradisional digunakan untuk mendukung kesehatan jantung, teh ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, serta berkontribusi menurunkan tekanan darah. Terbuat dari buah pohon hawthorn, teh yang mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia ini memiliki rasa yang sedikit manis dan asam.

Dalam tinjauan tahun 2020 kepada empat uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa adanya kandungan hawthorn (tablet atau tetes cair) secara signifikan menurunkan tekanan darah pada individu dengan hipertensi ringan (prahipertensi atau hipertensi stadium 1) bila dikonsumsi setidaknya selama 12 minggu.

Meskipun uji coba tersebut tidak melibatkan teh hawthorn secara khusus, perlu dicatat bahwa banyak senyawa bermanfaat yang ada dalam teh dapat berkontribusi terhadap efek yang dihasilkan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Cara Membuat Maskernya

5. Teh Daun Zaitun

Seperti namanya, teh ini terbuat dari daun pohon zaitun. Teh yang memiliki rasa herbal ini mengandung senyawa oleuropein dan hidroksitirosol yang diperkirakan dapat mengontrol tekanan darah denagn cara mendorong relaksasi pembuluh darah.

Pada tahun 2017 dilakukan penelitian terhadap 31 orang yang diharuskan mengkonsumsi teh daun zaitun selama 28 minggu. Prosesnya mereka harus menyeduh 5 gram daun kering dan digiling dalam 250 mililiter air hangat, lalu diminum dua kali sehari. Penelitian tersebut menghasilkan penurunan sistolik dan diastolik yang signifikan dalam waktu 4 minggu.

Tidak hanya itu, sebagian besar peserta yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 dan prahipertensi, mencapai tingkat tekanan darah normal.

Itulah 5 jenis daun teh yang dapat membantu menurunkan tekana darah darah tinggi. Tentu saja darah tinggi harus dihindari sedini mungkin, karena dapat berkontribusi pada semakin besar risiko terkena serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 13:00 WIB

Apa Itu Baperan? Berikut 8 Cara Menghilangkan Sifat Tersebut!

Siapa yang tak pernah merasakan kebaperan? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami perasaan yang terlalu sensitif atau mudah tersinggung terhadap hal-hal kecil.
Ilustrasi. Anak baperan. Sumber : pixabay/adjusty22
Science28 April 2024, 12:45 WIB

Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

Menurut BMKG, ukuran gempa mengacu pada skala Mercalli yang merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.
Gempa M6,2 Laut Garut di Wilayah Selatan Jawa Barat pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 12:00 WIB

10 Tips Jitu Meredakan Emosi Agar Makin Sabar dan Terkendali

Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengelola dan meredam emosi yang sedang memuncak, sehingga kita dapat tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Ilustrasi. Lonjakan Emosi. Sumber : pixabay/noone09
Life28 April 2024, 11:43 WIB

Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

Orang yang berhati kotor biasanya lantaran masih menyimpan penyakit hati. Ini merupakan tanda dari level manusia.
Ilustrasi. Tanda orang yang berhati kotor. | Sumber foto : Pexels/SHVETS production
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik