9 Cara Memelihara Kucing Jalanan yang Benar, Jangan Asal Tampung!

Senin 31 Juli 2023, 13:00 WIB
9 Cara Memelihara Kucing Jalanan yang Benar, Jangan Asal Tampung!. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com.)

9 Cara Memelihara Kucing Jalanan yang Benar, Jangan Asal Tampung!. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Memelihara kucing jalanan adalah tindakan mulia yang dapat membantu memberi mereka kehidupan lebih baik.

Dengan memelihara kucing jalanan dan mengendalikan reproduksi mereka melalui sterilisasi atau kastrasi, secara tidak langsung membantu mengurangi populasi kucing jalanan yang berlebihan

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda dalam proses memelihara kucing jalanan dengan benar:

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Lakukan Hal Ini

1. Menyediakan Tempat Berlindung

Kucing jalanan seringkali tidak memiliki tempat berlindung yang aman dari cuaca, bahaya, atau gangguan. Anda dapat memberi mereka tempat berlindung dengan menyediakan kotak atau rumah kucing di halaman atau teras Anda.

2. Pemberian Makanan dan Air Bersih

Berikan makanan dan air bersih secara teratur. Untuk makanan, Anda dapat memberi mereka makanan kucing kering atau basah yang berkualitas. Jika memungkinkan, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan rekomendasi makanan yang tepat untuk kucing jalanan.

3. Periksa Kesehatan

Jika Anda dapat menangkap kucing jalanan, bawalah ke dokter hewan untuk diperiksa, divaksinasi, dan diberi perawatan medis jika diperlukan. Ini akan membantu mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan kucing tersebut.

Baca Juga: 7 Tanda Inner Child yang Terluka dan Cara Penyembuhannya, Yuk Kenali!

4. Sterilisasi atau Kastrasi

Kucing jalanan seringkali berkontribusi pada masalah populasi kucing yang berlebihan. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk melakukan sterilisasi atau kastrasi pada kucing untuk mengendalikan populasi.

5. Sosialisasi

Jika kucing jalanan tidak terlalu liar, cobalah untuk membantu mereka agar menjadi lebih sosial. Berikan perhatian dan interaksi positif dengan mereka. Namun, ingatlah untuk selalu berhati-hati dan menghormati batas-batas mereka.

6. Kesabaran dan Empati

Memelihara kucing jalanan memerlukan kesabaran dan empati. Beberapa kucing mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mempercayai manusia dan beradaptasi dengan perubahan dalam hidup mereka.

Baca Juga: 8 Penyebab Inner Child Terluka, Tak Kasat Mata Tapi Dampaknya Nyata!

7. Pisahkan dengan Kucing di Rumah

Ketika Anda membawa kucing jalanan ke rumah, pisahkan mereka dari kucing yang sudah ada di rumah. Tempatkan kucing jalanan dalam ruangan terpisah untuk beberapa waktu (idealnya 2-4 minggu) untuk memastikan mereka sehat dan tidak memiliki penyakit menular.

Beri kucing waktu untuk beradaptasi satu sama lain. Proses adaptasi bisa memakan waktu, terutama jika ada kucing yang kurang sosial atau terbiasa hidup sendiri di jalanan.

8. Mandikan

Jika kucing jalanan tampak sehat dan hanya kotor karena lingkungan jalanan, Anda bisa memberikan bantuan dengan menyediakan tempat berlindung yang kering dan aman untuk mereka membersihkan diri secara alami.

Baca Juga: 10 Sikap yang Membuat Orang Lain Senang Bertemu Denganmu, Yuk Lakukan!

Namun, jika kucing jalanan tersebut terlihat sangat kotor atau sakit, hubungi organisasi penyayang hewan atau dokter hewan untuk mendapatkan bantuan. Mereka dapat membantu memberikan perawatan yang tepat untuk kucing tersebut.

9. Hindari Berikan Langsung Dryfood

Memelihara kucing jalanan dengan memberikan makanan kering (dry food) secara langsung tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Beberapa alasan mengapa memberikan makanan kering secara langsung pada kucing jalanan mungkin tidak ideal

  • Kucing jalanan yang terbiasa dengan makanan sisa atau makanan yang tidak cocok dengan makanan kering dapat mengalami masalah pencernaan saat beralih langsung ke makanan kering.
  • Kucing jalanan mungkin memiliki masalah gigi atau gusi yang dapat menyulitkan mereka untuk mengunyah makanan kering dengan baik.

Baca Juga: 10 Sikap Agar Kita Tidak Mudah Iri dengan Kehidupan Orang Lain

Ingatlah bahwa memelihara kucing jalanan bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan kasih sayang dan perhatian yang tepat, Anda dapat memberi mereka kehidupan yang lebih baik dan memberikan mereka kesempatan untuk hidup dengan bahagia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)