5 Penyebab Sakit Leher dan Cara Mengobatinya, Waspada Jangan Abai!

Rabu 14 Juni 2023, 14:15 WIB
Ilustrasi. 5 Penyebab Sakit Leher dan Cara Mengobatinya, Waspada Jangan Abai!. (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. 5 Penyebab Sakit Leher dan Cara Mengobatinya, Waspada Jangan Abai!. (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit leher adalah hal biasa yang kerap kali terjadi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Tetapi, bukan berarti kamu mesti abai dan membiarkannya begitu saja.

Sebab, dalam beberapa kasus sakit leher harus mendapatkan perhatian khusus dan konsultasi dengan dokter. Sakit leher bisa dipicu karena seharian bekerja didepan layar monitor PC maupun laptop.

Kondisi bekerja yang terus menerus itu bisa menyebabkan sakit pada bagian leher. Lalu, sebenarnya apa penyebab sakit leher ini? Bagaimana cara mengobatinya?

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Berikut ini ada beberapa penyebab sakit leher dan cara mengobatinya dikutip via Suara.com.

Penyebab Sakit Leher

1. Stres

Menjadi penyebab pertama sakit leher, stres dapat memicu ketegangan di otot leher dan bahu. Hal ini memicu reaksi kejang, dan juga berefek pada sakit kepala. Orang yang stres sering mengalami sakit leher disertai dengan migrain.

2. Misalignment

Nyeri leher juga dapat disebabkan oleh ketidaksesuaian posisi, seperti salah menggunakan bantal, posisi duduk, posisi mengemudi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Kesalahan posisi ini berlangsung lama sehingga membuat otot di bagian leher tidak berada pada kondisi yang optimal dan terus berkontraksi hingga menjadi terlalu tegang.

3. Perubahan Degeneratif

Perubahan degeneratif menjadi penyebab sebagian besar kasus sakit pada leher. Perubahan tulang belakang seiring bertambahnya usia dapat menimbulkan tekanan pada saraf tulang belakang. Efeknya adalah rasa nyeri.

Baca Juga: Review Film Evil Dead Rise, Kisah Keluarga Melawan Gangguan Roh Iblis

4. Saraf Terjepit

Mungkin Anda sering mendengar kondisi ini. Saraf kejepit adalah jenis nyeri yang menyebar lebih dari sekedar di area leher

Sakitnya terasa mulai dari area punggung dan pinggul, hingga menuju kaki dan sampai ke tulang belakang. Kondisi ini sebaiknya segera mendapat penanganan yang tepat.

5. Mielopati

Waspada ketika nyeri leher yang muncul disertai dengan sensasi menusuk di area bahu dan tengah serta timbul rasa kesemutan atau mati rasa di lengan.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

Hal itu bisa jadi kondisi yang lebih serius. Sangat disarankan untuk segera mengobatinya dengan datang ke dokter kepercayaan Anda.

Lantas, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Sebenarnya jika nyeri leher disebabkan oleh pemicu yang cenderung ringan, beberapa langkah sederhana dapat digunakan sebagai solusi.

Anda bisa istirahat sejenak dan relaksasi, melakukan peregangan sederhana, konsumsi obat antiinflamasi, pijat terapi, hingga penggunaan sementara relaksan otot yang diresepkan dokter.

Namun jika pemicu rasa nyeri ini bukan hal yang sederhana, sebaiknya Anda segera mendatangi dokter untuk meminta solusi dan diagnosis yang tepat.

Baca Juga: Termasuk Cibeas Sukabumi, Ini 99 Titik Lokasi Rukyatul Hilal Untuk Idul Adha 2023

Itulah sekilas mengenai penyebab sakit leher dan cara mengatasinya. Semoga menjadi artikel yang berguna untuk Anda!

Sumber: Suara.com (I Made Rendika Ardian)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)