Kenali 5 Tanda Kucing Sakit, Salah Satunya Bulu Rontok

Minggu 06 Agustus 2023, 11:00 WIB
Kucing-kucing di subangjaya residence 1 Kota Sukabumi ditemukan mati | Kenali 5 Tanda Kucing Sakit, Salah Satunya Bulu Rontok (Sumber : akun ig yosea_permana)

Kucing-kucing di subangjaya residence 1 Kota Sukabumi ditemukan mati | Kenali 5 Tanda Kucing Sakit, Salah Satunya Bulu Rontok (Sumber : akun ig yosea_permana)

SUKABUMIUPDATE.com - Kucing merupakan salah satu hewan yang umum dijumpai dari mulai pasar, perumahan, hingga di rumah seseorang, baik sebagai hewan liar maupun sebagai hewan peliharaan.

Kucing bisa sakit kapan saja, apalagi ketika tidak dirawat dengan baik. Memelihara kucing di rumah tidak sembarang bisa dilakukan oleh semua orang karena pemiliknya harus peka terhadap tanda-tanda penyakit yang mungkin dialami.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda kucing sakit. Melansir dari VCA Animal Hospital, inilah tanda-tanda saat kucing sakit atau ketika mengalami masalah kesehatan.

Tanda-tanda Kucing Sakit

1. Mengalami Perubahan Penampilan

Selain kucing akan terlihat sedikit ‘tidak sehat’, posisi duduk kucing juga akan sedikit membungkuk dan mungkin tidak bergerak secara aktif seperti biasanya.

Baca Juga: Potensi Infrastruktur Tol Bocimi, Ayep Zaki Ajak Masyarakat Sukabumi Lebih Produktif

Perilaku tidak biasa juga akan Anda temukan dari bagaimana ia mengangkat atau memiringkan kepala, serta dapat dilihat juga bagaimana dia membawa ekornya.

2. Energi Kucing Menurun

Masalah umum pada kucing sakit yang dapat Anda jumpai adalah dehidrasi. Cara untuk mengetahui apakah kucing Anda mengalami dehidrasi atau tidak cukup adalah dengan menyentuh kulit di sekitar tulang belikat dengan lembut, tarik ke atas, kemudian lepaskan.

Pada kucing normal, kulit akan segera kembali ke tempatnya. Namun, sebaliknya apabila kulit yang ditarik tidak kembali ke tempatnya maka itu artinya jika kucing Anda mengalami dehidrasi dan harus segera diobati.

3. Perubahan pada Kemampuan Bersosialisasi

Kucing termasuk hewan yang cukup aktif saat berada di luar maupun di dalam ruangan. Namun, tidak berlaku saat kucing memiliki masalah kesehatan tertentu.

Kucing yang tidak sehat akan bersembunyi dan menarik diri dari dunia luar (meskipun hal ini tergantung pada kepribadian setiap kucing). Selain itu, beberapa kucing menjadi lebih menuntut perhatian, sementara yang lain akan menjadi rewel.

Tingkat energi yang rendah karena masalah kesehatan yang dialami membuat kucing cenderung lebih pendiam. Anda dapat mengenalinya dengan melihat durasi tidur kucing.

Biasanya, kucing akan lebih banyak tidur dibandingkan bermain. Namun, ada juga kucing yang mengidap hipertiroidisme justru mengalami peningkatan energi sehingga menjadi hiperaktif.

4. Bulu Kucing Rontok

Kucing yang sedang sakit dapat terlihat dari bagaimana ia merawat dirinya. Penampilan menjadi sangat mencolok dan mencuri perhatian ketika kucing di sekitar Anda sedang tidak sehat.

Penampilan tersebut dapat dilihat dari bulunya yang kusut dan berantakan atau berminyak. Bahkan dalam beberapa kasus perbedaan kilau bulu juga terlihat berbeda.

Baca Juga: 4 Manfaat Behel untuk Kesehatan Gigi, Bukan Cuma Gaya Ya!

Apabila kucing yang kurang atau tidak merawat dirinya menjadi masalah, maka hal yang sama juga berlaku untuk kucing yang terlalu berlebihan dalam merawat dirinya sendiri.

Reaksi masalah kesehatan akibat perawatan berlebihan juga mungkin terjadi seperti kurap atau tungau, parasit seperti kutu, alergi hingga terjadinya peradangan. Aktivitas kucing yang membersihkan diri secara berlebih dapat menjadi faktor pemicu tumbuhnya bintik-bintik dan ruam merah.

5. Area Mata atau Hidung Berubah

Perubahan yang dapat Anda kenali segera saat melihat kucing yang tidak sehat adalah kondisi fisik dari kucing tersebut.

Kondisi fisik kucing yang sakit dapat berupa, contohnya terdapat kotoran berwarna hijau, kuning, atau putih, kucing seringkali menyipitkan mata, kelopak mata turun, pupil sering melebar atau menyempit.

Selain itu, kucing yang tidak sehat juga akan mengeluarkan kotoran dari hidung, telinga serta mengeluarkan air liur yang berlebihan. Tubuh kucing juga terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap saat sakit.

Baca Juga: Pertunjukan Seni Gexbrenk Khas Sukabumi, Nonton Teater Gratis!

Seperti diketahui, kucing kerap menjadi hewan peliharaan favorit masyarakat. Bahkan survei yang dilakukan oleh Rakuten Insight di Tokyo, Jepang pada Januari 2021 menunjukkan bahwa tiga dari lima orang Asia memiliki hewan peliharaan.

Disaat orang Asia memilih anjing, masyarakat Indonesia justru memilih kucing sebagai hewan peliharaan.

Sumber: vcahospitals.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay