6 Tips Mudik Aman untuk Penderita Sakit Jantung, Hindari Kafein!

Selasa 18 April 2023, 03:30 WIB
Ilustrasi. Heart Attack | Tips Mudik Aman untuk Penderita Sakit Jantung, Hindari Kafein! (Sumber : Freepik/@jcomp)

Ilustrasi. Heart Attack | Tips Mudik Aman untuk Penderita Sakit Jantung, Hindari Kafein! (Sumber : Freepik/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit Jantung disebut juga Penyakit Kardiovaskular. Sakit Jantung adalah kondisi jantung yang mencakup pembuluh yang sakit, masalah struktur dan pembekuan darah.

Penyakit Jantung menggambarkan kondisi ketika jantung mengalami gangguan dan tidak berfungsi dengan baik. Ketika melakukan perjalanan Mudik Lebaran, Sakit Jantung tiba-tiba menjadi salah satu kendala.

Nah, ada tips mudik untuk penderita Sakit Jantung Aritmia yang harus diperhatikan, agar tidak kambuh saat di perjalanan.

Sebelumnya perlu diketahui, Aritmia adalah gangguan irama atau laju detak pada Jantung, lebih cepat atau lambat dari normal. Jika detak Jantung abnormal dibiarkan terus berulang bisa berbahaya karena bisa terkena penyakit Serangan Jantung, stroke hingga mengancam nyawa.

Baca Juga: Link Live Streaming CCTV Jalan Tol, Pantauan Realtime Arus Mudik Lebaran 2023

Konsultan intervensi dan Aritmia Jantung Eka Hospital BSD, dr. Ignatius Yansen Ng, Sp.JP (K), FIHA menjelaskan cara agar Sakit Jantung tidak kambuh saat Mudik Lebaran. Yaitu dengan melakukan persiapan dan mengelola gaya hidup mulai dari pola makan, istirahat, hingga aktivitas fisik harian.

Tips Mudik untuk penderita Sakit Jantung, seperti dikutip dari rilis RS Eka Hospital, via Suara.com:

1. Penderita Sakit Jantung Harus Ada Pendamping ketika Mudik Lebaran

Pastikan pendamping yang menemaninya memahami pertolongan pertama seperti Teknik BHD atau bantuan hidup dasar dan pertolongan lainnya, seperti untuk penderita Aritmia.

Khusus untuk takikardia yaitu gangguan irama jantung mencapai lebih dari 100 detak per menit dengan melakukan langkah berikut:

  • Membuat korban batuk berkali-kali dengan menyuruh korban menarik nafas dalam dan mencoba batuk sekeras mungkin.
  • Pancing reflek muntah dengan memasukan jari ke ujung dalam mulut korban.
  • Menaruh benda dingin ke atas wajah korban.
  • Memijat pembuluh darah di leher korban.
  • Melakukan vagal reflex, yaitu dengan menutup mulut dan hidung korban dan meminta dia untuk mengejan selama beberapa waktu dan diakhiri dengan berbaring dengan posisi kaki terangkat ke atas.

2. Jangan Sahur dan Buka Puasa Pakai Kafein

Meski minuman Kafein seolah sudah jadi minuman wajib pemudik, tapi sebaiknya dihindari untuk penderita Penyakit Jantung karena dapat mengganggu siklus tidur.

"Akibatnya, Anda akan kekurangan istirahat dan lebih rentan untuk mengalami penumpukan lemak dan rasa stres yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung," jelas dr. Ignatius, dikutip Senin (17/4/2023).

3. Masak Makanan dari Rumah

Menyediakan menu makanan sendiri lebih baik daripada membeli makanan dan minuman di luar, karena selain dapat memilih makanan yang lebih aman bagi kesehatan jantung, menu makanan yang disiapkan dari rumah juga akan lebih praktis untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 7 Titik Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran 2023, Ada Sukabumi!

"Jika tidak memungkinkan, pilihlah makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan rendah lemak selama perjalanan," jelasnya.

4. Jangan Lupa Obat

Sebagai penderita Penyakit Jantung, obat harus dikonsumsi sesuai resep dokter meski saat puasa. Ini karena obat punya pengaruh penting menjaga kesehatan jantung. Sehingga minum obat selama mudik adalah kewajiban.

5. Jangan Terlalu Lelah

Pastikan juga tetap istirahat cukup selama perjalanan. Mudik bisa menjadi aktivitas yang cukup menguras energi, sehingga gunakan waktu dengan bijak selama di perjalanan dan tetap dapatkan tidur serta asupan makanan yang cukup untuk menjaga stamina, serta mengelola stres selama perjalanan.

"Jika bepergian dengan mobil atau motor pribadi, luangkan waktu untuk istirahat di malam hari untuk menghindari kelelahan yang berlebihan," papar dr. Ignasius.

6. Konsultasi Dengan Dokter

Setiap orang memiliki kondisi serta gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu untuk mendapatkan informasi menyeluruh tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum dan pada saat mudik penderita Sakit Jantung bisa melakukan konsultasi dokter.

"Sebelum memulai mudik, penting juga untuk melihat rumah sakit terdekat dalam rute mudik. Sehingga apabila terjadi sesuatu pada saat di perjalanan bisa langsung pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan langsung dari dokter," tutup dr. Ignasius.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

PT KAI Soal Palang Pintu, Pasutri Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin