10 Cara Merawat Bulu Kucing Peliharaan, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Jumat 04 Agustus 2023, 13:30 WIB
Cara merawat bulu kucing peliharaan agar tetap bersih yang bisa dilakukan para cat lovers | Foto: Pixabay/TeamK

Cara merawat bulu kucing peliharaan agar tetap bersih yang bisa dilakukan para cat lovers | Foto: Pixabay/TeamK

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki kucing peliharaan salah satunya yaitu soal kebersihan bulu kucing.

Perawatan bulu juga menjadi salah satu faktor yang membuat kucing kesayangan bisa tetap bahagia sehingga terhindar dari stres.

Nah, untuk kamu para cat lovers, berikut cara merawat bulu kucing agar tetap bersih seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Tips Agar Kucing Peliharaan Selalu Merasa Bahagia, Yuk Cat Lovers Lakukan

1. Sisir bulu secara rutin

Lakukan penyisiran secara teratur untuk menghilangkan kotoran, rambut mati, dan mengurangi risiko bola rambut yang tertelan saat menjilati diri. Sisir juga membantu merangsang sirkulasi darah di kulit kucing.

2. Pilih sisir yang tepat

Gunakan sisir yang sesuai dengan jenis bulu kucing Anda. Jika kucing memiliki bulu panjang, gunakan sisir bulu yang lembut dan bergerigi. Untuk kucing dengan bulu pendek, sisir yang lebih pendek dan jarang bisa lebih cocok.

Baca Juga: 7 Tanda Kucing Bahagia dengan Pemiliknya, Salah Satunya Mengeong Lembut

3. Perhatikan kebersihan

Pastikan lingkungan kucing bersih, termasuk tempat tidur dan alasannya. Kucing yang bersih dan sehat akan memiliki bulu yang lebih bagus.

4. Grooming profesional

Untuk kucing dengan bulu panjang atau bulu kucing yang sangat tebal, pergi ke salon atau grooming profesional bisa menjadi pilihan. Groomer akan membersihkan, memotong kuku, dan merawat bulu kucing secara menyeluruh.

Baca Juga: 4 Penyakit yang Bisa Menyerang Kucing, Mulut dan Napas Anabul Bau!

5. Hindari kotoran yang menempel di bulu

Jika kucing mengalami kotoran menempel di bulu, segera bersihkan dengan lembut menggunakan handuk basah atau kain lap. Pastikan untuk tidak mencabutnya, karena bisa menyakiti kucing.

6. Mandikan dengan hati-hati

Mandikan kucing hanya jika diperlukan, misalnya ketika mereka kotor atau kena bahan berbahaya. Gunakan sampo khusus kucing dan pastikan kucing Anda merasa tenang selama proses mandi.

Baca Juga: 9 Cara Memelihara Kucing Jalanan yang Benar, Jangan Asal Tampung!

7. Perhatikan makanan

Berikan makanan yang seimbang dan bergizi untuk kucing Anda, karena nutrisi yang cukup dapat mempengaruhi kondisi bulu mereka.

8. Berikan suplemen

Jika bulu kucing kusam atau kurang sehat, Anda bisa mempertimbangkan memberikan suplemen atau makanan khusus untuk merawat dan meningkatkan kondisi bulu mereka.

Baca Juga: 9 Tips Memelihara Kucing Agar Selalu Sehat Bebas dari Penyakit

9. Perhatikan kesehatan

Pastikan kucing Anda mendapatkan vaksinasi dan perawatan kesehatan yang tepat. Kesehatan yang baik secara keseluruhan akan mempengaruhi kualitas bulu kucing.

10. Berikan perhatian dan cinta

Kucing yang bahagia dan dicintai akan memiliki bulu yang lebih indah. Berikan waktu berkualitas untuk bermain dan bercengkrama dengan kucing Anda.

Itulah beberapa cara merawat bulu kucing peliharaan agar tetap bersih. Ingatlah bahwa setiap kucing unik, dan beberapa kucing mungkin memerlukan perawatan bulu yang lebih intensif daripada yang lain.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 23:45 WIB

Mengenal Neng Susi: Anggota DPRD Sukabumi yang Menginspirasi Berjuluk Ibu Boti

Neng Susi adalah satu-satunya anggota fraksi Partai Nasdem di DPRD Kabupaten Sukabumi untuk periode 2019-2024. Lahir di Sukabumi pada 23 Oktober 1982, ia berhasil terpilih dari Dapil 2 Kabupaten Sukabumi.
Neng Susi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Food & Travel16 Juli 2024, 23:43 WIB

Adu Bagong Hingga Mentang Langlayangan Meriahkan Event GCS ke-3 Mandrajaya Sukabumi

Event Geopark Ciletuh Spektakuler ke-3 ini bakal digelar di Pantai Citireum, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas Sukabumi.
Event Geopark Ciletuh Spektakuler (GCS) ke-3 di Mandrajaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 23:12 WIB

Geger Mayat Telanjang di Hutan Situ Gunung Sukabumi, Kondisinya Mengenaskan

Mayat di Situ Gunung Sukabumi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dengan kepala yang sudah menjadi tengkorak dan terpisah dari badannya.
Penemuan mayat telanjang dengan kondisi mengenaskan di Hutan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang